5 Binatang Bermuka Lucu dan Imut

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKYA.COM]: Masih banyak jenis binatang yang belum kita ketahui namun telah dinyatakan langka. Apalagi ketika kita melihat dan telah mengetahui keindahan, keanggunan dan keluarbiasaan mereka, sebagian dari kita akan merasa menyesal. Seperti yang diungkapkan berikut ini, mereka adalah binatang dengan penampilan luar biasa ‘lucu’ , unik dan cantik.

 

1. Red-lipped Bat Fish (Ikan Kelelawar Berlidah Merah)

Ikan ini memiliki bentuk wajah yang aneh, penampang wajahnya datar, persegi, berjambul, dan bibirnya yang seperti dilapisi lipstik warna merah. Mahluk lucu ini ditemukan di Pulau Galapagos dan memiliki kedekatan dengan perairan Amerika Tengah. Ia sebenarnya perenang yang lamban, namun memiliki sirip yang fungsinya menyerupai tangan, dan mampu menyeretnya ke dasar lautan.

Red Lip Bat Fish (Sumber:2.bp.blogspot)

 

2. Snub Nosed Monkey (Kera Berhidung Pesek)

Kera berhidung pesek, salah satu jenis kera yang dinyatakan langka karena populasinya yang semakin menurun. Kera hidung pesek ini hanya berada di China (termasuk Tibet) dan Vietnam. Mereka hidup di dataran tinggi, 4000 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai salah satu binatang primata yang mampu hidup di lingkungan bersuhu dingin. Kehidupan mereka terancam karena habitatnya yang semakin berkurang.

Snub Nose Monkey (Sumber:nationalgeographic)

 

3. Aye Aye

Dari namanya saja sudah terlihat lucu, apalagi jika melihat wajahnya. Ia adalah primata yang memiliki wajah aneh namun menggelikan,  bayangkan saja bertelinga panjang seperti kelelawar, bermata kuning, dan bersuara. Wajahnya bahkan menyerupai mahluk gremlin, monster yang biasa terdapat di film-film fiksi Holywood. Kera Aye-aye ini terdapat di Madagaskar dan keberadaaanya terancam punah, akibat habitat yang rusak.

Aye Aye (Sumber:1.bp.blogspot.com/)

 

4. Axolotl

Namanya tidak mudah diucapkan oleh lidah masyarakat Indonesia, namun apabila melihat tampilan kita tidak akan mudah melupakannya. Spesies ini hanya terdapat di sebuah danau Xochimilco, Meksiko. Axolotl memiliki arti monster laut, dalam bahasa suku Aztec. Ia sebernanya termasuk golongan salamander, binatang vertebrata (bertulang belakang) dan hidup di dua tempat (ampibi). Axolotl tidak saja berwajah lucu, namun juga memiliki ‘rambut’ yang aneh. Bahkan, binatang sejenis salamander ini selalu tampak muda sepanjang hidupnya  (neotheny). Sayangnya keberadaan binatang ini terancam oleh polusi yang menyebar ke danau Xochimilco, sehingga keberadaannya semakin terancam dan berkurang.

Axolotl (Sumber:pleated-jean)

 

5. Tube Nosed Bat (Kelelawar Berhidung Tabung)

Ditemukan di hutan hujan Filipina, kelelawar langka ini memiliki wajah yang aneh diantara mamalia lainnya. Telinganya hitam yang dipenuhi dengan bintik kuning, mata oranye dan memiliki hidung istimewa berbentuk tabung. Kelelawar ini selain  pemakan buah-buahan, juga menyukai serangga-serangga kecil.(**)

Tube Nose Bat (Sumber:3.bp.blogspot.)

 

Sumber: Listverse, 2011

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com