5 Mahluk Seram Dalam Cerita Rakyat Dunia

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Mahluk seram yang jahat, dalam bahasa Inggris dikenal bogeymen, adalah sosok hantu menyerupai monster yang ditakuti oleh anak-anak seluruh dunia. Tentu saja setiap negara, daerah, dan wilayah memiliki nama berbeda dengan tampilan yang berbeda pula. Sosok bogeymen ini dihidupkan melalui budaya tutur, seperti cerita rakyat, legenda kota/daerah (urban legend), dan mitos, fungsinya sebagai sosok antagonis, dengan berbagai perangainya yang negatif. Berikut uniknya.com merangkum 5 bogeymen yang hidup dalam budaya tutur masyarakat dunia:

 

1. Korea.

 

[spoiler]

Ilustrasi (Sumber:hancinema.net)

[/spoiler]

 

Di Korea sosok bogeymen ini dikenal dengan nama Kotgahm, sebuah kata yang apabila dialih bahasakan berarti buah kesemek. Berdasarkan cerita rakyat Korea, para ibu selalu mengatakan kepada anak-anaknya yang nakal, cengeng, apabila mereka berperilaku buruk akan dijadikan makanan harimau yang ganas. Seekor harimau yang senantiasa menguntit, mengintip, dan menunggu di balik pintu rumah, menanti mangsanya keluar dari perlindungannya. Nah agar anak-anak mereka diam, tidak mengeluarkan suara ataupun menarik perhatian sang harimau,maka sang ibu akan memberikan buah kotgahm, agar sang anak diam dan tenang. Sehingga harimau tersebut terlihat sangat ketakutan, karena mengira sosok kotgahm lebih kuat dan seram dibandingkan dirinya. Kotgahm pun seringkali digambarkan sebagai sosok orang tua yang selalu membawa kantung jaring, yang digunakannya sebagai alat untuk menyimpan dan membawa anak-anak nakal.

 

2. Spanyol dan Meksiko.

 

[spoiler]

El Coco (Sumber:wikimedia.org)

[/spoiler]

 

Duérmete, niño, duérmete ya. (Go to sleep child, go to sleep now.)

Que viene el coco y te comerá (The coconut man will come and eat you.)

Tidurlah,  tidur anakku,

Sebelum El Coco datang dan memakanmu.

El Coco, manusia kacang, ia memiliki tiga lubang di wajahnya, ia pun mampu berubah wujud menjadi sosok orang tua kecil yang tubuhnya dipenuhi bulu. Selama abad 16 dan 17 di Spanyol, ada sosok mahluk yang memiliki hobi menculik dan menyandera anak-anak yatim-piatu, dan membawa mereka dengan kantung besar. El Coco adalah sosok mahluk yang diceritakan para orang tua di Spanyol dan Meksiko, ketika anak-anak mereka menolak untuk tidur malam.

 

3. Inggris

 

[spoiler]

Bogeyman (sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Ada banyak teori yang mengungkapkan tentang keaslian dari kata “bogeyman.” Salah satunya adalah kata “buggy man,” yang merupakan sebutan bagi seorang penarik kereta jenazah di saat Eropa dilanda Wabah Hitam. Seperti halnya di Inggris, Amerika pun sosok mahluk dengan kata bogeyman tiada lain hanyalah sosok mahluk yang selalu meninggalkan jejak tangannya di atas permukaan jendela yang dilapisi embun. Ada juga yang menggambarkan sosok bogeyman, sebagai mahluk tinggi, bersuara berat parau, fisiknya perpaduan antara manusia dan burung gagak.

 

4. Skotlandia

 

[spoiler]

Boggart (sumber: bogeyman)

[/spoiler]


Di Skotlandia, sebuah negeri yang terkenal dengan daratan tingginya, sehingga mereka dikenal dengan sebutan bangsa Highlander. Boggart, adalah sosok bogeyman lainnya yang hidup di dalam budaya tutur bangsa Skotlandia. Ia digambarkan sebagai sumber malapetaka, baik bencana besar maupun kecil. Ia akan meletakan telapak tangannya yang dingin di atas wajah mereka yang tertidur di malam hari. Kita dilarang menyebutkan namanya, atau ia akan datang tiba-tiba dan mengikutimu kemanapun kita pergi.

 

5. Filipina

 

[spoiler]

Pugot Mamu (Sumber: dailykimchi.com)

[/spoiler]

 

Negara tetangga kita, Filipina, memiliki sosok bogeyman yang dikenal dengan nama Pugot Mamu. Sosok mahluk ini memiliki wajah menyeramkan, seringkali ia terlihat duduk di atas pohon besar dan rumah yang tak berpenghuni. Kebiasaan buruk yang ditakuti oleh masyarakat Filipina, terutama anak-anak, Pugot Mamu suka sekali memangsa dan memakan anak-anak. (**)

 

Sumber: listverse.com, uniknya.com, Januari 2012.

  • Su Inda

    kok indonesia gak masuk?

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com