bannersss


5 Buah yang Mengingatkan Kita Pada Indonesia

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: “Pepaya mangga dibawa dari Pasar Minggu…,” potongan lagu klasik Indonesia di zaman pra kemerdekaan, diproduksi sekitar tahun 1955, mengingatkan kita kepada hazanah buah-buahan yang tumbuh subur di negara Indonesia. Walaupun sebenarnya ada pula beberapa yang tumbuh di benua lainnya seperti Asia, Amerika Tengah dan Selatan serta banyak lagi. Berikut adalah 5 Bebuahan yang mengingatkan kita pada Negara Indonesia:

1. Salak (Salacca zalacca)

Buah salak, atau dikenal pula dengan buah ular, merupakan buah-buahan yang berasal dari tumbuhan jenis palem asli Indonesia. Pohon salak ini tumbuh sebagaimana jenis tumbuhan palem lainnya, buahnya diberi nama ular karena memiliki penampilan seperti ular dan kulitnya yang bersisik. Kulit/cangkang yang bersisiknya mudah sekali dikupas, di dalamnya kemudian akan terlihat 3 lapisan berwarna putih, bagian yang manis untuk dikonsumsi melindungi biji berwarna hitam. Rasanya sedikit asam namun manis selanjutnya.

 

Salak (Salacca zalacca) (Sumber gambar: blogspot.com)

 

Salak (Salacca zalacca) (Sumber gambar: wordpress.com)

 

2. Noni (Morinda citrifolia)

Buah Noni, salah satu buah ini dikenal memiliki banyak nama di berbagai penjuru dunia, termasuk nama moringa, Mulbery Indian, buah pace dan banyak lagi. Pohon buah ini sangat berkaitan dengan tanaman biji-bijian seperti kopi, dan merupaka tumbuhan asli Asia Tenggara dan Australasia, secara umum merupakan tanaman khas daerah iklim tropis. Pohonnya berbuah sepanjang tahun. Lupakan rasa dan baunya, namun buah noni ini memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin A, protein, zat besi dan kalsium, dan merupakan salah satu suplemen dalam program diet di berbagai negara kepulauan Pasifik. Buah noni dapat dinikmati dengan cara dimasak atau bahkan dimakan langsung dengan memberikan sedikit garam.

 

Noni (Morinda citrifolia) (Sumber gambar: messersmith.name)

 

Noni (Morinda citrifolia) (Sumber gambar: ctahr.hawaii.edu)

 

3. Breadfruit/ Buah Sukun (Artocarpus altilis)

Breadfruit (buah roti), atau di Indonesia dikenal dengan nama buah sukun, memiliki pohon yang besar, dan masuk ke dalam jenis keluarga mulberry, ditemukan dan merupakan tumbuhan asli Filipina dan semua pulau yang ada di negara Asia Tenggara lainnya. Buah Sukun ini hampir sama dengan buah Nanas, ia dapat dimasak ketika masih dalam keadaan muda, dan dimakan begitu saja ketika sudah matang. Buah yang matang dagingnya lembut dan manis, dan rasanya seperti roti yang baru saja dimasak.

 

Breadfruit/ Buah Sukun (Artocarpus altilis) (Sumber gambar: gunungkidulkab.go.id)

 

Breadfruit/ Buah Sukun (Artocarpus altilis) (Sumber gambar: ctahr.hawaii.edu)

 

4. Duku (Lansium domesticum)

Duku atau lungsat adalah buah yang sangat mirip satu sama lainnya, dan ditemukan hamppir diseluruh daratan Asia. Mereka berasal dari keluarga yng sama, penampilan dan rasanya identik, hanya dengan satu perbedaan. Kulit dari lungsat mengandung getah yang tidak beracun namun sangat lengket di tangan, sementara  duku tidak memiliki getah kulitnya lebih mudah dikupas. Biasanya duku memiliki lima bagian daging buah yang bisa dimakan dan masing-masing terdapat biji yang pahit. Buahnya duku sangat manis dan dapat disajikan dengan banyak cara, bahkan sekarang telah dikalengkan menjadi sebuah sirup.

 

Duku (Lansium domesticum) (Sumber gambar: wordpress.com)

 

Duku (Lansium domesticum) (Sumber gambar: online-dictionary.org)

 

5. Rambutan (Nephelium lappaceum)

Rambutan merupakan buah-buahan yang memiliki penampilan sangat aneh, kulitnya berwarna merah seperti strawberi namun memiliki daging buah yang membungkus biji seperti leci. Merupakan buah-buahan asli dan hanya ditemukan di daratan Asia Tenggara, namun secara tanpa disengaja menyebar secara alami di Kostarika, dan diberi nama Chinese Sucker. Bentuk buahnya oval dan berdiameter sekitar 3-6 centimeter. Terlihat bseperti keras namun sebaliknya, kulitnya mudah dikupas, daging buahnya manis melapisi biji di dalamnya. (**)

 

Rambutan (Nephelium lappaceum) (Sumber gambar: blogspot.com)

 

Rambutan (Nephelium lappaceum) (sumber gambar: blogspot.com)

 

Sumber: Listverse.com, uniknya.com, Juli 2011.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com