bannersss


5 Perguruan Tinggi Dengan Jumlah Siswa Kurang Dari 200 Orang

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Bukan hal yang aneh dan menggelikan lagi apabila jurusan seni rupa yang sepertinya paling jarang diminati calon mahasiswa dari berbagai dunia, termasuk di Amerika Serikat. Dari segi jumlahnya pun bisa sangat mencolok apabila dibandingkan perguruan tinggi ataupun jurusan komunikasi massa, jurnalistik, dan sebagainya. Berikut adalah 5 perguruan tinggi seni rupa dengan jumlah siswa kurang dari 200 orang:

1. Perguruan Tinggi Seni Visual (College of Visual Arts ) – 172 Mahasiswa

College of Visual Arts memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 178 orang. Kampus ini didirikan untuk pertama kali pada tahun 1924, degan menempati lokasi di Saint Paul, Minnesota. Sejak didirikannya, kampus ini memang mengajarkan siswa nilai-nilai pentingnya hubungan antara seni visual dengan seni liberal (bebas). Dari segi pengajaran dan metodenya College of Visual Arts lebih cenderung menitik beratkan pada berbagai jenis seni rupa, seperti seni patung, seni cetak, lukis dan banyak lagi. Kampus ini juga seringkali menekan setiap siswanya untuk lebih berani mengekspresikan dirinya dalam dunia profesional untuk melatih keahlian seninya.

College of Visual Arts (sumber gambar: toptenz.net)

 

2. Perguruan Tinggi Burlington (Burlington College ) – 168 Mahasiswa

Sebuah perguruan tinggi yang terletak di Pesisir Timur, dan hanya mengajarkan mahasiswa semua hal mengenai seni rupa, kegiatan humanitarian (sastra dan lain-lain), dan kemanusiaan lainnya. Suatu waktu kampus ini diberi nama Vermont Institute of Community Involvement, dan telah ada sejak tahun 1972. Satu hal yang menarik mengenai perguruan tinggi ini adalah banyak mahasiswanya yang kemudian pergi ke luar negeri, khususnya negara-negara di Uni Eropa. Dan akhir-akhir ini mereka pun mengadakan kerja sama dengan Perguruan Tinggi University of Havana, untuk bekerja ataupun melakukan pembelajaran di kampus tersebut. Burlington College merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang mendapatkan izin khusus dari Departemen Sejarah Amerika serikat dan mendapatkan persetujuan dari Pemerintahan Kuba, dengan tujuan memanfaatkan kesempatan belajar di University of Havana yang diberikan oleh kedua belah pihak pemerintah

Burlington College (sumber gambar: toptenz.net)

 

3. Akademi Seni Cincinnati – 156 Mahasiswa

Ditemukan pada tahun 1869 dengan nama McMicken School of Design, perguruan tinggi dengan nama Art Academy of Cincinnati adalah satu dari beberapa yang memiliki gengsi tinggi, salah satu yang terkecil, dan sebuah perguruan tinggi seni di Amerika Serikat. Saat ini perguruan tinggi seni ini menawarkan beberapa program studi serta gelar, Bachelor of Fine Arts in Fine Arts (Sarjana Muda Seni, Seni Murni), Bahcelor Fine Art in Communication Arts (Sarjana Muda Seni, Seni Komunikasi), Bachelor Fine Arts in Arts History (Sarjana Muda Seni, Seni Sejarah), dan sebuah Associate of Science in Graphic Design (Asosiasi Ilmu Pengetahuan Dalam Desain Grafis). Beberapa lulusannya telah menjadi seniman ternama, diantaranya James Flora dan Charley Harper. Tujuan utama dari Art Academy of Cincinnati adalah untuk mencetak seniman-seniman handal yang akan mewarnai kehidupan dunia.

Art Academy of Cincinnati (sumber gambar: toptenz.net)

 

4. Perguruan Tinggi Seni Akademi Lyme (Lyme Academy College of Fine Arts) – 151 Mahasiswa

Kecil atau tidak, Lyme Academy College of Fine Arts telah dinobatkan sebagai sebuah “Kampus Terbaik” selama beberapa kali. Sebuah kampus yang berlokasi di Old Lyme, Connecticut, hanya dua jam dari Kota New York dan Boston, dan beberapa mahasiswa mengambil hal ini sebagai sebuah keuntungan, untuk mencari penghasilan tambahan khususnya. Perguruan seni ini sangatlah menarik mereka yang bersungguh-sungguh dalam memelajari seni, seperti melukis, mematung, ataupun desain grafis. Perguruan seni ini sangat dipuja-puja, salah satu oleh Surat Kabar New York Times mereka menuliskan ”…banyak dari pencinta seni di dunia yang percaya bahwa Akademi Lyme  telah memberikan sebuah sumbangan terhadap seni representasional dalam karya renaissans,” demikian terjemahan bebasnya.

Lyme Academy College of Fine Arts  (sumber gambar: toptenz.net)

 

5. Perguruan Tinggi Shimer (Shimer College ) – 81 Mahasiswa
Mereka menamai dirinya dengan “Great Books College of Chicago”, Shimer College merupaka sebuah perguruan tinggi seni yang membuat semua orang di dunia tertarik. Perguruan tinggi ini telah berusia 157 tahun, didirikan oleh Frances Wood Shimer dan Cinderella Gregory. Merupakan sebuah perguruan tinggi seni liberal dan hanya menawarkan tiga bidang studi utama: Pengetahuan Alam, Kemanusiaan, dan Pengetahuan Sosial. Namun berbeda dengan keempat perguruan tinggi sebelumnya, Chimer College lebih memfokuskan pada penelaahan “Buku agung” yang di dalamnya terdapat Kitab Injil, The Illiad, Agamemnon, Oedipus Rex, Paradise lost, Spirit of Laws, dan beberapa lainnya. Diharapkan sebanyak 81 mahasiswanya semuanya menjadi yang terbaik. (**)

Suasana Ruang Kelas (Sumber gambar: wikimedia.org)

 

Shimer College (Sumber gambar: ilgenweb.net)

 

Sumber: toptenz.net, uniknya.com,  Juli 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com