5 Danau Terbesar di Benua Afrika

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Keberadaan danau hampir terdapat diberbagai belahan dunia manapun. Salah satunya di benua “hitam” Afrika. Beberapa diantaranya bahkan tercatat sebagai danau terbesar dan terdalam dalam urutan danau di dunia. Berikut ini adalah 5 danau terbesar yang ada di benua Afrika:

 

1. Danau Victoria (Luas 68.870 Km2)

Danau Victoria atau Victoria Nyanza adalah salah satu Danau Besar di Afrika. Danau Victoria memiliki luas 68.870 kilometer persegi, membuatnya danau terbesar di benua Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan. Karena dangkal, danau ini masuk dalam urutan ke-7 danau air tawar dalam volume, berisi 2.760 kilometer kubik air. Dia merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda, dan Kenya.

 

Danau Victoria (Sumber: aquaticcommunity)

 

Ada lebih dari 3.000 pulau dalam Danau Victoria, kebanyakan tida berpenghuni. Ini termasuk Kepulauan Ssese di Uganda, sebuah kelompok besar pulau-pulau di barat laut danau tersebut dan menjadi sebuah tujuan pariwisata populer.

 

2. Danau Tanganyika (Luas 32,900 km²)

Danau ini berada di Western Rift di daerah Great Rift Valley dan dilingkupi oleh dinding pegunungan dari ngarai tersebut. Danau ini merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau nomor dua terdalam di dunia serta menyimpan cadangan air tawar terbesar. Panjangnya membentang sekitar 673 km pada arah Utara-Selatan dan lebar rata-rata 50 km. Danau ini melingkupi area seluas 32,900 km², dengan panjang garis tepi sebesar 1,828km serta kedalaman rata-rata 570 m dengan kedalaman maksimum 1,470 m (di cekungan paling utara) menyimpan cadangan air dengan volume perkiraan sebesar 18,900 km³. Suhu di permukaannya sekitar 25 °C dan mempunyai pH rata-rata 8.4.

 

Danau Tanganyika (Sumber: zgf)

 

Letaknya yang di daerah tropis dan kedalamannya yang sangat besar mencegah terjadinya ‘turnover’ dari massa air, sehingga air yang berada di bagian dalam menjadi apa yang dikenal sebagai ‘air fosil’ dan bersifat anoksik (kurang oksigen). Areal tangkapan danau sebesar 231,000 km², dengan dua sungai utama yang mengalir menuju danau dan beberapa sungai-sungai dan aliran yang lebih kecil dan satu aliran keluar yang utama yaitu Sungai Lukuga. Sumber air utama berasal dari Sungai Ruzizi, masuk di sebelah utara melalui Danau Kivu, dan Sungai Malagarasi, yang merupakan sungai terbesar kedua di Tanzania, masuk melalui sisi timur Danau Tanganyika. Danau ini terletak di kawasan 4 negara – Burundi, Republik Demokratik Kongo (DRC), Tanzania dan Zambia, dengan pembagian wilayah untuk DRC (45%) dan Tanzania (41%) yang merupakan bagian terbesar dari wilayah danau ini. Danau ini dihuni sekitar 300 spesies ikan cichlid dan 150 spesies non-cichlid, yang sebagian besar hidup di daerah zona benthic (di dekat dasar danau). Biomassa ikan terbesar berada di zona pelagic (air terbuka) dan didominasi oleh enam spesies – dua spesies “Tanganyika sardine” dan empat spesies predator Lates.

 

3. Danau Malawi (Luas 29,600 km²)

Danau Malawi adalah Danau Besar Afrika dan danau di Great Rift Valley Afrika Timur. Danau ini adalah danau terbesar ketiga di Afrika dan danau terbesar kedelapan di dunia yang terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania. Danau ini juga merupakan danau terdalam kedua di Afrika, namun sifat tenang di pantai utara tidak memberikan tanda-tanda kedalamannya. Danau yang besar ini dilaporkan perairan tropis merupakan habitat lebih spesies ikan dari danau lain di Bumi.

 

Danau Malawi (Sumber: wikipedia)

 

Danau Malawi atau Danau Nyaza adalah danau yang memiliki panjang antara 560 dan 580 kilometer, dan lebarnya adalah sekitar 75 kilometer. Luas permukaan total danau ini adalah sekitar 29.600 kilometer persegi dari garis pantai danau di barat Mozambik, Malawi timur, dan selatan Tanzania. Sungai terbesar yang mengalir ke danau ini adalah Sungai Ruhuhu. Danau air tawar besar ini memiliki aliran keluar utama, yakni Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi. Danau Malawi terletak di Great Rift Valley yang dibentuk oleh pembukaan lembah Afrika Timur, di mana lempeng tektonik Afrika sedang terbagi menjadi dua bagian. Hal ini disebut lempeng tektonik divergen batas. Danau Malawi atau Nyaza itu sendiri terbentuk sekitar 40.000 tahun atau sekitar satu-dua juta tahun.

 

4. Danau Albert (Luas 2.220 km²)

Danau Albert (atau disebut juga Albert Nyanza dan sebelumnya Danau Mobutu Sese Seko) adalah salah satu Danau Besar Afrika. Danau ini merupakan danau terbesar ketujuh di Afrika, dan peringkat dunia sebagai tujuh puluh danau terbesar menurut volume. Danau ini terletak di tengah benua, di perbatasan antara Uganda dan Republik Demokratik Kongo (dulunya Zaire). Danau Albert adalah bagian paling utara dari rantai danau di Great Rift Valley. Danau ini memiliki panjang sekitar 160 km (100 mil) dan luasnya sekitar 30 km (19 mil), dengan kedalaman maksimum 51 m (168 kaki), dan permukaan ketinggian 619 m (2.030 kaki) di atas permukaan laut.

 

Danau albert (sumber: buenavistatownship.org)

 

Danau Albert adalah bagian dari sistem rumit atas Nil. Sumber utamanya adalah Sungai Nil Victoria, hingga akhirnya datang dari Danau Victoria ke tenggara, dan Sungai Semliki, dan dari Danau Edward ke barat daya. Kadar garam Air Nil Victoria jauh lebih sedikit daripada Danau Albert. Saluran keluar utama danau terletak di ujung paling utara danau, yaitu Nil Albert.

 

5. Danau Kivu (Luas 2.220 km²)

Danau Kivu terletak di perbatasan antara Republik Demokratik Kongo dengan Rwanda, di Afrika Tengah. Danau ini bermuara ke Sungai Ruzizi, yang ke selatan mengalir ke Danau Tanganyika. Orang Eropa pertama yang mengunjungi danau ini adalah Pangeran Adolf von Gotzen pada tahun 1894 dari Jerman. Luas permukaan danau ini 2.220 km² dengan kedalaman rata-rata 240 m (kedalaman maksimum) 480 Volume 333 km³. (**)

 

Danau Kivu (Sumber: railtours)

 

Sumber: berbagai sumber, diolah, 2011

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com