bannersss


5 Blogger Bandung Paling Berpengaruh di Dunia Maya

Oleh: Yudha P. Sunandar (Kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Aktivitas Blogger di Bandung menjadi rujukan banyak komunitas di banyak kota di Indonesia. Selain kota ini tempat lahirnya komunitas blogger pertama di Indonesia, cukup banyak juga tokoh-tokoh blogger nasional yang berasal dari Kota Kembang. Memperhatikan keunikan setiap tokohnya, kontribusi terhadap pergerakan komunitas di kota Bandung, dan rutinitas mengisi blog, berikut 5 blogger Bandung paling berpengaruh dalam 5 tahun terakhir:

 

1. Budi Rahardjo

Berbicara tentang blogger Bandung, salah satu yang paling banyak disebut namanya adalah Budi Rahardjo. Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB ini kerap kali memperkenalkan blog kepada mahasiswa dan masyarakat Bandung dalam setiap kesempatannya berbicara di depan publik. Tulisannya pun banyak disukai pembaca. Hingga September 2011, pengunjung blognya telah mencapai 2,7 juta kunjungan. Di situs blogs.indonesiamatters.com pun, blog Budi menempati ranking 3 se-Indonesia. Selain sebagai blogger, Budi Rahardjo juga dikenal sebagai pakar keamanan jaringan komputer dan pendiri PT Insan Infonesia, sebuah perusahaan pengembang dan konsultan perangkat lunak.

 

Budi Rahardjo (Sumber: flickr.com,uniknya.com)

 

2. Diki Andeas

Diki Andeas cukup populer di kalangan blogger dan masyarakat teknologi informasi di Indonesia. Pasalnya, programmer Ruby on Rails ini kerap menghibur masyarakat internet Indonesia dengan komik stripnya yang beralamat di chickenstrip.wordpress.com. Dari kegiatan rutin menggambar Chickenstrip inilah akhirnya Diki ditawari menerbitkan buku “Why Did The Chicken Browse The Social Media?”. Tak hanya itu saja. Blognya mencetak 1 juta lebih kunjungan hingga saat ini. Selain membuat Chickenstrip untuk PC Plus dan Kompas Techno, Diki juga tengah mempersiapkan buku keduanya bersama Si Ayam, tokoh utama dalam Chickenstrip.

 

Diki Andeas (Sumber: flickr.com,uniknya.com)

 

3. Ikhlasul Amal

Blogger Bandung ketiga adalah Ikhlasul Amal yang kerap mempopulerkan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Blognya di direktif.web.id umumnya mengusung wacana dan pengalaman di lingkungan teknologi informasi. Tak hanya media tulis saja, Ikhlasul Amal juga aktif dalam dunia blog foto melalui Flickr.com. Selain aktif di ranah online, Ikhlasul Amal juga kerap aktif di dunia offline. Salah satunya adalah mendorong terwujudnya komunitas BdgFlickr, komunitas fotografi dan pengguna Flickr Bandung. Ikhlasul Amal juga kerap mengikuti kegiatan komunitas Bandung Kota Blogger (Batagor.net) dan Bandung Blog Village (BBV). Keduanya merupakan 2 komunitas blogger terbesar di Kota Kembang.

 

Ikhlasul Amal (sumber: fbcdn.net,uniknya.com)

 

4. Kuncoro Wastuwibowo

Pegawai salah satu perusahaan BUMN di bidang telekomunikasi di Bandung ini kerap mencurahkan ceritanya seputar teknologi informasi di blognya. Blognya pun tidak hanya satu, tetapi lebih dari 7 blog. Hebatnya, semuanya terisi secara rutin. Beberapa blog Kuncoro adalah kun.co.ro, kuncoro.com, kuncoro.wordpress.com, kuncoro.web.id, koen.web.id, kopi.pro, dan koen.cz. Kuncoro juga kerap memberikan pelatihan blog dan menjadikan hal tersebut sebagai program kerja perusahaannya guna meningkatkan interaksi dengan pengguna internet. Sejak 2 tahun ke belakang, Kuncoro pindah ke Jakarta terkait pekerjaannya.

 

(Sumber: daengbattala.com,uniknya.com)

 

5. Herry Constadi

Meskipun pekerjaannya adalah arsitektur, tetapi Herry Constadi punya pengaruh besar dalam pergerakan blogger di Bandung. Pria yang kerap disapa Aki ini salah satu orang penggerak terwujudnya komunitas Bandung Kota Blogger (Batagor.net). Herry juga kerap menginisiasi berbagai gerakan amal yang ditujukan agar blogger Bandung lebih peduli pada sesama yang kekurangan. Hebatnya, meskipun dari usianya telah mencapai 54 tahun, pemilik blog rumahkayubekas.wordpress.com ini sangat menyukai olah raga lari. Hitungannya pun bukan lagi 1 – 2 Kilometer. Namun sudah mencapai puluhan Kilometer. Kini Herry juga aktif di komunitas IndoRunners, komunitas penyuka olah raga berlari.

 

Herry Constadi (Sumber: flickr.com,uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, September 2011

11 Responses to 5 Blogger Bandung Paling Berpengaruh di Dunia Maya

  1. Bookmarking submission seems to be a workable tool. Thus, the bookmarking submissions service became popular by different people. It is because those options lead customers to a website and generate more sales.

  2. Students should not trust every man who says all writing corporations are fraud! You just have to buy college term paper (essaysempire.com) and assure that such services are professional.

  3. Nothing will be able to stop you when are willing to get an A+. Even when you are lack of time for academic papers writing, you will be able to buy an essay and get your goal!

  4. wah ternyata para mastah pada nimbrung di mari, keren semoga saya bisa jadi kaya mereka, hhehe

    salam.

  5. Semoga menjadi Contoh untuk Blogger2 lainnya ya Kang, untuk tetap exist dan tetap semangat agar menjadi Blogger yg Populer seperti Akang2 di atas hehehe… :)

  6. blog ane kapan kyak gitu .hee

  7. Pingback: dering.co.id – 5 Blogger Bandung Paling Berpengaruh di Dunia Maya

  8. Mau lah kenalan ma mreka2….. sapa teu nurun ke aku ilmunya….
    kang numpang buang link yah…
    Always For You dan Peace In Heart dan Fullmoon

  9. wah ternyata blogger idola saya berada di paling atas, budi raharjo. salam blogger pak. hehe

    salam diooda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com