5 Lokasi Utama dalam Ibadah Haji

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: “Labbaika Allahumma labbaika, Labbaika la syarika laka labbaika, Innal hamda wanni’mata laka wal mulka, laa syarika laka.” Demikianlah takbir yang dipanjatkan jutaan manusia dari berbagai penjuru dunia. Mereka berduyun-duyun memenat menuju Baitullah, memenuhi panggilanNya, menjalankan rukun Islam yang kelima, yaitu berhaji. Ber-Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, salat, zakat dan puasa. Berikut uniknya.com himpun, 5 lokasi utama dalam beribadah haji yang wajib dikunjungi para calon Haji:

 

1. Makkah Al Mukaromah

Di kota inilah berdiri pusat ibadah umat Islam sedunia, Ka’bah, yang berada di pusat Masjidil Haram. Dalam ritual haji, Makkah menjadi tempat pembuka dan penutup ibadah ini ketika jamaah diwajibkan melaksanakan niat dan thawaf haji. Sebelum 8 Zulhijah, umat Islam dari seluruh dunia mulai berbondong untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjid Al Haram, Makkah.

 

Makkah Al Mukaromah (Sumber: blogspot.com)

 

2. Mina

Pada pagi 8 Zulhijah, semua umat Islam memakai pakaian Ihram (dua lembar kain tanpa jahitan sebagai pakaian haji), kemudian berniat haji, dan membaca bacaan Talbiyah. Jamaah kemudian berangkat menuju Mina, sehingga malam harinya semua jamaah haji harus bermalam di Mina. Mina  merupakan tempat berdirinya tugu jumrah, yaitu tempat pelaksanaan kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Dimasing-maising tempat itu berdiri tugu yang digunakan untuk pelaksanaan: Jumrah AqabahJumrah Ula, dan Jumrah Wustha. Di tempat ini jamaah juga diwajibkan untuk menginap satu malam.

 

Lempar Jumrah(sumber: blogspot.com)

 

3. Arafah

Kota di sebelah timur Makkah ini juga dikenal sebagai tempat pusatnya haji, yiatu tempat wukuf dilaksanakan. Pada 9 Zulhijah pagi, semua jamaah haji pergi ke tempat ini. Kemudian jamaah melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang. Ketika malam datang, jamaah segera menuju dan bermalam Muzdalifah. Daerah berbentuk padang luas ini adalah tempat berkumpulnya sekitar dua juta jamaah haji dari seluruh dunia. Di luar musim haji, daerah ini tidak dipakai.

 

Arafah (Sumber: wordpress.com,uniknya.com)

 

4. Muzdalifah

Tempat di dekat Mina dan Arafah, dikenal sebagai tempat jamaah haji melakukan Mabit (Bermalam) dan mengumpulkan bebatuan untuk melaksanakan ibadah jumrah di Mina.

 

Muzdalifah(Sumber: blogspot.com)

 

5. Madinah

Adalah kota suci kedua umat Islam. Di tempat inilah panutan umat Islam, Nabi Muhammad SAW dimakamkan di Masjid Nabawi. Tempat ini sebenarnya tidak masuk ke dalam ritual ibadah haji, namun jamaah haji dari seluruh dunia biasanya menyempatkan diri berkunjung ke kota yang letaknya kurang lebih 330 km utara Makkah ini untuk berziarah dan melaksanakan salat di masjidnya Nabi.(**)

 

Madinah (Sumber: belajarislam.com,uniknya.com)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, November 2011

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com