bannersss


5 Struktur Anjungan Lepas Pantai Tertinggi di Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sebuah anjungan atau kilang lepas pantai, disebut juga sebagai platform minyak atau rig minyak adalah sebuah struktur besar dengan fasilitas untuk mengebor sumur dan ekstrak minyak ataupun gas bumi. Tergantung pada keadaan, platform dapat dibuat di dasar laut, atau dapat pula disebuah pulau buatan, yang mungkin mengapung. Berikut ini adalah 5 rekayasa konstruksi di dunia pengeboran lepas pantai, yang menempati struktur anjungan lepas pantai tertinggi di Dunia :

 

1. Petronius (Tinggi 610 m)

Petronius adalah sebuah menara anjungan minyak lepas pantai yang dioperasikan oleh Chevron Corporation dan Marathon Oil di Teluk Meksiko, 210 km tenggara New Orleans. Memiliki ketinggian 609,9 meter (2.001 kaki), dan pernah menjadi struktur bangunan tertinggi di dunia, sampai akhirnya dikalahkan oleh Khalifa Burj pada tahun 2008.  Seluruh struktur bangunan beratnya sekitar 43.000 ton. Sekitar 8.000 m3 (50.000 barel) minyak dan 2.000.000 m3 (70 juta kaki kubik) gas alam diekstraksi setiap hari oleh kilang ini. Petronius, diperuntukan mengeksploitasi minyak dan gas alam yang ditemukan pada tahun 1995 di Viosca Knoll (blok VK 786) dan dinamakan dari seorang Romawi, Petronius. Menara ini sebagian besar konstruksinya berada di dasar laut 535 m (1754 ft) dan 75 meterselebihnya berada di atas lat yang merupakan bangunan inti.

 

Petronius (Sumber: home.versate)

 

Petronius (Sumber: images.pennwellnet)

 

2. Baldpate (Tinggi 580 m)

Baldpate adalah menara anjungan minyak lepas pantai yang memiliki ketinggian mencapai 579,7 meter yang berada  dekat pantai Louisiana. Anjungan Baldpate ini dirancang oleh Hudson Engineering (sekarang J. Ray McDermott Engineering) di Houston, Texas, dan dipasang oleh Kontraktor Heerema Marine.

 

Baldpate (Sumber: forocoches)

 

3. Bullwinkle (Tinggi 529 m)

Bullwinkle adalah menara anjungan minyak lepas pantai yang memiliki ketinggian mencapai 529 m yang berada  di Teluk Meksiko. Anjungan Bullwinkle sebagian besar konstruksinya (412,1 meter) berada di bawah permukaan air. Hal ini terletak di Blok Manatee, sekitar 160 mil (260 km) barat daya New Orleans. Bullwinkle dimilik Superior Energy Services, Inc, dan Dynamic Offshore Resources. Pembangunannya menelan biaya hingga $ 500.000.000. Anjungan ini dibangun oleh Gulf Marine Fabricators pada 1985-1988 di lokasi Yard Utara di persimpangan Corpus Christi Ship Channel dan Intracoastal Waterway di Port Aransas, TX, utara Corpus Christi. Bullwinkle dipasang oleh Kontraktor Heerema Marine.

 

Bullwinkle (Sumber: reddit)

 

4. Troll (Tinggi 472 m)

Troll adalah anjungan gas lepas pantai di blok gas Troll yang dioperasikan oleh Statoil. Anjungan ini adalah bangunan tertinggi yang pernah dipindahkan ke posisi lain, dan merupakan salah satu proyek rekayasa terbesar dan paling kompleks dalam sejarah manusia. Pemindahan anjungan ini menjadi daya tarik banyak stasiun televisi ketika ditarik ke Laut Utara pada tahun 1996 silam. Troll memiliki ketinggian 472 meter, dengan bobot 683.600 ton (1,2 juta ton dengan pemberat).  Anjungan ini 303 meter-nya (994 kaki) berdiri kuat di dasar laut. Troll A dibangun oleh Kontraktor Norwegia untuk Norske Shell, dengan dasar konstruksi dimulai pada bulan Juli 1991. Dasar dan geladak dibangun secara terpisah, dan digabungkan pada tahun 1995, sementara dasar yang sebagian terendam  merupakan dasar struktur gravity Condeep yang dibangun dari beton bertulang. Pada tahun 1996, anjungan ini masuk dalam Guinness World Record untuk ‘anjungan gas lepas pantai terbesar’.

 

Troll (Sumber: oilrig-photos)

 

5. Gulfaks C (Tinggi 380 m)

Gullfaks C adalah sebuah anjungan minyak lepas pantai Statoil di Blok 34/10 di Laut Utara antara Inggris dan Daratan Eropa. Gullfaks C berada 217 meter di bawah permukaan air. Tinggi struktur total diukur dari dasar laut adalah 380 meter, sehingga lebih tinggi dari Menara Eiffel. Gullfaks C menghasilkan 250.000 barel minyak per hari. Terletak 108 mil jauhnya dari Norwegia. Potensi Gas ditemukan di Laut Utara pada tahun 1959 dan minyak ditemukan pada tahun 1970. (**)

 

Gulfaks (Sumber: oilrig-photos)

 

Sumber: wikipedia dan berbagai sumber, diolah 2011


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com