5 Tumbuhan Karnivora dan Insektivora

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Istilah Karnivora biasanya lebih melekat pada  hewan pemakan daging-dagingan, ataupun predator. Namun di dalam dunia fauna pun ternyata memiliki beberapa jenis tumbuhan pemakan daging serta serangga (insektivora). Berikut adalah 5 tumbuhan karnivora yang ada di dunia:

1. Dionaea Muscipula

Tumbuhan ini dikenal pula dengan sebutan venus flytrap, tanaman carnivora alias pemakan daging. Keahliannya memerangkap mangsa sungguh luar biasa. Dionaea Muscipula memiliki senjata ampuh berupa sepasang daun yang dilengkapi rambut ultra sensitif. Saking sensitifnya, sekecil apapun serangga yang hingga disana bisa ia rasakan. Begitu serangga atau hewan hingga, daun ini akan langsung menutup. Tamatlah riwayat hewan atau serangga itu dan menjadi santapan lezat bagi Dionaea Muscipula.

 

Dionaea Muscipula (Sumber:flickr)

 

2. Aldrovanda vesiculosa

Tumbuhan ini dikenal pula dengan bunga kincir air (waterwheel), merupakan tumbuhan karnivora yang mengagumkan, tidak memiliki akar, dan hidup di air. Biasanya ia memangsa hewan vertebrata dengan menggunakan jebakan mekanis yang disebut dengan perangkap kejut (snap trap). Perangkap kejut pada dasarnya berupa daun cuping yang melipat secara bersamaan  untuk menjebak mangsanya.  Ketika dalam keadaan membuka ia akan mengeluarkan rambut halus yang akan menarik perhatian serangga, berfungsi juga sebagai pemicu.  Sehingga ketika  ada serangga yang menempel maka secara otomatis katup daun menutup dengan kecepatan 10 mili detik.

 

Aldrovanda vesiculosa (sumber: bestcarnivorousplants & elicriso)

 

3. Drosera

Secara umum tumbuhan ini dikenal dengan sebutan matahari berembun (Sundew),  termasuk salah satu tumbuhan karnivora terbesar, dari 194 spesies.  Tumbuhan ini dapat mudah ditemukan  pada hampir semua benua kecuali Antartika. Sundew (tergangtung pada spesiesnya) bunganya mampu tumbuh mulai dari 1 centimeter hingga 1 meter tingginya, dan mampu hidup selama 50 tahun. Ia memiliki tentakel  puluhan kelenjar tentakel gerak (glandular),  dengan cairaanya yang manis. Para serangga akan terjebak dalam cairan kelenjarnya yang lengket, lalu tentakel  kecil lainnya akan mencerna dengan menyerap cairan yang ada di dalam tubuh.serangga.

 

Drosera (Sumber: wikimedia)

4. Byblis

Tumbuhan dikenal pula dengan sebutan pelangi, bentuknya termasuk paling kecil di atara tumbuhan karnivora lainnya, dan merupakan asli berasal dari Australia. Nama pelangi sendiri berasal dari penampilannya yang menarik perhatian, walapun demikian karakteristiknya hampir sama dengan Drosera, padahal tidak memiliki sebuah hubungan satu sama lain.  Daunnya memiliki penampang bulat, memanjang dan ujung yang runcing. Permukaan daunnya tertutup yang mengeluarkan zat lengket mucilaginous, sebagai perangkapnya.

 

Byblis (Sumbeer: karolawa & culturesheet.org)

 

5. Pinguicula

Tumbuhan ini dikenal pula dengan sebuta butterworts, merupakan kelompok tumbuhan karnivora yang memiliki cairan kelenjar lengket. Ia menyerap nutrisi  sebagai pelengkap suplemen yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Ia tumbuh dilingkungan dengan kadar mineral yang buruk dan tidak subur. Tumbuhan ini ditemukan di daerah utaran dan selaran Amerika, Eropa, dan Asia. Warnanya yang cerah, mampu mengundang para serangga untuk hingga di kelopak bunganya. Tumbuhan ini memiliki dua jenis sel khusus, penduncular dan mucilaginous. Kelenjar tersebut menghasilkan enzim amilase, esterase, dan protease yang membantu dalam proses mencerna makanan. (**)

 

Pinguicula (Sumber: collectorscorner & infojardin)

 

Sumber: Listverse, 2011


  • http://xryrfifwrj.com efiewrfgu8we

    valid point

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com