bannersss


5 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Internet

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]:  Internet, sebuah ranah yang memungkinkan orang di dunia terkoneksi satu sama lain dalam satu waktu. Sejak kelahiran pada abad 20 silam, internet tumbuh dengan pesat. Lalu, bahasa apa saja yang banyak dipakai di internet? Berikut sebuah penelitian yang dilakukan oleh organisasi bernama Latin Union dan FUNREDES pada Nopember 2007:

 

1. Bahasa Inggris
Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Internet. Ada 536.564.837 orang atau sekitar 27,5 persen dari seluruh pengguna internet di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar negara. Selain itu, bahasa ini juga digunakan oleh negara bekas jajahan Inggris di era Perang Dunia II. Selain itu, pengguna internet juga banyak dari negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris. Beberapa contohnya adalah dari Amerika yang mencapai 239.233.000 pengguna, India yang mencapai 100 juta pengguna, dan Inggris yang mencapai 51.442.000 pengguna.

Bahasa Inggris (Sumber:billix)

 

2. Bahasa Mandarin
Urutan kedua bahasa yang paling banyak digunakan di internet adalah bahasa Mandarin yang mencapai 444.948.013 orang atau 22.6 persen dari seluruh pengguna internet di dunia. Hal ini disebabkan karena Negara Tirai Bambu memiliki pengguna internet hingga 450 juta orang. Mereka sangat ketat dalam penggunaan bahasa dan huruf-huruf dalam bahasa Mandarin. Sehingga akhirnya bahasa ini menempati urutan kedua yang paling banyak digunakan masyarakat dunia.

Bahasa Mandarin (Sumber:tipdeck)

 

3. Bahasa Spanyol
Ada 153.309.074 orang atau sekitar 7,8 persen dari seluruh pengguna internet di seluruh dunia yang menggunakan Bahasa Spanyol. Bahasa ini menempati urutan ketiga bahasa yang paling banyak digunakan masyarakat dunia maya. Merujuk pada penelitian tahun 1999, ada 358 juta orang yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai Bahasa Ibu dan total 417 juta orang yang berbicara menggunakan bahasa ini. Penelitian ini menunjukan bahwa Bahasa Spanyol adalah Bahasa Ibu kedua terbanyak digunakan di dunia setelah Mandarin. Adapun negara-negara yang sebagian penduduknya berbahasa Spanyol adalah Meksiko(98,5 persen dari populasi), Amerika (16, 3 persen dari populasi), dan Spanyol (98,8 persen dari populasi).

Bahasa Spanyol (Sumber: carefreelifestyle)

 

4. Bahasa Jepang
Bahasa Jepang adalah bahasa keempat yang paling banyak digunakan di internet. Sebanyak 99.143.700 orang atau 5,3 persen pengguna di internet menggunakan bahasa Negeri Sakura ini. Jumlah ini hampir sama dengan jumlah masyarakat Jepang yang menggunakan internet, yaitu 99.144.000 orang. Sehingga besar kemungkinan sebagian besar pengguna internet Jepang menggunakan Bahasa Jepang sebagai bahasa interaksinya di dunia maya.

Bahasa Jepang (Sumber:aboutlanguanges)

 

5. Bahasa Portugis
Urutan terakhir adalah Bahasa Portugis yang digunakan 82.548.200 orang atau sekitar 4,3 persen dari pengguna internet di seluruh dunia. Bahasa ini digunakan oleh 272,9 juta orang di dunia dan menjadikannya bahasa kelima yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Portugal umumnya digunakan di Portugal, Brazil, Mozambik, Angola, Guinea-Bissau, Guinea Khatulistiwa, Timor-Timur, Tanjung Verde, dan São Tomé dan Príncipe. Umumnya negara ini merupakan koloni atau pernah dijajah Portugal. (**)

Bahasa Portugis (Sumber:lingvozone)

 

Sumber: Wikipedia.org, uniknya.com, Mei 2011

One Response to 5 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Internet

  1. Pingback: dering.co.id – 5 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com