5 Bangunan Paling Angker di Dunia (Bagian I)

 

Oleh: Galih Pakuan

[UNIKNYA.COM]: Kita tidak hidup sendiri, karena ada mahluk lain yang hidup berparalel dengan kita. Ketika kita berjalan, duduk, dan beraktifitas lainnya, tanpa disadari mahluk lain dari dunia paralel (supranatural) sedang menyaksikan atau bahkan beraktifitas selayaknya manusia. Tentu saja ini hanya berlaku bagi orang-orang yang menyakini bahwa ada mahluk lain di bumi ini selain manusia. Ketika manusia enggan menempati sebuah bangunan kosong, bangunan yang rusak dan diabaikan, mereka dengan senang hati menempatinya, sehingga seringkali menjadikan tempat tersebut dipenuhi oleh fenomena mistis yang terjadi. Berikut uniknya.com menyajikan 5 bangunan paling angker di dunia:

 

1. Gedung Rektorat Borley  

 

[spoiler]

Gedung Rektorat Borley (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Gedung rektorat (kependetaan) yang berada di Desa Borley, kawasan Sudbury, Inggris, merupakan salah satu bangunan tua yang diabaikan dan paling menyeramkan di kawasan Inggris. Rektorat Borley yang dibangun pada tahun 1863 merupakan tempat yang disedaiakan bagi Pendeta Henry Bull, bangunan ini merupakan bagian dari situs biara kuno Borley. Bedasarkan tuturan masyarakat setempat, sering terjadi sebuah penampakan hantu yang menyerupai sosok biarawati berjalan—berpatroli,  di malam hari. Masyarakat setempat menyebut sosok hantu tersebut dengan hantu “Patroli Biarawati.”

Berdasarkan cerita setempat, sosok hantu tersebut adalah seorang biarawati yang jatuh cinta kepada seorang biarawan, hingga keduanya pun berniat untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. Namun niat kedua pasangan biarawan dan biarawati tersebut diketahui oleh pihak biara. Mereka kemudian dihukum dan dieksekusi, sang biarawan dibunuh dan sang biarawati ditanam di dinding tembok bata bangunan biara.

2. Hotel Stanley

 

[spoiler]

Hotel Stanley (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Banyak cerita mengenai bangunan-bangunan angker dan dihantui di dunia ini, dan semua cerita tersebut memiliki tingkat ketegangan yang berbeda-beda. Jika Anda pernah menyaksikan film super horror The Shining,  sebuah film yang diangkat dari novel karya Stephen King. Dikatakan bahwa novel tersebut terinspirasi dari pengalaman Stephen King saat tinggal di Hotel Stanley di Estes Park, Colorado. Saat itu King menempati kamar No. 217, ia mengisahkan sering mendengar suara anak kecil yang sedang bermain di koridor. Dan bukan King saja yang mengalami hal tersebut, telah banyak yang mengatakan adanya aktifitas supranatural, walaupun demikian mereka (hantu) tidak mengganggu. Hampir seluruh bangunan hotel memiliki kisah supranaturalnya sendiri, ada yang mengatakan bahwa sering terdengar suara musik di ruang aula, dan tuts piano yang bergerak.

 

3. Menara London

 

[spoiler]

Menara London (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Foto di atas memperlihatkan sosok Lady Jane Grey, salah seorang bangsawan perempuan yang dipenggal di Menara London pada tahun 1536. Diceritakan semenjak kematiannya, sering terjadi berbagai fenomena supranatural, seperti tangisan, dan bahkan sosok hantu perempuan yang berjalan sambil menengteng kepalanya yang terlepas. Fenomena itu kebanyakan terjadi di ruang Menara Hijau dan Menara Chapel Royal.

Hantu lainnya yang sering menampakkan diri adalah Raja Henry VII, Thomas Becket dan Sir Walter Raleigh. Salah satu cerita mistis yang mengerikan adalah mengenai kematian Countess of Salisbury. Berdasarkan sebuah kisah, sang Countess dihukum mati pada 1541 atas tuduhan terlibat dengan beberapa tindak kejahatan (namun dipercaya sang Countess tidak bersalah). Ketika ia akan dieksekusi, ia mencoba melarikan diri. Berlari ke berbagai ruangan untuk keluar dari bangunan Menara, namun akhirnya ia dapat ditangkap dan dipenggal dengan sebuah kapak. Dan upacara eksekusi tersebutlah yang selalu terlihat dan diperagakan oleh para hantu di Menara London ini.

 

4. Woodchester Mansion

 

[spoiler]

Woodchester Mansion (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sebuah bangunan berdiri megah, Woodchester Mansion, berada di kawasan Gloucestershire, Inggris, adalah salah satu bangunan angker yang juga dikatakan banyak memiliki aktifitas supranatural. Pengerjaan gedungnya tak pernah diselesaikan, dan sebanyak 200 pekerja bangunan dikatakan banyak yang melarikan diri dan tujuh pekerja dikabarkan meninggal tanpa sebab ketika melakukan pekerjaannya.

Suara-suara aneh sering kali terdengar, suara yang menyerupai benda-beda terjatuh ataupun ratapan dan rintihan. Dikabarkan juga sering terlihat hantu prajurit Romawi dan gadis muda yang menampakan diri.

 

5. Katakombe di Kota Paris

[spoiler]

Katakombe di Kota Paris (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Katakombe yang ada di Kota Paris, Prancis, merupakan salah satu bangunan bawah tanah, merupakan terowongan panjang berliku yang ada di bawah kota. Katakombe tersebut adalah tempat penyimpanan tulang belulang orang yang sudah meninggal. Sekitar tahun 1700, dikisahkan bahwa seluruh lahan pemakaman telah habis dan penuh. sehingga untuk menyimpan jenazah orang baru meninggal, masyarakat Kota Paris memindahkan tulang belulang dari makam lama ke dalam katakombe. Hal  ini terjadi sekitar tahun 1786 hingga 1788. Dalam proses pemindahan tulang belulang tersebut diadakan sebuah ritual keagaaman yang dimaksudkan untuk menghormati jenazah dan memberkahi tempat penyimpanan baru. Namun sepertinya cerita misteri yang terjadi sudah dipastikan ada dan dengan intensitas aktifitas yang tinggi pula.

[spoiler]

[/spoiler]

 

Sumber: environmentalgrafitti.com, uniknya.com, Maret 2012.

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com