bannersss


5 Wanita Paling Berperan di Media Massa Dunia (Bagian I)

Oleh: Eris Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Media massa tentu saja memiliki tugas menginformasikan berita. Namun keberadaan orang di balik layar juga sangat menarik dikupas karena mereka-lah yang sangat mempengaruhi khalayak. Sejumlah wanita di bawah ini dipandang  mampu memberikan pengaruhnya melalui pesan yang disampaikan. Seperti dirangkum uniknya.com, inilah daftarnya:

 

1. Oprah Winfrey (Ratu talkshow) 

Oprah merupakan seorang selebritis sekaligus pengusaha Amerika Serikat yang namanya mulai melambung setelah membawakan acara talkhow-nya, The Oprah Winfrey Show. Awalnya dia membawakan acara teve di Baltimore dengan nama  People Are Talking. Di tahun 1986, Oprah mulai membawakan acara talkshow yang sama dengan namanya sendiri. The Oprah Winfrey Show kemudian  meraih sukses dengan ditonton 48 juta pemirsa setiap minggunya di Amerika Serikat serta  disiarkan di 126 negara di dunia.

 

[spoiler]

Oprah Winfrey (Sumber: ten.com.au)

[/spoiler]

 

2.  Helen Boaden (Direktur BBC News Group)

Dia adalah seorang direktur BBC News. Boaden mengontrol berita lokal juga beberapa program seperti Newsnight dan Panorama. Karier jurnalisnya dimulai di sebuah radio di New York tahun 1979. Tahun 1983 dia kemudian bergabung dengan BBC Radio.

 

[spoiler]

Helen Boaden (Sumber: york.ac.uk)

[/spoiler]

 

3. Jill Abramson (Executive editor New York Times) 

Jill Abramson mulai menjadi eksekutif editor sejak September 2011. Jill sebelumnya adalah  reporter di majalah Time dan The American Lawyer. Dia juga pernah bekerja di The Wall Street Journal, sebelum akhirnya pindah ke New York Times tahun 1997.

 

[spoiler]

Jill Abramson (Sumber: nymag.com)

[/spoiler]

 

4. Ann Curry (Presenter NBC Today) 

Ann adalah wartawan berita NBC. Dia juga menjadi presenter acara Today yang disiarkan NBC sejak Maret 1997. Kariernya dimulai tahun 1978 sebagai karyawan magang di NBC, sekaligus  menjadi reporter wanita pertama.

 

[spoiler]

Ann Curry (Sumber: wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Diane Sawyer (Presenter World News) 

Diane Sawyer adalah wartawan televisi Amerika Serikat dari televisi ABC. Sejak Desember 2009, dia menjadi news anchor untuk acara Word News dan Good Morning Amerika.  (**)

 

[spoiler]

Diane Sawyer (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: therichest.org, uniknya.com, November 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com