bannersss


5 Kebakaran Hutan Mematikan di Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Kebakaran hebat hutan yang menimpa Australia pada 2009 lalu, menelan hampir 230 orang korban jiwa. Tapi jika kita melihat peristiwa yang sama pada puluhan dekade silam, apa yang menimpa Australia masih relatif kecil di bandingkan semua itu. Berikut 5 peristiwa kebakaran hutan mematikan yang pernah terjadi dalam sejarah dunia:

 

1. Kebakaran Peshtigo (2500 meninggal)

Pada 8 Oktober 1871 terjadi peristiwa Kebakaran Peshtigo di Peshtigo, Wisconsin. Kebakaran ini menyebabkan banyak kematian dalam sejarah Amerika Serikat. Korban jiwa yang meninggal sebanyak 2.500 orang. Tepat di hari yang sama terjadi pula peristiwa yang sama dikenal “Great Chicago Fire”. Peristiwa ini membuat peristiwa di Peshtigo Api sebagian besar dilupakan orang. Pada hari itu,  kebakaran Peshtigo dan Chicago, melanda kota-kota peninggalan Belanda, Manistee, Michigan, dan nasib yang sama menimpa Port Huron di selatan Danau Huron.

 

 

Kebakaran Peshtigo (Sumber: smashingusa)

 

Kebakaran Peshtigo (Sumber: science.discovery)

 

2. Kursha-2 (1200 meninggal)

Kursha-2 adalah masyarakat industri di Meshchyora Tengah, Oblast Ryazan. dibangun setelah Revolusi Oktober untuk mengeksploitasi hutan lokal.  Kursha-2 musnah oleh bencana badai api pada tanggal 3 Agustus 1936. Bencana ini menyebabkan kematian manusia mencapai 1200 jiwa.

 

Kursha-2 (Sumber: dead-cities.ru)

 

3. Kebakaran Cloquet (453 meninggal)

The 1918 Cloquet fire adalah suatu bencana api besar di bagian utara Minnesota pada Oktober, 1918. Disebabkan oleh percikan pada kereta api lokal ditambah dengan kondisi kering. Bencana ini menyebabkan bagian barat Carlton County hancur, Moose Lake, Cloquet, dan Sungai Kettle. Wilayah Cloquet adalah wilayah yang paling rusak oleh bencana ini. Bencana ini merupakan bencana alam terburuk dalam sejarah Minnesota. Total korban jiwa yang meninggal mencapai 453 nyawa hilang dan 52.000 orang terluka atau mengungsi, 38 komunitas hancur, 250.000 hektar lahan (1.000 km2) terbakar, dan kerugian sebesar $ 73.000.000 dalam kerusakan properti diderita.

 

Kebakaran Cloquet (sumber: ricktrip)

 

4. The Great Hinckley Fire (418 meninggal)

Kebakaran Hinckley adalah kebakaran besar yang terjadi  pada tanggal 1 September 1894 yang membakar area minimal 810 km² , mungkin lebih dari 1000 km², termasuk kota Hinckley dan  Minnesota. Api membunuh ratusan orang, dengan jumlah minimum diperkirakan 418 korban jiwa. Namun, beberapa ahli percaya angka sebenarnya dari korban yang meninggal mendekati hampir 800 korban jiwa. Jika demikian, kebakaran ini adalah kedua paling mematikan dalam sejarah Minnesota setelah peristiwa Cloquet.

 

The Great Hinckley Fire (Sumber: macalester.edu)

 

5. The Great Thumb Fire (282 meninggal)

Kebakaran ini terjadi pada tanggal 5 September 1881, di daerah Thumb, Michigan di Amerika Serikat. Api yang membakar lebih dari satu juta hektar (4.000 km²) dalam waktu kurang dari satu hari, adalah konsekuensi dari kekeringan yang melanda, ditambah hembusan angin, panas, dan kerusakan ekologi yang ditimbulkan oleh penebangan. Kejadian ini, disebut “the Great Thumb Fire” , “the Great Forest Fire of 1881” atau “the Huron Fire” yang membunuh 282 orang di Sanilac, Lapeer, Tuscola dan Huron. Perkiraan kerusakan yang ditimbulkan  mencapai kerugian $ 2.347.000. (**)

 

The Great Thumb Fire (Sumber: hrsdc.gc.ca)

 

Sumber: www.uniknya.com dari berbagai sumber, 2011


2 Responses to 5 Kebakaran Hutan Mematikan di Dunia

  1. Serem nih …
    Request artikel2 seputar peremuan ya :) makasih

    • Eris Abdurahman

      terima kasih nina. coba lihat artikel2 kami di rubrik hiburan, ada ttg anak seleb paling modis, seleb penampilan terburuk dst. tapi kmi sendiri memang merasa kurang artikel perempuan, nnt qt banyakin ke depannya. salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com