bannersss


5 Bintang Jasa Tertinggi di Militer & Kepolisian

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Artikel ini berkaitan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-66 (17 Agustus 2011) yang diperingati segenap elemen tumpah darah Indonesia pada hari ini. Bagi mereka prajurit-prajurit terbaik TNI dan Kepolisian, sudah semestinya mendapatkan bintang-bintang di bawah ini. Tiap matra, memiliki bintang tertingginya masing-masing. Tapi ada juga bintang yang diberikan secara umum atau lintas matra. Berikut uraiannya:

 

 

1. Bintang Mahaputra

Bintang Mahaputra, adalah bintang penghargaan sipil yang tertinggi, tetapi dikeluarkan dan diberikan sesudah Bintang Republik Indonesia kepada anggota korps militer. Bintang ini diberikan bagi mereka yang berjasa secara luar biasa pada bidang militer pula. Bintang Mahaputra dibagi dalam lima kelas yaitu: Bintang Mahaputra Adipurna, Bintang Mahaputra Adipradana, Bintang Mahaputra Utama,  Bintang Mahaputra Pratama dan Bintang Mahaputra Nararya. Bintang Mahaputra adalah setingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.

 

 

Bintang Mahaputra (Sumber: setneg.go.id)

 

Bintang berwarna putih dengan pinggiran dari emas, bersudut lima dengan ujung berupa sebuah pentol mutiara. Di antara sudut-sudut bintang tampak sebuah berkas sinar yang terdiri dari 17 rangkaian mutiara. Di tengah-tengah bintang terdapat sebuah lingkaran yang diwujudkan oleh setangkai kapas dan setangkai padi yang masing-masing terdiri dari 8 buah bunga kapas dengan daunnya dan 45 buah padi (17-8-1945). Di tengah-tengah lingkaran ini terdapat tulisan “MAHAPUTERA” dari emas terletak pada sinar-sinar emas yang merupakan sebuah bintang bersudut sepuluh di atas dasar merah. Dasar merah di dalam lingkaran dan dasar putih dari bintang berasal dari warna dari Sang Saka.

 

2. Bintang Kartika Eka Paksi

Bintang Kartika Eka Paksi (Sansekerta: burung perkasa tanpa tanding, kartika=bintang; eka=satu; paksi=sayap,burung), adalah tanda penghargaan yang dikeluarkan oleh TNI Angkatan Darat Republik Indonesia untuk anggota korpsnya di bidang militer yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

 

Bintang Kartika Eka Paksi (sumber: blogspot.com)

 

Bintang Kartika Eka Pakci adalah Bintang TNI Angkatan Darat yang dibagi dalam tiga kelas yaitu : Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya.

 

3. Bintang Swa Bhuwana Paksa

Bintang Swa Bhuwana Paksa (Sansekerta: swa=mandiri; bhuwana=kediaman, dunia; paksa=sayap), adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada anggota TNI Angkatan Udara di bidang militer yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok. Bintang Swa Bhuwana Paksa adalah Bintang TNI Angkatan Udara yang dibagi dalam tiga kelas yaitu : Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.

 

Bintang Swa Bhuwana Paksa (Sumber: setneg.go.id)

 

4. Bintang Jalasena

Bintang Jalasena (bahasa Sansekerta: jala=air, laut sena=penguasa), adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota TNI Angkatan Laut Republik Indonesia di bidang militer yang menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

 

Bintang Jalasena (Sumber: setneg.go.id)

 

Bintang Jalasena dibagi dalam tiga kelas yaitu: Bintang Jalasena Utama, Bintang Jalasena Pratama, dan Bintang Jalasena Nararya.

 

5. Bintang Bhayangkara

Bintang Bhayangkara (Sansekerta: bhayangkara=garang, hebat; nama pasukan pengawal elite kerajaan Majapahit), dikeluarkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

 

Bintang Bhayangkara (Sumber: setneg.go.id)

 

Bintang Bhayangkara dibagi dalam tiga kelas yaitu : Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. (**)

 

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, Agustus 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com