5 Danau Terbesar di Benua Amerika

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Danau hampir terdapat diberbagai belahan dunia. Salah satunya di benua Amerika. Beberapa diantaranya bahkan tercatat sebagai danau terbesar dalam urutan danau di dunia. Berikut ini adalah 5 danau terbesar yang ada di benua Amerika.

 

1. Danau Superior (Luas 82,000 km²)

Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar. Dia merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan dengan Danau Baikal di Siberia memiliki “volume” lebih. Danau Superior memiliki luas permukaan 82,000 km² (32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Czech. Dia memiliki panjang maksimum 350 mil (563 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan kedalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini adalah 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau). Dia membatasi Ontario di Kanada, dan Minnesota, Wisconsin dan Michigan di Amerika Serikat. Dia merupakan rute pengapalan penting untuk bijih besi dan merupakan bagian dari Jalan Air Danau Besar.

 

Lake-Superior (Sumber: michiganfishingonline)

 

2. Danau Huron (Luas 59.595 km2)

Danau Huron ialah salah satu dari lima Danau Besar Amerika. Merupakan yang ke-3 dari muara. Seperti Danau Ontario, Danau Erie, dan Danau Superior, danau ini juga dimiliki bersama antara Amerika Serikat dan Kanada. Danau Huron memiliki panjang 200 mil (325 km) dan sedalam 750 kaki (230 m). Banyak perahu dan kapal berlalu lalang di Danau Huron, membawa barang seperti bijih besi. Danau Huron membatasi provinsi Kanada Ontario dan negara bagian AS Michigan. Tiada kota besar di Danau Huron, namun ada beberapa kota kecil seperti Sarnia, Ontario dan Bay City, Michigan. Air yang mengalir ke luar Huron berjalan melalui sungai yang mengalir sebelum Detroit, Michigan. Lalu air itu mengalir ke Danau Erie lantas ke samudera lepas.

 

Huron (Sumber: ontariofishingonline)

 

3. Danau Ontario (Luas 58.016 km²)

Danau Ontario ialah salah satu dari lima Danau-danau Besar di Amerika Utara yang paling rendah dan paling sempit. Pelabuhan utamanya adalah Hamilton dan Toronto, Ontario. Danau ini satu-satunya Danau Besar yang tidak beku selama musim dingin. Luas areal danau ini mencapai 58.016 km² dengan kedalaman rata-rata 28,27 m.

 

ontario (Sumber: ontariofishingonline)

 

4. Danau Michigan (Luas 57.750 km2)

Danau Michigan ialah salah satu dari 5 Danau-danau Besar di Amerika Utara. Memiliki wilayah permukaan 22.300 mil persegi (57750 km persegi). Panjangnya 307 mil dan luasnya 118 mil. Danau Michigan ialah danau terbesar ke-5 di dunia. Dibatasi oleh negara bagian Amerika Serikat: Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan. Kota terbesar di Danau Michigan ialah Chicago.

 

michigan (sumber: flickr)

 

michigan (wikipedia: es.wikipedia)

 

5. Danau Erie

Danau Erie ialah salah satu Danau-danau Besar di Amerika Utara. Merupakan danau kedua di atas dari muara. Seperti Danau Superior, Danau Huron, dan Danau Ontario, Danau Erie ialah bagian perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Sebagian besar air yang mengalir ke Danau Erie mengalir melalui sebuah sungai besar, Sungai Detroit, yang mengalir ke bawah dari Danau Huron sebelum Detroit, Michigan. Air lain mengalir ke Danau Erie dari sungai lain, termasuk sungai Maumee dan Cuyahoga. Di muara sungai Maumee ada Toledo, Ohio. Di muara sungai Cuyahoga ada Cleveland, Ohio.

Air yang mengalir keluar Danau Erie mengalir sebelum Buffalo, New York, dan ke Sungai Niagara. Saat berjalan ke Danau Ontario, Sungai Niagara melalui Air terjun Niagara, salah satu air terjun terbesar di Amerika Utara, dan kemudian ke danau terendah dari kelima Danau Besar, Danau Ontario.

 

erie (Sumber: einfopedia)

 

Sumber: berbagai sumber, diolah, 2011

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com