bannersss


5 Grup Band Papan Atas Indonesia Asal Bandung

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Kota Bandung memang produktif dalam melahirkan musisi-musisi mumpuni tanah air. Sederet nama besar dalam belantika musik Indonesia, disi oleh mereka band-band asal Bandung. Baik yang bernaung di major label hingga ke Indy label. Berikut uniknya.com, himpun 5 Grup Band papan atas tanah air yang berasal dari Bandung:

 

1. The Changcuters 

The Changcuters merupakan sebuah grup musik asal Bandung, Indonesia. Grup musik yang dibentuk pada tanggal 19 September 2005 ini beranggotakan Mohammad Tria Ramadhani alias Tria (vokalis), Muhammad Iqbal atau Qibil (backing vocal & gitaris), Arlanda Ghazali Langitan atau Alda (gitaris), Dipa Nandastyra Hasibuan atau Dipa (bassis), dan Erick Nindyoastomo alias Erick (drummer). Album pertamanya adalah Mencoba Sukses (2006) dan diikuti album kedua (repackaged) Mencoba Sukses Kembali dirilis pada tahun 2008. Band ini umumnya bergenre rock. mereka menamai aliran musik mereka a’la kita garasi rock n roll Berdirinya band ini diprakarsai oleh Dipa, Tria dan Qibil yang teman sekampus. Mereka pun mengajak

 [spoiler]

The Changcuters (Sumber: wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Gigi 

Gigi adalah nama sebuah grup musik yang berasal dari Bandung, Indonesia yang mengusung jenis musik pop dan rock. Grup Band Gigi resmi dibentuk pada tanggal 22 Maret 1994. Pada awalnya Grup Band ini terdiri atas Armand Maulana (vokalis), Thomas Ramdhan (bassis), Dewa Budjana (gitaris), Ronald Fristianto (drummer) “EVO Band” , dan Baron Arafat “Baron Soulmate” (gitaris). Nama “Gigi” sendiri muncul setelah para personilnya tertawa lebar mengomentari nama “Orang Utan” yang nyaris dijadikan nama band ini. Dengan latar belakang musik yang beda-beda, mereka menggabungkannya ke dalam satu musik yang menjadi ciri khas Gigi.

 

[spoiler]

Gigi (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Kahitna

Kahitna, grup musik asal Bandung, Indonesia, dibentuk pada tanggal 24 Juni 1986 dan dimotori oleh Yovie Widianto (kibor). Walaupun kerap mengusung tema cinta dalam liriknya, Kahitna terkenal bisa memadukan unsur musik jazz, pop, fusion, latin dan bahkan etnik ke dalam bentuk ramuan yang memikat. Grup musik yang mulai merajut kariernya lewat panggung festival dan cafe ini diakui mempunyai kekuatan pada aransemen musiknya yang terbilang orisinil.

 

[spoiler]

Kahitna (Sumber: tripod.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. ST 12

ST 12 didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 2004. Grup ini didirikan oleh Ilham Febry alias Pepep (drum), Dedy Sudrajat alias Pepeng (gitar), Muhammad Charly van Houten alias Charly (vokalis), dan Iman Rush (gitaris). Nama ST 12 sendiri merupakan kependekan dari Jl. Stasiun Timur No. 12 yang merupakan markas berkumpulnya band ini. Sampai saat ini ST 12 telah menghasilkan 5 album musik. Pada 13 Oktober 2011, Pepeng keluar dari ST12 setelah menyusul Charly.

 

[spoiler]

St 12 (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Peterpan

Peterpan adalah sebuah band beraliran poprock dari Bandung, Indonesia. Band ini dibentuk pada tahun 1997 dan terkenal berkat lagu-lagunya “Ada Apa Denganmu”, “Topeng”, dan “Kukatakan Dengan Indah”. Pada awalnya kelompok Peterpan terdiri dari Ariel, Uki, Loekman, Reza, Andika, dan Indra. Namun di bulan November 2006, dua anggotanya, Andika dan Indra dipecat dari grup musik tersebut. Perpecahan ini dipicu adanya perbedaan prinsip kreativitas. Peterpan kini memasuki tahap vakum, setelah vokalisnya Ariel terjerat kasus video asusila yang melibatkan dirinya dengan beberapa wanita.

 

[spoiler]

Peterpan (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

Cokelat

Cokelat adalah nama Grup musik asal Bandung, Indonesia. Grup musik ini memilih nama ”Cokelat” karena mereka ingin musik yang mereka suguhkan bisa dinikmati oleh semua kalangan, seperti halnya makanan cokelat. Cokelat berdiri pada tanggal 25 Juni 1996, dan sampai saat ini masih aktif dalam mewarnai panggung blantika musik Indonesia. Setelah vokalis pertama Kikan berpisah dengan Cokelat, Cokelat mengumumkan personil barunya yaitu Sarah Hadju, finalis Indonesian Idol Musim Keempat.(**)

 

[spoiler]

Cokelat (Sumber: lovelytoday.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, November 2011

3 Responses to 5 Grup Band Papan Atas Indonesia Asal Bandung

  1. Pingback: 5 Grup Band Papan Atas Indonesia Asal Bandung | www.uniknya.com- Typhoon Pepeng

  2. bagas radityo

    kok DEWA dan atau artis RCM gak masuk gan????
    jadi papan bawah dong…
    padahal dewa 19 band tua generasi sejanjutnya setelah slank sebelum band lain bermunculan

    • Ilham Santoso

      Terima kasih atas perhatiannya, Gan. Kalo gak salah Dewa 19 itu asalnya dari Surabaya, ya. Ditunggu kunjungannya lagi, Gan. Salam uniknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com