5 Buah Langka yang Enak di Indonesia

Oleh: Imamal Hakim (Kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM]: Beragam jenis buah-buahan di Indonesia ini yang rasanya enak ataupun manis, asam, dan lain lain. Tetapi ada beberapa buah-buahan langka yang saat ini jarang kita temui karena namanya atau rasanya kurang tenar dibanding buah-buahan lainnya. Buah-buah langka ini juga tidak kalah rasanya dengan buah-buahan lainnya. Buah-buah langka ini juga hanya tersebar di beberapa pulau saja di Indonesia seperti di Kalimantan, Bangka Belitung, dan lainnya. Beberapa buah ini juga mirip dengan buah lainnya yang lebih terkenal mirip bentuk ataupun rasanya. Berikut uniknya.com merangkum 5 buah langka yang enak di Indonesia:

 

1. Cempedak

 

[spoiler]

Cempedak (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

“Cempedak Berbuah Nangka,” sebagian pepatah sering menggunakan bahasa itu, namun apakah Cempedak itu sendiri? Banyak dari kita orang Indonesia tidak mengetahui itu, Cempedak adalah nama buah yang mirip dengan Nangka namun rasa, batang, dan musim buahnya berbeda. Kalau Cempedak rasanya lebih manis dari nangka, kalau dari batang, Cempedak mempunyai getah yang lebih cair dibandingkan Nangka.

Daunnya pun memiliki bulu-buluputih yang tipis kalau Nangka daunnya tidak ada bulu-bulu tipis, nah kalau dari segi musim, Cempedak hanya berbuah satu tahun sekali.Cempedak juga cara mengambil isinya beda dari nangka yang agak rumit. Mengambil isi Cempedak tinggal diiris dari atas kebawah kulitnya lalu tarik aja ke atas puluknya (tengah dari buah yang lengket pada buah) maka secara otomatis isinya ikut terangkat semua, tinggal Cempedak dapat dibuat bermacam-macam makanan, dari manisan Cempedak, gorengan Cempedak (seperti pisang goreng namun isinya bukan pisang tapi cempedak), bahkan langsung dimakan seperti Nangka juga enak. Cempedak ini kalau di daerah Indonesia banyak tumbuh di daerah Sumatra, seperti Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Pulau Bangka, dan Pulau Belitung.

 

2. Buah Rukem

 

[spoiler]

Buah Rukem (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Rukam atau Rukem adalah nama pohon penghasil buah yang konon merupakan tanaman asli Indonesia. Pohon Rukam yang dalam bahasa latin disebut Flacourtiarukam yang mulai langka di Indonesia memiliki tata cara unik bagi yang ingin makan buahnya. Buah Rukam harus dipijit-pijit dulu sebelum dimakan untuk menghilangkan rasa sepat buah langka ini.Pohon dan buah Rukam di beberapa daerah di Indonesia disebut juga sebagai Rukem, GandaRukem, Gerendang (Jawa), klangtatahkutang (Kalimantan). Dalam bahasa Inggris buah Rukan atau Rukemini disebut Indian Prune. Di beberapa negara lain, beberapa nama diberikan seperti; Rukam (Filipina), Ta Khop Thai (Thailand), RukamManis, Rukam Gajah, Rukem (Malaysia), JawaRukamu (Jepang). Sedangkan dalam bahasa Latin tanaman langka ini disebut sebagai Flacourtiarukam atau juga Flacourtiaeuphlebia. BuahRukem, hidup di dataran daerah Sumatra, Pulau Bangka, Pulau Belitung, dengan pohon yang berduri, dan dengan rasa yang manis. Namun apabila masih mentah dan berwarna hijau maka rasanya sepet sekali. Buah ini biasanya diasin atau pun dimakan mentah.

 

3. Buah Rambai

 

[spoiler]

Buah Rambai (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Rambai adalah sejenis buah yang bentuknya seperti duku dengan berbagai campuran rasa manis, kecut, dan segar? Jenis buah ini rata-rata bentuknya seperti buah duku.Warnanya pun hampir sama. Bentuk fisik mirip dengan duku dengan rasa manis kecut dan segar. Tapi khusus buah rambe selain nama buah-buahan juga dijadikan sebuah Marga suku Batak yaitu marga Rambe, yang berasal dari daerah Tapanuli, Sumatera Utara, tepatnya di daerah Pakkat, daerah Toba. Pakkat adalah Tano/Tanah Rambe bagi marga Batak yaitu Marga Rambe. Anehnya di daerah ini buah rambe ada yang berwarna merah seperti merahnya buah anggur.Padahal biasanya warna buah rambe adalah berwarna seperti buah duku, baik bentuk maupun besarannya.

 

4. Buah Kemunting atau Kerakduduk

 

[spoiler]

Buah Kemunting atau Kerakduduk (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Hidup di daerah yang berpasir berbuah tidak mengenal musim, buah ini rasanya manis dan enak. Secara fisik buah ini kecil-kecil sekitar sejempol orang dewasa, namun buah ini sangat banyak buahnya dalam tiap satu batang. Pohonnya relatif kecil paling besar sebesar kaki orang dewasa, itu pun jarang kebanyakan hanya sebesar jempolan orang dewasa aja.Buah ini banyak terdapat di daerah pasiran Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Warnanya hijau ketika masih muda lalu berubah menjadi merah dan ungu ketika buahnya sudah masak.Isi buahnya juga ungu dan berbiji banyak (menyerupai jambu biji) namunkecil-kecil karena buahnya hanya sebesar ibu jari. Buah ini pun tidak mengenal musim hingga dapat dijumpai kapanpun. Rasanyamanis.

 

5. Buah Rumbia

 

[spoiler]

Buah Rumbia (sumber :tradebit.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kalau Buah Rumbia banyak terdapat di Indonesia, karena Rumbia adalah buah pohon sagu. Buah ini rasanya manis-manis sepet. Biasanya diasinkan dulu untuk menghilangkan rasa sepetnya. Namun sepetnya buahRumbia ini tidak sebanding dengan sepetnya buah Rukem yang mentah. Jadi kalau langsung dimakan biasa nggak masalah.Pohon palma yang merumpun, dengan akar rimpang yang panjang dan bercabang-cabang; tinggi tajuk 10 m atau lebih dan diameter batang mencapai 60 cm. Daun-daun besar, majemuk menyirip, panjang hingga 7 m, dengan panjang anak daun lk. 1.5 m; bertangkai panjang dan berpelepah.Sebagaimana gebang, rumbia berbunga dan berbuahsekali (monocarpic) dan sudah itu mati. Karangan bunga bentuk tongkol, panjang hingga 5 m. Berumah satu (monoesis), bunga rumbia berbau kurangenak. (**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Januari 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com