5 Sosok Hewan yang Menjadi Maskot Piala Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: “Willie” merupakan maskot pertama Piala Dunia FIFA, yang kemudian menjadi tradisi dimana maskot-maskot berikutnya lahir di setiap perhelatan Piala Dunia berikutnya. Desain dari maskot menggambarkan beberapa ciri khas dari negara penyelenggara, seperti: kostum, flora, fauna, dll. Berikut 5 sosok hewan yang menjadi maskot Piala Dunia:

 

1. Zakumi, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (Macan tutul)

Zakumi adalah nama maskot Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan. Zakumi adalah seekor macan tutul dengan rambut nyentrik berwarna hijau, Zakumi lahir tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari pemuda di Afrika Selatan. Pada tahun 2010 Zakumi akan berusia 16 tahun, yang akan dirayakan secara global dengan tajuk piala dunia 2010.

 

[spoiler]

Zakumi, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (Macan tutul) (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Nama Zakumi berasal dari kata “Za”, kode untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Zakumi mengenakan kostum hijau dan kuning (emas), yang juga menjadi warna dominasi seragam tim Afrika Selatan.

 

2. Goleo VI, Piala Dunia 2006 Jerman (Singa) 

Goleo VI, sering juga disebut dengan Goleo, dan Pille adalah maskot resmi Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Goleo berbentuk seekor singa, dan selalu tampil bersama pasangannya, Pille, sebuah bola yang dapat berbicara. Goleo mengenakan pakaian sepak bola dengan nomor punggung 06 tertulis di bajunya, dan dia tidak memakai celana. Kostum Goleo dibuat oleh perusahaan Jim Henson, dengan harga sekitar €250.000. Nama Pille berasal dari pill, sebuah kata dalambahasa Jerman, yang merupakan istilah sehari-hari untuk sepak bola. Pille diciptakan oleh GUM Studios Jerman.

[spoiler]

Goleo VI, Piala Dunia 2006 Jerman (Singa) (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Goleo diperkenalkan sebagai maskot Piala Dunia pada 13 November 2004 dalam sebuah acara TV. Goleo dikritik karena tidak melambangkan binatang dari Jerman dan singa juga adalah lambang dari saingan mereka, Inggris. Erik Spiekermann menyarankan bahwa maskot tersebut lebih baik berbentuk elang (seperti pada lambang Jerman).

 

3. Footix, Piala Dunia 1998 Perancis (Unggas) 

Maskot resmi Piala Dunia edisi kali ini dinamai “Footix”, yang digambarkan sebagai seekor unggas, yang merupakan salah satu dari simbol nasional negara tuan rumah penyelenggara, Perancis, yang mengenakan pakaian berwarna biru, yang merupakan pakaian seragam tim nasional sepak bola Perancis, dengan tulisan “FRANCE 98″ di dada. Bulunya berwarna merah, dan digambarkan tengah memegang bola resmi Piala Dunia FIFA 1998.

[spoiler]

Footix, Piala Dunia 1998 Perancis (Unggas) (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Kata “footix” merupakan sebuah kata portmanteau dari “sepak bola”, yang diberi akhiran “-ix” dari kata Astérix. Sebelumnya, ada beberapa nama lain yang sempat diajukan, yakni “Raffy”, “Houpi”, dan “Gallik”.

 

4. Striker, Piala Dunia 1994 USA (Anjing) 

Maskot resmi Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat dinamai Striker, yang digambarkan sebagai seekor anjing yang menggunakan kaos berwarna putih dengan lengan berwarna merah yang bertuliskan “USA 94″, dan celana pendek berwarna biru. Warna putih, merah, dan biru merupakan warna dari bendera Amerika Serikat. Ia juga digambarkan mengenakan kaos kaki berwarna putih dengan corak berwarna merah serta sepatu sepak bola berwarna hitam.

 

[spoiler]

Striker, Piala Dunia 1994 USA (Anjing) (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Willie, Piala Dunia 1966 Inggris (Singa)

Piala Dunia FIFA 1966, yang merupakan Piala Dunia FIFA ke-delapan, digelar di Inggris sejak 11 Juli 1966 hingga 30 Juli 1966. Dan Willie adalah maskot yang digunakan di ajang Piala Dunia FIFA 1966. Willie juga merupakan maskot pertama Piala Dunia FIFA, dan satu dari maskot pertama untuk digaulakan dengan satu kompetisi olahraga utama. World Cup Willie adalah sebuah singa, sebuah simbol tipikal dari Britania Raya, mengenakan sebuah baju kaos Union Jack dengan kata “WORLD CUP” yang berarti Piala Dunia.(**)

 

[spoiler]

Willie, Piala Dunia 1966 Inggris (Singa) (Sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia .org, uniknya.com, Januari 2011

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com