bannersss


5 Drama Musikal Indonesia di Tahun 2011

Oleh : Triasterina Lastanti (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA] : Ada tren pertunjukan di tahun 2011 ini, sebuah cerita yang dikemas sebagai drama musikal. Mungkin para penonton memang mendambakan pertunjukan yang melibatkan seni peran, seni artistik panggung dan seni suara yang dipadu ke dalam sebuah  harmonisasi yang menghibur. Buktinya, drama musikal mampu mencuri hati penonton berbagai usia dan gender. Dan hal ini juga yang menyebabkan banyaknya kemunculan drama musikal di tahun ini. Di penghujung tahun 2011, uniknya.com mempersembahkan 5 drama musikal Indonesia yang digelar sepanjang tahun 2011.

 

1. Gita Cinta

Para remaja di tahun 80’an pasti mengenal kisah cinta Galih dan Ratna melalui novel Gita Cinta Dari SMA karya Eddy D Iskandar. Begitu fenomenalnya novel ini, pada dekade yang sama novel ini pun diangkat ke layar lebar. Sama dengan novelnya, film ini pun meraih kesuksesan. Gita Cinta menceritakan tentang romansa Galih dan Ratna yang menemui rintangan, tidak direstui hubungannya.

 

[spoiler]

Gita Cinta (sumber: jcc.co.id,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Untuk mengingatkan tentang kisah ini, pada tanggal 20-21 Maret 2011 Performing Art Production mengangkat kembali kisah ini lewat pertunjukkan drama musikal. Diproduseri oleh Sulung Landung dan Arie Tulang sebagai Show Director, drama musikal ini dimeriahkan oleh artis ibu kota seperti Surya Saputra, Cynthia Lamusu, Indra Bekti, Kikan, Tike Priyatnakusuma, Sita Nurshanti, Uchie Nurul dan Judika. Tentunya drama musikal ini penuh dengan nyanyian, Dian HP selaku Music Director membawakan aransemen lagu lama dari film yang lalu dan lagu baru.

 

2. Jakarta Love Riot

Komedi musikal Jakarta Love Riot mengangkat cerita tentang sepasang remaja dari status sosial yang berbeda, saling jatuh cinta tapi menyulut kerusuhan di dua lingkungan yang berbeda karena permasalahan citra. Dipentaskan oleh EKI Dance Company, sebuah wadah orang kreatif yang berdiri dari tahun 1996, tak hanya liukan para penari yang berasal dari EKI tetapi juga diwarnai oleh artis ibukota seperti Sarah Sechan, Arie Dagink, Uli Herdiansyah, Bayu Octora dan Ira Duaty.

 

[spoiler]

Jakarta Love Riot (Sumber:ompas.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Jakarta Love riot ini pernah dipentaskan sebelumnya di tahun 2010 dan karena permintaan dari banyak orang, drama musikal ini dipentaskan kembali pada tanggal 23 – 27 Fberuari 2011 kemarin dan masih mendatangkan banyak penonton yang penasaran dengan pertunjukan tersebut.

 

3. Laskar Pelangi

Sama seperti Gita Cinta, drama musikal Laskar Pelangi pun mencoba melanjutkan kesuksesan novel dan film adaptasinya. Novel ini karya Andrea Hirata yang pernah menjadi Best Seller pada tahun terbitnya. Tak hanya itu, filmnya pun meraup banyak kesuksesan baik di dalam dan luar negeri. Dan untuk melanjutkan kesuksesannya, Riri Reza menyutradarainya kembali dalam bentuk drama musikal, dibantu oleh Erwin Gutawa sebagi penata musik dan komposer, Mira Lesmana sebagai penulis naskah & lirik lagu, Jay Subyakto sebagai Pengarah Desain Artistik, Koreografi oleh Hartati,dan sebagai produser adalah Toto Arto & Mira Lesmana.

 

[spoiler]

Laskar Pelangi (Sumber: ibudibjo.com,uniknya.com)


[/spoiler]

 

Tak hanya diperankan oleh anak-anak kecil yang berbakat, drama musikal ini pun diperankan oleh penyanyi ibukota seperti Dira Sugandi, Eka Deli dan Lucia Palupi. Drama musikal Laskar Pelangi tersebut dipentaskan bertepatan dengan hari libur anak-nak sekolah, yaitu tanggal 1-11 Juli 2011. Dan seperti filmnya, drama musikal ini sukses membawa kebahagiaan terutama untuk anak-anak di masa liburannya.

 

4. Ali Topan

Setelah sukses mementaskan Gita Cinta, ArtSwara lalu mengangkat kisah dari film yang terkenal pada tahun 70an, yaitu Ali Topan Anak Jalanan. Dengan judul Ali Topan, ArtSwara ingin mengenang kembali kejayaan kisah tersebut lewat pertunjukan drama musikal. Diproduseri oleh Maera Arifin Panigoro bersama komposer, Dian HP dan koreografer Ari Tulang drama musikalini berhasil menjadi perhatian para penggemar teater/tarik suara pada tanggal 11-17 April 2011.

 

[spoiler]

Ali Topan (Sumber: pikiran-rakyat.com,uniknya.com)


[/spoiler]

 

Sebagai pemeran Ali Topan dan Anna Karenina, Dendy vokalis band Mike’s Apartemen dan mantan vokalis Cokelat, Kikan dipercaya untuk ambil bagian sebagai pemeran utama Ali Topan. Alur dan situasi pun disinergikan dengan apa yang sedang terjadi di masa kini, sebuah kisah lama dengan selipan kejadian-kejadian kini dan pesan moral.

 

5. Sangkala 9/10

Drama musikal Sangkala 9/10 yang diproduseri Maudy Koesnaedi dan digarap oleh sutradara Adjie NA dan Oleg Sanca Bachtiar sebagai penata artistik. Diperankan oleh para alumni abang none Jakarta (IANTA), Sangkala 9/10 ini menceritakan sejarah Jakarta saat pendudukan VOC. Cerita ini lebih memfokuskan kekejaman VOC pada etnis Tionghoa yang dirasa menghambat monopoli dagang yang dilakoni oleh VOC, lewat kaum pribumi. Terjadi kisah yang sangat menunjukkan keanekaragaman dimana pribumi membantu salah satu temannya yang beretnis Tionghoa.

 

[spoiler]

Sangkala 9/10 (Sumber:areamagz.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sangkala dapat diartikan seperti marabahaya atau diartikan sang kala atau sang waktu. Angka 9/10 menandakan tanggal dimana pembataian etnis Tionghoa ini berlangsung, 9 Oktober 1740. Sangkala adalah pementasan cerita ketiga yang pernah digelar oleh IANTA. Drama musikal ini dibuat karena IANTA melihat ada tren drama musikal di tahun ini, dan ini yang dijadikan bukti kuat untuk membuat perubahan dari dua cerita sebelumnya. Sangkala 9/10 digelar 6-8 Mei 2011.

 

Sumber : Dari berbagai sumber, Uniknya.com,  2011

 

  • http://blogcunayz.blogspot.com BLOGCUNAYZ

    kren gan,….

  • http://www.icahbanjarmasin.com ICAH BANJARMASIN

    Mantef banget kamu pilih posting sob..aku suka banget nih..maju truzzzzzzz sobbbb.

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com