bannersss


5 Toko Buku Terunik di Dunia

Oleh: Imonika Hansputri (kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Buku adalah jendela dunia, karena dengan membaca buku kita seolah bisa berpetualang ke berbagai tempat menakjubkan tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita. Buku juga merupakan salah satu tolak ukur kecerdasan suatu bangsa. Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang kuat budaya membacanya. Sehingga salah satu cara untuk membangun budaya membaca adalah dengan membiasakan membeli buku daripada membeli mainan sejak kanak-kanak. Dengan begitu diharapkan kesukaan membaca buku bisa terus terbawa hingga dewasa. Berikut ini uniknya.com menyajikan daftar lima toko buku terunik di dunia yang sangat menakjubkan:

 

1.       Shakespeare & Company – Perancis

Toko buku “Shakespeare & Company” berlokasi di Paris, Perancis. Toko buku ini didirikan pada tahun 1919 oleh Sylvia Beach. Baru setahun berdiri, toko buku ini langsung menarik perhatian masyarakat dan menjadi favorit banyak orang, khususnya oleh para penulis. Penulis dan seniman dari “Generasi Yang Hilang” seperti Ezra Pound, Ernest Hemingway, Scott Fitzgerald, George Antheil,, Man Ray, William S Burroughs, James Joyce dan Ford Madox kerap menjadikan toko buku ini sebagai ‘markas’ mereka untuk menulis, sekedar membaca buku, maupun berdiskusi. Toko buku ini juga dikenal sebagai rujukan terbaik dunia dalam buku-buku di bidang sastra yang berbahasa Inggris.

 

[spoiler]

Shakespeare & Company (sumber: tumblr.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

 

2.       Livraria Lello – Portugal

Toko buku “Livraria Lello” yang terdapat di Portugal ini merupakan toko buku yang sangat tua. Toko buku ini telah berdiri sejak tahun 1881. Keunikan toko buku ini yaitu di tengah bangunannya terdapat tangga kayu  megah yang menjulur kokoh ke lantai atas dan bercabang-cabang ke seluruh bagian ruangan. Para pecinta buku Eropa banyak yang menjuluki tangga megah itu sebagai  “tangga menuju surga”. Arsitektur toko buku yang menakjubkan ini dirancang  oleh seorang arsitek terkenal bernama  Xavier Esteves. Livraria Lello merupakan toko buku terindah di Portugal dan masuk dalam daftar toko  buku terindah di dunia.

 

[spoiler]

Livraria Lello (Sumber: curledupwithabook.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

 

3.       El Ateneo – Argentina

Toko buku “El Ateneo” berada di Ibu Kota Argentina, Buenos Aires. Awalnya, toko buku ini merupakan sebuah teater megah bernama ‘Gran Teatro Splandid’ yang dibuka pertama kali pada Mei 1919. Langit-langit megah yang memayungi gedung ini dibangun oleh seniman terkenal asal Italia bernama Nazareno Ornaldi, sedangkan pilar-pilarnya yang kokoh dan arstistik adalah hasil garapan seniman tersohor bernama Troiano Troiani. Baru pada tahun 2000, teater seluas 2000 m ini diubah fungsinya menjadi toko buku dengan sedikit renovasi di bawah arahan arsitek terkenal bernama Fernando Manzone. Pada tahun 2007, tercatat lebih 700.000 buku telah terjual di sana dengan pengunjung lebih dari satu juta orang pertahun. Pada tahun 2008, sebuah majalah terkenal Inggris bernama Guardian mencamtumkan El Ateneo sebagai salah satu dari sepuluh toko buku terbaik dunia.

 

[spoiler]

El Ateneo (Sumber: travelhouseuk.co.uk,uniknya.com)

[/spoiler]

 

 

4. Boekhandel Selexyz Dominicanen – Belanda

 Toko buku bernama  “Boekhandel Selexyz Dominicanen” ini terdapat di negeri kincir angin, Belanda. Toko buku ini awalnya adalah sebuah Gereja tua berusia kurang lebih 8 abad yang disulap menjadi sebuah toko buku. Ketika diubah fungsinya menjadi toko buku, arsitektur bangunan ini tetap dipertahankan dan hanya diberi sedikit tambahan unsur modern di beberapa sudut ruangannya. Oleh karena, jika Anda berkunjung ke sana, Anda tak hanya akan menikmati buku-buku lengkap dan berkualitas tapi juga arsitektur Gereja kuno yang kaya akan nilai-nilai sejarah, religiusitas dan keindahan.

 

[spoiler]

Boekhandel Selexyz Dominicanen (sumber: wordpress.com, uniknya.com)

[/spoiler]

 

 

5. Cafebreria El Pendulo – Meksiko

Tidak banyak yang tahu jika di Meksiko terdapat sebuah toko buku bernama “Cafebreria El Pendulo” yang unik dan menakjubkan. Toko buku yang terletak di Av Nuevo León 115 Condesa ini interiornya dipenuhi hiasan bunga dan berbagai macam tanaman yang indah. Masyarakat Mexico City sangat beruntung karena memiliki toko buku yang nyaman dan sejuk ini. informasi lengkap tentang tempat ini bisa Anda dapatkan di sebuah situs berbahasa Meksiko, www.pendulo.com. Tak perlu pergi ke taman atau ke daerah pegunungan yang sejuk untuk membaca buku dengan suasana nyaman, cukup datang ke toko buku ini saja. Selamat membaca, Amigos! (**)

 

[spoiler]

Cafebreria El Pendulo (sumber: 11870.com,uniknya.com)

[/spoiler]

Sumber: mizan.com, uniknya.com, Desember 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com