5 Pemain Kunci Barcelona (Preview Final Liga Champion 2011)

Oleh: Denni Ashar

[UNIKNYA.COM]: Akibat meletusnya gunung berapi di Islandia, perjalanan Barcelona menuju Wembley harus ditempuh melalui jalan darat. Namun hal ini rasanya tidak akan mengurangi kemampuan tim yang dianggap memiliki permain terbaik di dunia saat ini untuk tampi maksimal di final Liga Champion 2011. Berikut adalah 5 pemain kunci Barcelona dalam menghadapi Manchester United di Wembley:

 

1. Lionel Messi

Pemain Terbaik Dunia 2011 ini akan menjadi kunci utama permainan Barcelona. Pada laga nanti Messi akan berposisi sebagai “penyerang palsu” yang diapit oleh David Villa dan Pedro. Fungsi utama Messi adalah sebagai pemain yang mengambil bola dari garis tengah dan mendistribusikan ke sektor penyerangan Barca. Messi memiliki kebebasan untuk menggiring, melepaskan umpan dan mengeksekusi secara langsung bola yang dikuasainya.

Lionel Messi (Sumber : lionel-messi)

 

2. Xavi Hernandez

Maestro putaran 360 derajat ini akan bertugas sebagai playmaker utama  Barcelona. Xavi lah yang akan menentukan ritme dari Barca. Kemampuan passingnya akan menjadi elemen penting ball possession dan penyuplai umpan-umpan matang bagi sektor penyerang Tim Catalan. Selain mengumpan, bersama Iniesta dan Busquet, Xavi akan bertugas untuk memutus suplai bola dari lini tengah Manchester United.

Xavi Hernandez (sumber: blogspot)

 

3. Andres Iniesta

Raja dribble Tim Nasional Spanyol ini akan berfungsi sebagai pendobrak dari lini tengah Barcelona. Iniesta akan bahu membahu bersama Xavi dan Messi dalam menguasai ball possession sambil sesekali melakukan manuver masuk ke dalam kotak pinalti lawan. Kemampuan dribble ajaib Iniesta akan menjadi kunci dalam membantu Messi dan Villa membongkar pertahanan super kokoh tim Manchester United.

Andres Iniesta (sumber: zimbio)

 

4. Dani Alves

Sejak Messi menjadi penyerang tengah, posisi penyerangan sayap kanan mutlak dimiliki Alves. Dengan kemampuan stamina yang luar biasa, Dani Alves sanggup berlari tanpa henti menyisir sektor kanan Barcelona. Walaupun diplot sebagai bek kanan, namun fungsi sebenar Alves adalah winger kanan Barcelona. Ia bertugas untuk membongkar pertahanan lawan dengan kecepatan over lapping dan crossing-crossing matangnya.

Daniel Alves (Sumber:3.bp.blogspot.)

 

5. Carles Puyol

Siapa yang tak kenal bek tangguh berambut kriwil ini. Saat Puyol bermain, pemain sekelas Cristiano Ronaldo pun akan bertekuk lutut dengan mudah. Puyol yang memiliki posisi asli di bek kanan adalah nyawa utama pertahanan Barcelona. Kemampuan marking Puyol saat ini adalah yang paling kuat dan sempurna. Selain dilengkapi dengan kemampuan fisik dan teknik, Puyol juga mampu menjadi komando yang sempurna di lini pertahanan Barcelona.(**)

Carles Puyol (sumber : bajnokokligaja.network)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, diolah, 2011

 


  • unikgaul.com

    tanpa Xavi hernandes barcelona pasti sulit mengembangkan permainan.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com