bannersss


5 Fenomena Alam Aneh yang Belum Terungkap

Oleh : Bintang Mian (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA. COM] Alam tak pernah berhenti meninggalkan fenomena yang sulit atau belum terungkap oleh manusia. Bahkan sudah banyak penelitian dilakukan, namun tidak semua dari penelitian tersebut menemukan jawaban asal muasal terjadinnya fenomena alam itu. Berikut beberapa fenomena alam aneh yang belum terungkap secara ilmiah.

 

  1. Ball Lighting

Bola petir terlihat tidak seperti petir biasa, melainkan berbentuk sebuah bola bercahaya melayang horizontal di udara. Ukuran bola petir yang terjadi bervariasi  mulai sebesar  kacang polong kecil hingga berukuran sebesar bus. Tidak ada teori yang menegaskan terbentuknya sebuah bola api. Namun setidaknya lima persen dari total populasi pernah melihat bola petir di beberapa waktu dan tempat.

 

Ball Lighting (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

  1. Aurora Borealis

Tak diragukan lagi salah satu peristiwa paling indah terjadi di dunia kita, yang sering disebut Aurora Borealis. Fenomena ini juga sering disebut  Northern Lights (cahaya dari utara). Orang yang pertama kali melihatnya akan terkejut dan takjub. Sepertinya kita lebih mudah melihat dan menikmati keindahan fenomena alam tesebut dari pada mencari tahu secara pasti mengapa fenomena itu terjadi.

 

Aurora Borealis (Sumber: top5s.net,uniknya.com)

 

  1. Sprites

Sprites skala besar berenergi-tinggi dan bermuatan listrik yang terjadi di atas awan badai, disebabkan oleh pelepasan petir positif antara badai dan tanah. Sprites melahirkan  berbagai macam bentuk visual yang terang dan tidak biasa. Sprites telah dilaporkan sudah terjadi sejak 1886 tetapi hanya berlangsung selama beberapa milidetik dan sangat langka.

 

Sprites (sumber: top5s.net)

 

  1. Green Flashes

Fenomena ini kadang-kadang terjadi saat matahari terbenam atau terbit. Bagian tepi atas matahari yang akan muncul berwarna hijau terang. Kondisi langit harus bersih tanpa awan. Fenomena ini terlihat berbentuk cahaya dari langit ke bumi. Mungkin berlangsung selama sekitar satu detik. Fenomena ini disebut Green Flash dan ini disebabkan oleh refraksi cahaya tertentu di atmosfer.

 

Green Flashes (sumber: top5s.net)

 

  1. The Taos Hum

The Taos Hum adalah suara berdengung dalam frekuensi rendah antara 30-80Hz yang sering terjadi di kawasan kota kecil Taos, New Mexico. Suara berdengung tersebut dikabarkan seperti disebabkan mesin industri yang mengakibatkan timbulnya suara itu. Namun tidak pernah ada yang menemukan sumber dengunan tersebut hingga saat ini. Joe Mullins dan Jim Kelly dari University of New Mexico mengangkat tentang hal itu kedalam makalah yang mereka susun. Beberapa orang merasa dengugan itu seakan-akan bersumber dari dalam tanah, bukan udara. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para Ilmuwan, termasuk beberapa diantaranya dari Sandia National Laboratories, bahkan tidak dapat menguak misteri sumber dari dengungan.(**)

 

 

The Taos Hum (sumber: top5s.net,uniknya.com)

 

 

Sumber: Dari berbagai, uniknya.com, Oktober 2011

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com