5 Bagian Tubuh yang Jarang Disadari Manusia (Bagian II)

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Mungkin tidak banyak manusia yang mengenali organ dan fungsi tubuhnya, terutama yang letaknya di dalam, ataupun yang bentuknya kecil, dan atau terlihat namun tidak disadari. Mungkin organ ini pernah berfungsi, namun seiring perkembangan dan pertumbuhan manusia fungsinya berkurang. Berikut adalah 5 organ tubuh manusia:

1. Tonsils

Tonsil merupakan organ tubuh manusia yang tidak berfungsi namun dapat menyebabkan beberapa orang kesakitan. Tonsil merupakan jaringan limfoid yang mudah terserang infeksi dan membesar,sehingga membutuhkan sebuah pembedahan untuk menyingkirkannya.

 

Tonsils (sumber: blogspot.com)

 

2. Sinus

Sinus merupakan bagian dari tubuh yang belum diketahui secara utuh oleh para dokter.  Merupakan sebuah rongga yang berisi udara.  Beberapa mengatakan bahwa sinus berhubungan dengan mata kita, sementara beberapa dokter lainnya mengatakan berhubungan dengan warna dan nada suara. Di  sisi lainnya, tidak ada yang mengetahui fungsinya, namun kita dapat mengetahui bahwa organ ini mampu membuat rasa sakit kepala.

 

Sinuses (Sumber: aaaai.org)

 

3. Puting Payudara Laki-Laki

Tidak membutuhkan penjelasan yang panjang, lelaki tidak menyusui sehingga puting yang dinyatakan tidak berfungsi.

 

Puting Payudara Laki-Laki (Sumber: blogspot.com)

4. Gallbladder (Kandung Empedu)

Empedu merupakan organ tubuh berukuran kecil dan berfungsi menyimpan cairan yang membatu pencernaan di dalam tubuh. Walau demikian, empedu ini dapat memroduksi batu empedu dan menyebabkan manusia tidak mampu mencerna makanan tanpa muntah terlebih dahulu, ketika hal itu terjadi maka empedu harus dibuang melalui proses pembedahan.

 

Gall bladder (Empedu) (Sumber: blogspot.com)

 

5. Appendiks (Usus Buntu)

Usus buntu merupakan saluran yang kecil, sebuah tabung otot yang menempel pada usus besar. Bertujuan untuk  mencerna zat selulosa, terlebih ketika manusia memakan makanan yang berasal dari tetumbuhan. Namun demikian, usus buntu bisa menciptakan rasa sakit ketika terinfeksi dan pecah. Sekitar 300.000 orang di Amerika Serikat telah membuang usus buntunya.(**)

 

Appendiks (Usus Buntu) (sumber: blogspot.com)

 

Sumber: Toptenz.net, 2011

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com