bannersss


5 Jalan yang Unik di Dunia

Oleh : Triasterina Lastanti (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Sebagaimana pentingnya suatu landmark kota ataupun gedung yang terkenal, tidak akan berarti bila tidak mempunyai identitas jalan. Bagaimanapun, nama jalan sangat memegang peranan penting dari identitas sebuah kota, di seluruh dunia. Untuk segala keunikan dari sebuah jalan di dunia, uniknya.com merangkum itu dalam 5 jalan yang unik di dunia :

 

1. Ebeneze Place, Jalan terpendek di dunia

Ebenezer Place, di Wick, Caithness, Skotlandia, tercatat di Guinness Book of Records sebagai jalan terpendek di dunia. Dengan panjang 2,06 m jalan ini mengalahkan rekor sebelumnya pada tahun 2006 dimana dipegang oleh  Elgin Street, Bacup, Lancashire dengan panjang jalan 5,2 meter. Jalan hanya memiliki satu alamat: pintu depan No 1 Bistro, yang merupakan bagian dari Hotel Mackays.

 

Ebeneze Place (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

 

Jalan dibuat pada tahun 1883, ketika Ebenezer Place dibangun, pemilik bangunan menginstruksikan untuk membuat nama di sisi terpendek hotel. Secara resmi dinyatakan sebagai jalan pada tahun 1887. Tak mungkin tersesat bila mencari alamat atas nama jalan atau No.1 Bistro, anda pasti akan menemukannya seketika.

 

2. Spreuerhofstraße, jalan tersempit di dunia

Spreuerhofstraße adalah jalan tersempit di dunia, dapat dijumpai di kota Reutlingen, Baden-Württemberg, Jerman. Jalan ini mempunyai lebar 31 cm pada bagian yang tersempit sampai 50 cm  pada  bagian terlebar.

 

Spreuerhofstraße (Sumber: tourismontheedge.com,uniknya.com)

 

Jalur ini dibangun pada tahun 1727 selama upaya rekonstruksi setelah daerah tersebut luluh lantak karena kebakaran besar kota. Pada tahun 1726 jalan ini resmi terdaftar di Kantor Pertanahan sebagai City Street Number 77.

 

3. Judge Harry Pregerson, jalan simpang susun terumit di dunia.

Jalan simpang susun Judge Harry Pregerson terletak di Los Angeles, California dan merupakan simpang susun paling rumit di dunia. Simpang susun ini terdiri dari beberapa susun jembatan (susun atas) yang membuat jaringan jalanan ini makin rumit pada saat macet atau lengang. Tidak hanya jalan akses untuk kendaraan pribadi, simpang susun ini pun dilewati oleh beberapa transportasi publik yang memudahkan untuk warga mengakses kemudahan (terutama dalam soal kecepatan waktu tempuh) dari jalan ini. Diresmikan pada tahun 1993, dengan 4 tingkat simpang susun pertukaran dilengkapi jalur akses terbatas digunakan untuk kendaraan yang membutuhkan peristirahatan.

 

Judge Harry Pregerson (sumber: desktopwallpapers.ru,uniknya.com)

 

4. 9 de Julio Avenue, jalan terlebar di dunia

Buenos Aires, Argentina, mempunyai jalan terluas di dunia. Lebarnya lebih dari 300 kaki (kurang lebih 95 meter), 9 de Julio Avenue ini menempati celah seluruh blok pada peta kota, karena lebarnya yang luar biasa. Menyeberangi jalan ini pada situasi apapun membutuhkan waktu beberapa menit, dikarenakan setiap persimpangan memiliki lampu lalu lintas. Dalam kecepatan berjalan normal, pejalan kaki akan melewati  2-3 lampu hijau untuk menyeberangi dua belas jalur lalu lintas.

 

(Sumber: igougo.com,uniknya.com)

 

5. Baldwin Street, jalan tercuram di dunia

Baldwin Street terletak di pinggiran kota Dunedin bagian selatan di Selandia Baru, tercatat sebagai jalan tertajam di dunia. Jalan ini terletak di pinggiran Utara East Valley, 3,5 kilometer (2,2 mil) timur laut dari pusat kota Dunedin. Sebuah jalan lurus dengan panjang 350 meter (1.150 kaki), Baldwin Street, terbentang dari lembah Creek Lindsay ke sisi Signal Hill menuju Opoho, dengan tinggi terendah  30 m (98 kaki) di atas permukaan laut di persimpangan Road North sampai mencapai angka ketinggian 100 m (330 kaki) di atas permukaan laut menciptakan sebuah kemiringan rata-rata sedikit lebih dari 1:5.

 

Baldwin Street (sumber: funonthenet.in,uniknya.com)

 

 

Sumber : Theworldgeography, 2011, uniknya, 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com