5 Makanan Korea yang Harus Anda Coba (Bagian II-Habis)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Alasan kami mengangkat lagi artikel tentang makanan Korea adalah disebabkan oleh banyaknya pembaca artikel kami sebelumnya yaitu, 5 Makanan Korea yang Harus Anda Coba. Dalam kesempatan ini, dengan senang hati, uniknya.com kembali mengangkat tema yang sama demi memuaskan para pembaca, khususnya yang sedang ‘demam’ Korea:

 

1. Soondubu Jiggae (Rebus Tahu Halus)

 

[spoiler]

Soondubu Jiggae (Rebus Tahu Halus) (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Soondubu jiggae adalah makanan rebus dari Korea (jiggae) – lebih kental dibanding sup namun lebih encer dibanding bubur. Jika dimasak secara tradisional (di dalam sebuah pot tembikar – seperti yang terlihat pada gambar), maka semuanya dimasak hanya dalam satu kali hidangan. Hidangan ini dimulai dengan ikan yang lezat dan sedikit daging sapi untuk memperdalam rasa kemudian disudahi dengan kerang-kerangan segar, bubuk merica pedas, tahu halus, dan telur (pilihan). Hal terbaik tentang makanan rebus ini adalah bahwa anda dapat mengontrol seberapa pedas yang anda inginkan dengan membatasi jumlah bubuk merica pedas tersebut. Anda bisa membuatnya sangat pedas atau sedikit pedas apabila anda memasak untuk anak-anak yang tidak dapat memakan makanan yang terlalu pedas. Takaran daging sapi yang sedikit merupakan khas dai makanan Korea dan menggambarkan betapa sehatnya makanan Korea – daging tesebut digunakan untuk menambah rasa daripada untuk mengisi perut. Bisa dimakan dengan nasi dan makanan pendamping untuk mendapatkan hidangan yang lengkap.

 

2. Ddukbokkie (Jajanan Kue Beras)

 

[spoiler]

Ddukbokkie (Jajanan Kue Beras) (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Ddukbokkie biasanya dijajakan pada malam hari. Di kota-kota besar di Korea sepeti Seoul, jalanan dipenuhi oleh penjaja-penjaja yang menjual resep makanan jajanan khususnya masing-masing. Ddukbokkie (baca: “dok-bok-ee”) adalah salah satu makanan terpopular dan memiliki bermacam-macam gaya. Contoh pada gambar di atas merupakan Ddukbokkie yang ditambah dengan kue ikan yang dipotong-potong dan telur rebus. Sausnya pedas namun juga sangat manis dan dilengkapi dengan jumlah rasa yang sangat kaya sekali. Rasa pedas tersebut terhambat oleh kue-kue beras yang berbentuk silinder panjang yang, ketika dimasak, menjadi kenyal dan lembut. Kue beras tersebut adalah bagian resep yang paling tidak biasa bagi hampir semua orang barat namun ketika mereka mencobanya – mereka menyukainya.

 

3. Dakjuk (Bubur Ayam)

 

[spoiler]

Dakjuk (Bubur Ayam)(Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Pada dasarnya, untuk membuat hidangan ini, anda hanya merebus daging ayam dengan air di dalam sebuah panci besar bersama bawang dan bawang putih – tambahkan nasi dan masak sampai ayamnya selesai direbus. Hasil akhirnya adalah sebuah rebusan kental (yang orang Korea sebut sebagai bubur meskipun tidak ada oat di dalamnya) karena ada nasi yang bercampur dengan ayam dan bawang putih. Anda sobek daging ayamnya dan makanlah dengan bubur tersebut. Hidangan ini cukup mudah dibuat, dan anda pasti ingin membuatnya lagi dan lagi. Namun, hati-hati: kupaslah mengupas bawang putih dengan sarungan tangan karena minyak bawang putih dalam jumlah besar dapat membuat anda kepanasan.

 

4. Japchae (Mie Ayam Aduk)

 

[spoiler]

Japchae (Mie Ayam Aduk) (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Japchae adalah salah satu makanan Korea terpopular. Asalnya japchae dibuat tanpa mie – diciptakan untuk Raja oleh salah satu chef dan sang Raja sangat menyukainya sehingga makanan in menjadi terkenal di seluruh Korea. Sekarang, hidangan tersebut ditambahkan mie dan menjadi bahan dasar bagi hidangan tersebut. Mie yang digunakan adalah mie dari tepung kentang manis yang menjadikan japchae tekstur kunyah yang sangat khas. Sayur-sayurannya dimasak sebentar sehingga rasa kesegarannya masih ada. Hidangan ini merupakan alternatif bagi masakan Cina.

 

5. Kimchi (Kubis yang Difermentasikan)

 

[spoiler]

Kimchi (Kubis yang Difermentasikan) (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

 

Kimchi adalah makanan nasional Korea. Kedengarannya menakutkan bagi sebagian orang karena kata “fermentasi”, namun jangan lupa bahwa kita juga selalu memakan makanan berfermentasi misalnya, yoghurt dan roti. Untuk hidangan kimchi, kubisnya dilapisi dengan campuran merica pedas, bawang putih, lokio, bawang merah, jus pir, dan masih banyak lagi. Lalu, kimchi ini bisa langsung dimakan (apabilah masih segar, belum difermentasikan) atau anda bisa menyimpannya di dalam kulkas selama dua atau tiga hari agar mengalami proses fermentasi. Ketika berfermentasi, makanan ini akan mengeluarkan rasa yang kaya dan sedikit asam. Rasanya bertahan selama berbulan-bulan dan juga digunakan sebagai dasar bagi hidangan lainnya seperti rebusan kimchi dan bahkan sebagai isi untuk kimbap (sushi Korea). Kimchi adalah hidangan penting di Korea yang dimakan dengan sarapan, makan siang, dan makan malam. Kelihatannya tidak indah namun rasanya enak! (**)

 

Sumber: listverse.com, uniknya.com Januari 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com