bannersss


5 Menara Kembar Tertinggi di Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Identik dan keduanya menjulang tinggi ke langit. Itulah “mereka” beberapa dari menara kembar yang tercatat tertinggi di dunia. Keindahannya, memberikan kesan tersendiri hingga menjadikan bangunan tersebut sebagai ikon dari kota dimana menara tersebut berdiri megah. Berikut 5  menara tertinggi di dunia.

1. Menara Petronas

 Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi. Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini. Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.

Menara Petronas (Sumber: 2.bp.blogspot.com)

2. Menara SPG Global

Menara SPG Global terletak di kota Suzhou, China. Menara ini memiliki 54 lantai dengan  total tinggi keduanya mencapai masing-masing 286 meter.

Menara SPG Global (Sumber:photos.pkone.cn)

3. Menara Cullinan

 Cullinan adalah nama dari sebuah proyek perumahan yang berlokasi di Union Square. Bangunan yang terdiri dari dua menara ini, The Cullinan North Tower and The Cullinan South Tower adalah menara tertinggi di Hong Kong dengan 68 lantai dan tinggi keseluruhan 270 meter. Bangunan ini dilengkapi kaca dengan view yang mengarah pada pelabuhan Victoria. Fasad kacanya akan memberikan menara kembar ini image futuristik yang sesuai dengan Pusat Perdagangan Internasional di dekatnya.

Menara Cullinan (Sumber: lh3.ggpht.com)

4. Grand Gateway Shanghai

Grand Gateway Shanghai adalah sebuah kompleks perkantoran yang terdiri dari dua gedung pencakar langit yang identik di daerah Xujiahui Shanghai, Cina. Dirancang oleh Callison Arsitektur, bangunan itu selesai pada 2005 dan saat ini menempati menara kembar ke 4 tertinggi di dunia. Setiap menara memiliki tinggi 262 m dengan total sebanyak 52 lantai.

Grand Gateway (Sumber: www.urbika.com)

5. Bahrain Financial Harbor

Bahrain Financial Harbor (biasa disingkat BFH) adalah pembangunan skala besar proyek komersial di Manama, ibukota Bahrain. Kompleks komersial ini terletak di sebelah Raja Faisal Highway, dekat landmark populer seperti Bahrain World Trade Center, Abraj Al Lulu, Pearl Roundabout dan Bank Nasional Bahrain. Dua menara kembar tertinggi (Komersial Komersial Timur dan Barat) saat ini tercatat sebagai menara tertinggi di Bahrain dengan ketinggian 260 m dengan 54 lantai. (**)

Bahrain Financial Harbor (Sumber: www.servcorp.net)

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, Juli, 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com