bannersss


5 Gedung Tertinggi di Amerika

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Terkait Hari KemerdekaanAmerika Serikat 4 Juli, mungkin Anda penasaran dengan gedung tertinggi di negeri Paman Sam itu. Dan ternyata, Menara Willis yang terletak di Kota Chicago adalah pemegang rekor teratas di Amerika Serikat. Berikut rincian gedung-gedung yang dimaksud:

1. Menara Willis

Menara Willis (Willis Tower atau dulu dikenal Sears Tower) adalah pencakar langit di Chicago, Illinois. Gedung ini merupakan gedung tertinggi di Amerika Serikat sejak tahun 1973 setelah mengalahkan ketinggian World Trade Center. Sebelumnya, World Trade Center merupakan gedung tertinggi di AS selama setahun setelah mengungguli Gedung Empire State yang berada di kota yang sama, New York City. Menara Sears dibangun konglomerat bisnis eceran Sears, Roebuck and Company. Perancangnya adalah arsitek kepala Bruce Graham dan insinyur struktur Fazlur Khan dari Skidmore, Owings and Merrill.

 

(sumber:wordpress.com )

 

(sumber:teknoise.com )

 

Pembangunan dimulai bulan Agustus 1970, dan dicapai tinggi maksimum gedung seperti direncanakan pada tanggal 3 Mei 1973. Ketika selesai, ketinggian Menara Sears mengungguli World Trade Center di New York City, dan menjadi gedung tertinggi di dunia. Gedung ini terdiri dari 108 lantai, namun pemilik gedung menghitung lantai atap sebagai lantai 109, dan bagian paling atas yang berisi peralatan mekanik sebagai lantai 110. Tinggi gedung sampai ke atap adalah 442 m, dihitung dari pintu masuk sebelah timur. Pada bulan Februari 1982, dua antena televisi dipasang di atas bangunan sehingga ketinggian menara ini bertambah menjadi 520 m. Selanjutnya pada 5 Juni 2000, antena di sisi barat diperpanjang menjadi 527 m untuk memperbaiki penerimaan stasiun televisi lokal WMAQ-TV yang merupakan anggota jaringan televisi NBC.

 

2. Trump International Hotel and Tower

Trump International Hotel and Tower, juga dikenal dengan nama Trump Tower Chicago atau Trump Tower, adalah condo-hotel di Chicago, Illinois. Pencakar langit ini dinamai dari pengembang properti Donald Trump. Gedung ini didesain oleh arsitek Adrian Smith. Tinggi menara ini tercatat sekitar 1,389 kaki (423 m), dengan jumlah lantai sebanyak 98 lantai.

 

(sumber:wikimedia.org )

 

(sumber:ctbuh.org )

 

3. Gedung Empire State

Gedung Empire State atau Empire State Building adalah gedung pencakar langit yang memiliki 102 lantai di New York City dengan gaya Art Deco. Bangunan ini didesain oleh Shreve, Lamb and Harmon dan rampung pada tahun 1931. Namanya diambil dari nama julukan negara bagian New York. Sejak runtuhnya World Trade Center pada Serangan 11 September, bangunan ini kembali menjadi bangunan tertinggi di New York City. Saat ini, bangunan ini adalah bangunan kedua tertinggi di Amerika Serikat setelah Menara Willis di Chicago.

 

(sumber: wordpress.com )

 

(sumber: aia.org )

 

4. Menara Bank of America

Menara Bank of America adalah menara pencakar langit setinggi 1.200 ft (366 m), berdiri di One Bryant Park di distrik Midtown Manhattan, New York City. Proyek pembangunan gedung ini memakan biaya mencapai US $ 1 miliar, dengan perancang Cook + Fox Arsitek yang menjadikan gedung ini sebagai salah satu bangunan paling efisien dan ramah lingkungan di dunia. Gedung ini adalah bangunan tertinggi kedua di New York City, setelah Empire State Building, dan gedung tertinggi keempat di Amerika Serikat. Konstruksi selesai pada tahun 2009. Pada bulan Juni 2010, Bank of America Tower penerima penghargaan Bangunan Tinggi Terbaik 2010 di Amerika dari Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban.

 

(sumber: peopledaily.com.cn)

 

bank of amerika2(sumber: peopledaily.com.cn)

(sumber:ggpht.com )

 

5. Aon Center

Aon Center adalah sebuah pencakar langit modern di Chicago Loop, Chicago, Illinois, Amerika Serikat, yang dirancang oleh perusahaan arsitek Edward Durell Stone dan The Perkins & Will Partners, dan selesai pada tahun 1973 sebagai Gedung Standard Oil dengan 83 lantai dan tinggi mencapai 1.136 kaki (346 m). Aon Center adalah bangunan tertinggi ketiga di Chicago, setelah Menara Willis dan Trump International Hotel dan Tower. Bangunan ini dikelola oleh Jones Lang LaSalle. Aon juga merupakan markas dari Aon Corporation. (**)

 

(sumber: thehighrisepages.de)

 

(sumber: spudart.org)

 

Sumber: berbagai sumber, diolah, 2011

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com