5 “Indonesia Hebat” Dibidang Teknologi Militer (Bagian II)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Siapa bilang Indonesia ketinggalan jaman? Salah besar semua itu. Rentang 67 tahun usia kemerdekaan negri berjuluk Jamrud Khatulistiwa ini, ternyata sudah mampu berbenah dalam bidang teknologi. Pun termasuk didalamnya teknologi dibidang militer. Berikut uniknya.com, himpun untuk anda 5 “Indonesia Hebat” Dibidang Teknologi Militer:

 

1. Pesawat Tempur (KF-X/IF-X) PT. DI

PT Dirgantara Indonesia ( PT DI) siap menggarap proyek pengembangan pesawat tempur generasi 4,5 dengan Korea Selatan. Sebanyak 35 staf PT DI kini sudah berada di Seoul buat mematangkan proyek ini. Persiapan untuk pembuatan pesawat tempur masa depan yang sementara ini diberi kode KF-X/IF-X (Korea Fighter Experiment/Indonesia Fighter Experiment) tersebut akan berjalan panjang dan sertifikasi baru akan keluar sekitar tahun 2021.
Pesawat tempur akan berkelas di atas F-16 atau Sukhoi-30, namun masih di bawah F-35 Amerika Serikat yang sudah masuk generasi 5. Di luar Amerika Serikat, baru Indonesia dan Korea Selatan yang serius mempersiapkan pesawat tempur sekelas ini dan dirancang terbang berdaya tahan terbang 4,5 jam dan berdaya angkut 6.000 kg, termasuk sistem persenjataan.

 

[spoiler]

Pesawat Tempur (KF-X/IF-X) PT. DI (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Dalam program ini,  Indonesia berusaha memajukan industri nasional dengan aktif merancang, memproduksi, mengintegrasi dan mengujikan pesawat tempur ini.Rancangannya diarahkan memenuhi persyaratan operasi jangka pendek, menengah dan jangka panjang TNI AU, disamping guna meningkatkan kemampuan industri, pengembangan teknologi nasional, dan kemandirian sistem pertahanan nasional di masa datang. Program KF-X/IF-X memasuki fase pengembangan teknologi selama setahun (2011-2012), kemudian akan memasuki fase pengembangan rekayasa manufaktur mulai 2013 sampai 2020, dan produksi pada 2021.(Ant/ICH)

 

 2. Kapal Induk (Helicopter Carrier) PT. PAL

Tidak mau ketinggalan dengan PT DI yang berencana membuat Helikopter tempur, PT PAL Surabaya juga sudah membuat prototype kapal induk kecil yang bisa memuat enam helikopter, juga sudah membuat blueprint yang untuk pesawat jet tempur. Pemerintah mengalokasikan dana Rp70 miliar bagi pengadaan kapal induk kecil selama 2009 untuk memperkuat armada Badan Koordinator Keamanan Laut (Bakorkamla) dalam melakukan penjagaan dan pengawasan wilayah serta kedaulatan wilayah NKRI.

 

[spoiler]

Kapal Induk (Helicopter Carrier) PT. PAL (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Kapal-kapal tersebut akan diproduksi di galangan kapal dalam negeri (PT. PAL) dengan local content yang relatif tinggi. Proyek ini telah mengalokasikan dana Rp. 70 miliar, pemerintah tidak menutup peluang bagi negara lain untuk memberikan bantuan atau kerja sama. Hingga saat ini ada sekitar empat negara yang telah menawarkan bantuan untuk pengadaan kapal-kapal tersebut, antara lain Australia.

 

3. Panser Anoa  PT. Pindad

APS-3 “Anoa” adalah sebuah kendaraan militer lapis baja buatan PT Pindad (persero), Indonesia. Kendaraan ini dipergunakan untuk mengangkut personel atau dikenal dengan nama APC (Armoured personnel carrier). Nama ANOA sendiri diambil dari nama hewan Anoa yang hidup di pulau sulawesi. APS 3 ini dinamai anoa, yang merupakan salah satu jenis kerbau asli Indonesia. Purwarupa pertama kali di perlihatkan ke publik pada ulang tahun ke 61 TNI pada 5 Oktober 2006 di markas besar TNI, Cilangkap.

 

[spoiler]

Panser Anoa PT. Pindad (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Pindad APS-3 diperlihatkan secara resmi kepada publik pada Indo Defence & Aerosace 2008 pada tanggal 19 November hingga 22 November, 2008 setelah diperlihatkan pada parade militer TNI pada 5 Oktober 2008. Pada 30 Agustus 2008, 10 APS-3 telah diproduksi dan rencananya akan diproduksi sebanyak 150 buah untuk TNI Angkatan Darat untuk penugasan ANOA pada tahun 2009.

