5 Danau Terbesar di Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi dan olahraga. Di dunia ini,  terdapat begitu banyak danau yang memiliki karakteristik beragam. Beberapa danau tercatat memiliki luas yang begitu besar melebihi luas suatu negara. Berikut urutan 5 danau terbesar di dunia:

 

1. Danau Kaspia

Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar. Laut Kaspia dibatasi oleh Russia (Dagestan, Kalmykia, Oblast Astrakhan), Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran dan Golestan), Turkmenistan, dan Kazakhstan, dengan “steppe” Asia Tengah di utara dan timur. Pada sisi timur Turkmen terdapat sebuah “embayment” besar, Kara Bogaz Gol. Laut ini dihubungkan dengan Laut Azov melalui Terusan Manych.

 

Danau Kaspia (sumber: indonesiaindonesia)

 

Dalam Laut Kaspia terdapat banyak sturgeon, yang melahirkan telur yang diproses menjadi kaviar. Namun, pengambilan ikan berlebihan telah mengancam populasi sturgeon ke titik yang membuat para advokat Lingkungan melarang pengambilan sturgeon seluruhnya sampai populasi mereka kembali. Daerah ini kaya akan energi. Dan juga ladang minyak yang belakangan ini ditemukan, bukti persediaan gas alam, meskipun eksplorasi masih dibutuhkan untuk menjelaskan potensi penuhnya.

 

2. Danau Superior

Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar. Dia merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan dengan Danau Baikal di Siberia memiliki “volume” lebih. Danau Superior memiliki luas permukaan 82,000 km² (32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Czech. Dia memiliki panjang maksimum 350 mil (563 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan kedalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini adalah 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau). Dia membatasi Ontario di Kanada, dan Minnesota, Wisconsin dan Michigan di Amerika Serikat. Dia merupakan rute pengapalan penting untuk bijih besi dan merupakan bagian dari Jalan Air Danau Besar.

 

Danau Superior (Sumber: michiganslakes)

 

3. Danau Victoria

Danau Victoria atau Victoria Nyanza adalah salah satu Danau Besar di Afrika. Danau Victoria memiliki luas 68.870 kilometer persegi, membuatnya danau terbesar di benua Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan. Karena dangkal, danau ini masuk dalam urutan ke-7 danau air tawar dalam volume, berisi 2.760 kilometer kubik air. Dia merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda, dan Kenya.

Ada lebih dari 3.000 pulau dalam Danau Victoria, kebanyakan tida berpenghuni. Ini termasuk Kepulauan Ssese di Uganda, sebuah kelompok besar pulau-pulau di barat laut danau tersebut dan menjadi sebuah tujuan pariwisata populer.

 

Danau Victoria (Sumber:goffo)

 

4. Danau Huron

Danau Huron ialah salah satu dari 5 Danau Besar Amerika. Merupakan yang ke-3 dari muara. Seperti Danau Ontario, Danau Erie, dan Danau Superior, danau ini juga dimiliki bersama antara Amerika Serikat dan Kanada. Danau Huron memiliki panjang 200 mil (325 km) dan sedalam 750 kaki (230 m). Banyak perahu dan kapal berlalu lalang di Danau Huron, membawa barang seperti bijih besi. Danau Huron membatasi provinsi Kanada Ontario dan negara bagian AS Michigan. Tiada kota besar di Danau Huron, namun ada beberapa kota kecil seperti Sarnia, Ontario dan Bay City, Michigan. Air yang mengalir ke luar Huron berjalan melalui sungai yang mengalir sebelum Detroit, Michigan. Lalu air itu mengalir ke Danau Erie lantas ke samudera lepas.

 

Danau Huron (Sumber: ontariofishingonline)

 

5. Danau Michigan

Danau Michigan ialah salah satu dari 5 Danau-danau Besar di Amerika Utara. Memiliki wilayah permukaan 22.300 mil persegi (57750 km persegi). Panjangnya 307 mil dan luasnya 118 mil. Danau Michigan ialah danau terbesar ke-5 di dunia. Dibatasi oleh negara bagian Amerika Serikat: Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan. Kota terbesar di Danau Michigan ialah Chicago. (**)

 

Danau Aral (Sumber: gallagher)

 

Tambahan:

Seharusnya di urutan ke empat di tempati oleh Danau Aral. Namun karena kebutuhan irigasi negara yang bernaung didekatnya, menjadikan proyek bendungan menyebabkan menyusutnya luas areal danau Aral ini. Berikut sedikit catatan mengenai danau Aral.

Danau Aral

Laut Aral adalah danau yang terletak di Asia Tengah. Danau ini diapit oleh Kazakhstan (Provinsi Aktobe dan Kyzylorda) di utara dan Uzbekistan (Karakalpakstan) di selatan. Nama danau ini secara kasar dapat diterjemahkan menjadi “Laut Kepulauan”, yang merujuk pada lebih dari 1.500 pulau yang pernah ada di danau ini. Sebelumnya danau ini adalah salah satu danau terbesar di dunia, dengan luas 68,000 km² (26.300 mil²). Sayangnya, danau ini menyusut sejak tahun 1960-an karena sungai yang mengalir ke danau ini dialihkan ke tempat lain untuk proyek irigasi Uni Soviet. Pada tahun 2007, hanya sekitar 10% danau yang masih tersisa. Industri perikanan pernah berkembang di tempat ini, tetapi industri ini telah hancur akibat penyusutan danau. Wilayah Laut Aral juga tercemar, sehingga mengakibatkan munculnya masalah kesehatan. Penyusutan danau dilaporkan mengakibatkan perubahan iklim lokal. Musim panas menjadi lebih panas dan kering, sementara musim dingin berlangsung lebih panjang dengan suhu yang lebih dingin. Saat ini Kazakhstan mencoba menyelamatkan Laut Aral Utara. Maka proyek bendungan diselesaikan pada tahun 2005. Pada tahun 2008, permukaan air kembali meninggi. Kadar garam berkurang, dan ikan-ikan kembali bermunculan. Akan tetapi, nasib Laut Aral Selatan masih suram. Menyusutnya Laut Aral telah dijuluki sebagai “salah satu bencana lingkungan terburuk di planet ini”.

 

Danau Aral (sumber: photobucket & blogspot)

 

Sumber: Berbagai sumber, diolah, 2011


Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com