bannersss


5 Kisah Unik Wasit Sepak Bola Dunia

Oleh : Bintang Mian (Kontributor uniknya.com)

[UNIKNYA.COM] Sosok pengadil di lapangan sepak bola alias wasit sering kali menjadi perhatian penonton selain aksi para pemain saat bertanding. Tentu saja karena keputusan dari para hakim inilah yang sering kali membuat penonton merasa kecewa atau sebaliknya tersenyum puas. Terutama karena keputusan kontroversialnya. Kali ini uniknya.com membahas kisah unik yang menimpa wasit baik saat di dalam maupun di luar lapangan. Seperti yang dirangkum di bawah ini:

 

1.      Iturralde Gonzalez (Wasit musisi punk)

Jika anda penggemar La Liga Spanyol, terutama penikmat laga el clasico, sedikitnya ingat saat Real Madrid dibantai Barcelona 0-5 di Stadion Nou Camp. Tapi sudahlah lupakan kisah memalukan El Real itu, karena yang kita bahas masalah sang pengadil di lapangan saat itu, Iturralde Gonzalez. Selain sebagai seorang wasit, Gonzales menyisakat cerita unik tentang pribadinya. Saat di luar lapangan, ternyata Gonzales adalah seorang gitaris band Punk Rock, Eztanda di Spanyol.

 

[spoiler]

Iturralde Gonzalez (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Lebih uniknya lagi, Gonzales memiliki terapi unik sebelum memimpin sebuah pertandingan. Untuk menghilangkan nerveous saat menjadi sang pengadil, Gonzales akan mendengarkan lagu “The Memory Remains” milik Metallica. Dan kalau sukses setelah memimpin laga, lagu-lagu legend Reggea, Bob Marley akan menemani hari-harinya. Terapi yang unik dan patut dicoba.

 

2.      Byron Moreno (Pengadil yang diadili)

Publik sepak bola Italia, bisa saja tidak akan lupa pada wasit asal Ekuador, Byron Moreno. Terutama jika mengingat tersingkirnya Italia dari babak kedua Piala Dunia 2002 Korea-Jepang. Saat itu Azzurri tersingkir karena dikalahkan tuan rumah Korsel 1-2. Yang akan diingat pendukung Italia adalah momen keputusan kontrovesial Moreno yang mengusir Francesco Totti ke luar lapangan dengan kartu merahnya. Bukan hanya itu satu gol Italia juga dianulir. Tapi sepertinya pendukung Italia kini akan merasa puas setelah mendengar Moreno harus mendekam di penjara. Tapi bukan karena keputusan kontroversial itu penyebabnya, melainkan terbukti mencoba menyelundupkan heroin di Bandara John F. Kennedy, New York, Amerika Serikat, pada 2011 lalu. Akibat ulahnya tersebut pengadilan New York memutuskan menahan Moreno selama 2,5 tahun. Pengadil yang harus diadili.

[spoiler]

Byron Moreno (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3.      Carlos Jose Figueira Ferro (Wasit celana dalam merah)

Kejadian yang menimpa wasit di Liga Brasil, Carlos Jose Figueira Ferro ini cukup menggelikan. Sebagai seorang wasit, Ferro memperlihatkan ketegasannya saat memimpin pertandingan Liga Amatir yang berlangsung di Kota Anama. Salah satunya dengan memberikan kartu merah pada pemain bernama Paulo Coise karena melakukan pelanggaran berbahaya. Tapi saat akan mengeluarkan kartu merah di saku celananya, Ferro malah menarik celana dalam wanita yang juga berwarna merah. Karena malu, pertandingan yang masih tersisa 20 menit akhirnya dihentikan Ferro. Namun yang lebih sial saat pertandingan tersebut sang istri menyaksikan kejadian tersebut di bangku penonton. Tak tanggung-tanggung sebagai hukuman dari aksi memalukan tersebut, sang istri langsung mengajukan gugatan cerai pada suaminya usai pertandingan. Sudah jatuh tertimpa tangga pula Ferro.

 

[spoiler]

Ilustrasi (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

 

4.      Francisco Chaves (Wasit pembunuh)

Kalau cerita dari wasit, Gregorio Edio Francisco Chaves yang juga berasal dari Brasil ini cukup mengerikan. Sebagai pengadil di lapangan hijau, Chaves akhirnya akan diadili di meja hijau. Tuntutannya karena Chaves melakukan penusukan hingga tewas terhadap pemain saat pertandingan. Kejadiannya saat itu Chaves memimpin pertandingan Liga Amatir antara tuan rumah Redencao melawan Boa-Fe di Barreira. Karena telah terjadi pelanggaran oleh Francisco da Silva pemain Redencao, Chaves meniup peluit tanda pelanggaran. Namun Francisco tidak terima dengan keputusan tersebut dan menendang Chaves hingga terjadi perkelahian. Melihat perkelahian tersebut, Jose da Silva yang juga saudara Francisco datang melerai. Namun nahas bagi Jose saat akan melerai perkelahian, Chaves ternyata membawa pisau dan melakukan penusukan terhadap Jose hingga tewas. Karena pertandingan amatir, laga tanpa di kawal pihak kepolisian dan Chaves pun bisa kabur dari lapangan. Dan beberapa hari kemudian Chaves menyerahkan diri. Nekad bener wasit yang satu ini.

[spoiler]

Ilustrasi (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

5.      Bibiana Steinhaus (Wasit salah tepuk)

Kalau kejadian unik berikut ini pasti sangat dinanti pesepakbola pria lainnya.  Insiden berlangsung dalam pertandingan Divisi 2 Liga Jerman antara Hertha Berlin melawan Alemannia Aachen yang dipimpin wasit wanita, Bibiana Steinhaus. Pada menit 55 terjadi pelanggaran oleh salah seorang pemain Hertha, Peter Niemeyer tepat di dekat Bibiana. Setelah menghentikan permainan, Niemeyer berjalan sambil membelakangi Bibiana dan bermaksud menepuk pundaknya. Namun tangan Niemeyer tidak mendarat di pundak sang wasit cantik ini, tapi bersarang di (maaf) payudaranya. Karena merasa salah sentuh, Niemeyer pun lantas meminta maaf secepatnya dan wasit cantik hanya tersenyum. Geli juga!!

[spoiler]

Bibiana Steinhaus (Sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Februari 2012

[/spoiler]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com