Semenjak 9 April 2010 13 buah ANOA telah digunakan untuk mengawal misi perdamaian PBB di Lebanon bersama Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL. ANOA 6×6 maupun 4×4 biasa digunakan untuk pengawalan kegiatan-kegiatan penting negara. Pada 15 November 2011 ANOA varian 6×6 yang menggunakan persenjataan Senapan Mesin Berat 7.62 mm digunakan sebagai kendaraan tempur untuk patroli dan penjagaan ring pada acara KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali.  ANOA juga dipakai oleh Paspampres untuk pengawalan kunjungan-kunjungan presiden.

 

4. Peluru Kendali Smart Eagle II (SE II)

Smart Eagle II merupakan prototype pertama UAV (Unman Aerical Vehicle) yang dibuat PT. Aviator Teknologi Indonesia guna kepentingan intelijen di Indonesia, terutama bagi operaional BAIS (Badan Intelijen Strategis). Selaku wahana pengamatan berjarak jangkau menengah Smart Eagle II (selanjutnya disebut SE-II) pertama kali muncul di depan publik pada penghujung tahun 2005. SE II merupakan salah satu komponen dari seperangkat sistem pengamatan via udara tanpa awak yang terdiri atas wahana udara (air vehicle), muatan (payload), dan stasiun pengendali (ground control station).

 

[spoiler]

Peluru Kendali Smart Eagle II (SE II) (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Dimensi fisik SE II adalah sebagai berikut. Panjang badan total mencapai 3,6 meter sementara lebar rentang sayap 4,8 meter dan tinggi (dari permukaan tanah hingga ujung sirip ekor) sekitar satu meter. Dengan bobot kosong 65 kilogram dan bobot maksimum tinggal landas (maximum take-off weight) 100 kilogram, SE II sanggup terbang selama hampir enam jam seraya mengusung beban muatan seberat 20 kilogram.

SE II dapat dimodifikasi agar sanggup mengusung aneka jenis muatan yang disimpan dalam ruang pada bagian tengah bawah badan pesawat berdiameter 26 sentimeter. Muatan dapat berupa seperangkat kamera pengamat berstabilisator giro (gyro-stabilized device) dan sarana tayang hasil pengamatan.

 

5. Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran

Indonesia segera memiliki kapal perang canggih berpeluru kendali KCR “Trimaran” yang merupakan produk dalam negeri. Kapal ini terbuat dari serat karbon, dengan kecepatan 35 knot dan dipersenjatai peluru kendali yang memiliki jarak tembak 120 kilometer. Dalam lima bulan mendatang kapal perang canggih yang merupakan prototipe itu langsung bisa dioperasionalkan memperkuat jajaran armada tempur TNI Angkatan Laut.

 

[spoiler]

Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

TNI Angkatan Laut memesan empat unit kapal, dan dalam lima bulan mendatang sudah jadi satu kapal perang `Trimaran`, sedangkan tiga unit lainnya akan segera dibangun secara bertahap hingga 2014.  Satu unit kapal “Trimaran” dihargai sekitar Rp 114 miliar yang diambil dari APBN 2011.

Jika proyek pengadaan ini berhasil maka ini merupakan sejarah bagi Indonesia karena telah berhasil membuat kapal perang dengan komposit serat karbon, dan ini akan dipatenkan dan diekspor ke luar negeri. Komposit serat karbon juga telah digunakan untuk pembuatan pesawat airbus Boeing-777 dan mobil formula 1. Ketahanannya 20 kali lebih kuat dibandingkan baja. Kapal cepat berpeluru kendali itu memiliki panjang keseluruhan 62,53 meter, panjang “water line”, 50,77 meter panjang “water draft” 1,17 meter, bobot mati 53,1 GT, kecepatan maksimum 30 knot, kecepatan jelajah 16 knot, dengan mesin utama 4X marine engines MAN nominal 1.800 PK.(**)

 

Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, Maret 2012

  • http://agriculturproduct.blogspot.com/ Agriculture Product

    Ini harus kita dukung gan demi kedaulatan NKRI yang kita cintai.

  • http://budaklembur0703.blogspot.com/2012/03/ace-of-base-wonderful-life.html Eka

    Kedaulatan Indonesia akan semakin kokoh jika didukung Sarana Tempur yang baik dan handal untuk menjaga Kesatuan NKRI..

  • http://www.masterkreatif.com masterkreatif.com

    Merdeka, Semoga dengan tekad indonesia dalam mengembangkan teknologi, bisa melepaskan jajahan EKONOMI

  • cacan

    Mudah2an anggaran untuk militer tidak diberi tanda bintang oleh DPR. Lebih baik dan berguna uang negara dipakai untuk militer daripada dikorupsi oleh DPR. Jgn kita melihat anggaran militer sebagai suatu pemborosan ditengah perekonomian rakyat yang kian terjepit dan morat-marit. Karena bagaimanapun tanpa kekuatan militer, ekonomi kita akan terus dijajah oleh pihak asing, sehingga dampaknya juga akan berimbas kepada ekonomi rakyat.

  • http://angin-nganjuk.blogspot.com heru sb

    biar makin diperhitungkan

  • http://uwongmbanjar.blogspot.com uwongmbanjar

    Hebat.. Indonesia semakin mandiri dan jaya !!!

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com