bannersss


5 Stadion Unik Bernuansa Alam

Oleh: Bintang Mian (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Berolahraga di alam terbuka pastilah sangat menyenangkan. Kesan lebih sehat dan alami mungkin yang menjadikan suasana tersebut lebih berbeda. Namun cukup unik juga jika kesan berolahraga di alam terbuka tersebut sebenarnya dilakukan di dalam stadion. Tentu saja semua itu bisa terjadi jika arsitektur stadion memadukan antara modern dan alami. Seperti stadion yang dirangkum uniknya.com di bawah ini. Stadion milik klub profesional ini memang unik karena kental bernuansa alam.

 

1. Braga Stadium (Portugal)

Braga Stadium yang menjadi home base, SC Braga, klub papan atas Liga Portugal merupakan stadion mewah yang dikenal unik lantaran kental nuansa alam dengan terdapatnya batu besar yang menghadap langsung ke stadion. Untuk memindahkan batu besar yang seolah menjadi dinding stadion menelan biaya sebesar 83, 1 juta Euro. Bahkan beberapa orang menganggap stadion ini merupakan stadion terindah di dunia. Braga Stadium juga termasuk yang termahal. Stadion ini dibangun di sebelah lokasi tambang Monte Castro yang menghadap langsung ke Kota Braga. Pembangunannya terinspirasi suku Inca kuno Amerika Selatan.

 

(Sumber: emiratesstadium.info,uniknya.com)

 

2. Gospin Dolac Stadium (Kroasia)

Gospin Dolac merupakan stadion homebase Imotski NK yang dibangun pada tahun 1989 di Imotski. Walaupun hanya berkapasitas 4000 penonton namun stadion ini sangat disukai pecinta sepakbola di Kroasia. Terutama dengan keunikan dinding batu alami yang mengelilingi hampir seperempat stadion.

 

Gospin Dolac Stadium (Kroasia) (Sumber: destinacije.com,uniknya.com)

 

3. Eco Stadium (Brasil)

Penamaan Eco Stadium atau lengkapnya Eco Janguito Malucelli diambil dari Ekosistem. Sesuai dengan namanya ekosistem stadion ini menyatu dengan alam secara langsung. Tidak ada benteng yang terbuat dari beton di Stadion yang terletak di Curitiba, Brasil ini. Kursi penonton langsung ditancapkan di bukit.

 

Eco Stadium (Brasil) (Sumber: worldinteresting.com)

 

4. Balchik Stadium (Bulgaria)

Stadion milik klub divisi dua Liga Bulgaria, FC Chernomorets Balchik. Stadion ini memiliki arsitektur yang buruk untuk tribun penonton berkapasitas 6000 tempat duduk ini. Namun tetap disukai lantaran latar belakang dinding batu alami menambah keindahan stadion ini. Kesan stadion dibangun secara alamiah sangat jelas terlihat.

 

Balchik Stadium (Bulgaria) (Sumber: thisblogrules.com)

 

 

5. Kramyra Stadium (Norwegia)

Stadion milik klub FC Aalesund ini termasuk stadion tua. Pembangunan stadion ini langsung di atas bukit. Bahkan tribun tempat duduk dibiarkan alami dengan ditumbuhi pepohonan. Sayangnya stadion ini sudah tidak lagi dipergunakan setelah pihak manajemen klub membangun stadion baru pada 2005 silam.

 

Kramyra Stadium (Sumber: worldinteresting.com)

 

 

Sumber : Berbagai Sumber, Uniknya.com, September 2011 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com