bannersss


5 Gurun Terbesar di Dunia yang Ada di Asia

Oleh: Bintang Mian (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Salah satu keajaiban alam adalah terdapatnya kawasan gurun hampir di seluruh benua. Dengan karakteristik berbeda, gurun menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang dan pengamat untuk menjamahnya. Seperti yang dirangkum uniknya.com tentang gurun yang ada di Asia di bawah ini:

 

1. Gurun Semenanjung Arab

Gurun Semenanjung Arab merupakan yang terluas di kawasan Asia. Tepatnya berada di Asia Barat dengan luas area mencapai 1.000.000 mil persegi atau 2.600.00 km persegi. Dalam areal gurun tersebut ada dua gurun yang dinamakan Gurun An-Nafud dan Rub Al-Khali. Hampir sepanjang tahun gurun ini menjelani musim panas. Atau bahkan bisa dibilang tak pernah mengalami musim dingin. Suhu rata-rata di kawasan Gurun Semenanjung Arab mencapai di atas 45 derajat celcius.

 

Gurun Semenanjung Arab (sumber: arabictranslationservices.org,uniknya.com)

 

2. Gurun Turkestan

Gurun Turkestan memiliki luas 750.000 meter persegi atau 1.900.000 km persegi. Gurun ini membentang luas diantara Negara-negara pecahan Uni Soviet dari Turkmenistan hingga Kirgyztan yang melipuri Kara-Kum dan Kyzylkum. Suhu di kawasan gurun ini terkenal sangat panas hingga di atas 50 derajat celcius. Tanaman khas gurun pun sering kali tidak bisa hidup dengan baik.

 

Gurun Turkestan (Sumber: wordpress.com)

 

3. Gurun Gobi

Gurun yang terkenal dengan pasir bergelombang ini membentang luas di antara China bagian utara hingga daerah perbatasan Mongolia. Dengan luas 500.000 mil persegi atau 1.300.000 km persegi gurun ini memiliki daya tarik tersendiri. Terutama bagi industri perfilman yang kerap kali digunakan shoting film kolosal China.

Gurun Gobi (Sumber: wikipedia.org,uniknya.com)

 

4. Gurun Thar

Membentang luas bagai lautan dari daratan India hingga Pakistan bagian utara. Dengan luas 230.000 mil persegi atau 600.000 km persegi memiliki karakteristik agak lain dari gurun sejenis. Dengan tiupan cukup kencang, Gurun Thar sering kali dilanda badai angina.

 

Gurun Thar (Sumber: wordpress.com)

 

5. Gurun Taklamakan

Selama tujuh bulan di kawasan Gurun Taklamakan akan didatangi musim dingan dan lima bulan mengalami musim panas. Saat musim dingin gurun yang terletak di kawasan Tiongkok ini sangat tidak bersahabat. Hewan di kawasan tersebut sering kali hijrah ke daerah lainnya. Dengan luas 185 mil persegi atau 480.000 km persegi, Gurun Taklamakan termasuk gurun terganas di dunia.

 

 

Gurun Taklamakan (Sumber: beautifulplacestovisit.com)

 

 

Sumber : wikipedia.org, uniknya.com, September 2011.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com