bannersss


5 Sampul Album dan Gibsons (Bagian I)

Oleh: Galih pakuan

[UNIKNYA.COM]: Publik musik mana yang tidak pernah melihat model gitar seperti Gibsons? Sebuah gitar yang dimiliki oleh legenda musik blues, B.B. King (Lucille), John Lee Hooker, dan lain-lain. Gitar yang untuk pertama kalinya di buat pada tahun 1974 di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat, dengan model yang kita kenal sebagai Les Paul. Keunikan karakter dan suara yang dihasilkan membuatnya dicintai oleh para musisi (gitaris), sehingga tak ayal mereka membawanya serta di sampul album mereka. Seperti 5 sampul album berikut ini:

 

1. Bob Marley & The Wailers, Album Live at the Roxy

Direkam pada 26 Mei, 1976, di Roxy, sebuah klab malam di Hollywood, album konser ini menampilkan sosok Bob Marley dengan gitar kesayangannya, Les Paul Special. Sebuah karya seni yang indah, body dan neck terbuat dari usia kayu mahoni berusia matang. Berdasarkan sebuah wawancara ekslusif antara Stephen Marley Bob dan Gibsons.com,  sang ayah menganggap gitarnya sebagai “ Old Faithful.”

 

Bob Marley & The Wailers, Album Live at the Roxy (Sumber: gibson.com)

 

2. ZZ Top, Album ZZ Top’s First Album

Apa yang menjadikannya menarik melainkan sebuah foto sederhana dari Billy Gibbons yang dimanjakan oleh “Pearly Gates” Les Paul, untuk sampul album debut ZZ Top yang diluncurkan pada tahun 1970? Billy memutuskan untuk menggunakan gitar gibson setelah mendengarkan karakter yang dimainkan oleh Eric Clapton saat bermain bersama John Mayall and The Blues Breakers. Gitar Gibbons yang pertama adalah ’58 Flying V yang kemudian beralih ke ’59 Les Paul setelah dikenal oleh publik.

 

ZZ Top, Album ZZ Top’s First Album (Sumber: gibson.com)

 

3. Chuck Berry, Album Is On Top

Tak diragukan lagi kebanyakan sampul album Chuck Berry menampilkan Gibsons ES-335, E-345. Pada album hits dan klasiknya, sampul album menampilkan pose Chuck bersama gitar Gibsons E-335 yang penuh gairah .

 

Chuck Berry, Album Is On Top (Sumber: gibson.com)

 

4. AC/DC,  Album High Voltage

Album yang diluncurkan pada tahun 1976, menampilkan sosok gitaris AC/DC, Angus Young dengan gitar kesayangannya Gibsons SG. Bahkan Angus yang dikenal dengan penampilan yang atraktif dan humoris kemudian menjadi ikon gitar SG.

 

AC/DC, Album High Voltage (Sumber: gibson.com)

 

5. Earl Slick, Album Zig Zag

Terlihat di sampul albumnya, Earl seperti sedang mencandai gitar kesayangannya, Gibsons Leas Paul. Earl baru saja berusia 22 tahun saat David Bowie merekrutnya untuk menggantikan Mick Ronson untuk kembali membangun band The Spider from Mars. Bahkan John Lennnon pun tertarik kepada permainannya, Slick kemudian diminta untuk bergabung dalam penggarapan album Double Fantasy, milik John dan Yoko Ono. (**)

 

Earl Slick, Album Zig Zag (Sumber: gibson.com)

 

Sumber: Gibsons.com, uniknya.com Oktober 2011.

 

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com