bannersss


5 Tank di Perang Dunia II

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Perang Dunia II adalah konflik militer global yang terjadi pada 1 September 1939 sampai 2 September 1945 yang melibatkan sebagian besar negara di dunia, termasuk semua kekuatan-kekuatan besar yang dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan: Sekutu dan Poros. Perang ini merupakan perang terbesar sepanjang sejarah dengan lebih dari 100 juta personel. Dalam keadaan “perang total,” pihak yang terlibat mengerahkan seluruh bidang ekonomi, industri, dan kemampuan ilmiah untuk melayani usaha perang, menghapus perbedaan antara sipil dan sumber-sumber militer. Salah satu kekuatan andalan masing-masing pihak yang bertikai, diantaranya mengandalkan kendaraan lapis baja yang mewarnai berbagai pertempuran sengit. Berikut 5 tank di PD II yang uniknya.com himpun:

 

1. Tank Iosif Stalin, Soviet

Tank Iosif Stalin tangki (atau IS tangki, juga dikenal sebagai Joseph Stalin tank), adalah tak jenis berat yang dikembangkan oleh Uni Soviet selama Perang Dunia II dan pertama kali digunakan di daerah Kursk pada bulan September 1943. Tank-tank ini  juga kadang-kadang disebut JS atau tank ИС.
Tank ini dirancang dengan plat baja tebal dan membawa meriam utama handal untuk mampu melawan senapan Jerman 88 mm, yang dipersenjatai pada tank Tiger  dan tank Panther Jerman. Hal ini terutama  terobosan kompartemen tank yang lenih kuat. IS-2 mulai dipergunakan pada bulan April 1944, dan digunakan sebagai ujung tombak dalam Pertempuran Berlin oleh Tentara Merah dalam masa-masa akhir perang.

 

[spoiler]

Tank Iosif Stalin (Sumber:wikimedia.org.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Tank Tiger, Nazi Jerman

Tiger I adalah nama umum dari kendaraan lapis baja kelas berat Jerman, yang dikembangkan pada tahun 1942 dan digunakan dalam Perang Dunia II. Nama resmi tank ini adalah Panzerkampfwagen Tiger Ausf. E, sering disingkat menjadi Tiger. Tank ini adalah sebagai jawaban atas tank tangguh Soviet  yang dihadapi dalam bulan-bulan awal digelarnya Operasi Barbarossa, terutama T-34 dan KV-1. Desain tank Tiger sesuai pesanan Wehrmacht dengan mounting senjata 88 mm, yang sebelumnya menunjukkan efektivitas terhadap udara dan target darat. Selama perang, Tiger, banyak terlihat pada semua front pertempuran Jerman. Hanya 1.347 yang dibangun antara Agustus 1942 dan Agustus 1944.

 

[spoiler]

Tank Tiger (Sumber:wikimedia.org.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Tank M26, AS 

Tank M26 Pershing adalah jenis tank berat Amerika yang digunakan pada Perang Dunia II dan Perang Korea. Tank ini dinamakan seorang Jenderal bernama John J. Pershing, yang memimpin Pasukan Ekspedisi Amerika di Eropa dalam Perang Dunia I.
Pengembangan M26 selama Perang Dunia II yang berlanjut dengan sejumlah faktor, antara lain yang paling penting untuk kebutuhan tank dari Angkatan Darat (AGF). Akibatnya, hanya 20  M26 (T26E3) tank yang dikerahkan ke Eropa pada bulan Januari 1945 dalam Perang Dunia II. M26 ditingkatkan menjadi M46 Patton, yang digunakan di Perang Korea. Tank M26 dianggap kurang bertenaga dan tidak dapat diandalkan hingga ditarik dari Korea pada tahun 1951. Sebagai gantinya M46, yang memiliki mesin yang lebih kuat dijadikan andalan pasukan AS. Selain itu, pengembangan M26 juga dilanjutkan dengan Patton M47, dan tercermin dalam desain baru dari M48 Patton dan kemudian Tank M60 Combat.

 

[spoiler]

Tank M26 (Sumber:wikimedia.org.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Tank Mk III Valentine, Inggris

Tank Infanteri, Mk III Valentine adalah sebuah tank infanteri yang diproduksi Inggris selama Perang Dunia Kedua. Lebih dari 8.000 tank yang sama diproduksi dan juga dari 11 varian yang berbeda. Tank ini diperkuat oleh mesin diesel dua langkah yang diproduksi oleh GMC yang cenderung tidak mudah terbakar. Bahan ini disuplai ke USSR dan dibangun di bawah lisensi di Kanada. Dikembangkan oleh Vickers, terbukti baik kuat dan dapat diandalkan.

 

[spoiler]

Tank Mk III Valentine (Sumber:wikimedia.org.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Tank R35 Renault, Perancis

Tank R35 Renault, atau Char Léger Modèle 1935 R adalah tank infantri Perancis pada masa Perang Dunia Kedua. Dirancang dari tahun 1933 dan diproduksi dari tahun 1936, tank jenis ini dimaksudkan sebagai tank infanteri ringan, untuk melengkapi batalyon tank otonom, yang akan dialokasikan ke divisi personel infanteri untuk membantu mereka dalam melaksanakan operasi ofensif. Dilengkapi dengan senapan pendek 37mm. Pada masa perang, tank jenis ini dikembangkan lagi dengan tipe senapan anti tank lebih mumpuni yaitu Renault R40. Tank ini telah diperoduksi sebanyak 1685 sampai Juni 1940. Pada saat itu juga telah diekspor ke Polandia, Romania, Turki dan Yugoslavia.

 

[spoiler]

Tank R35 Renault (Sumber:wikimedia.org.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

Tank Carro Armato M15/42, Italia

Tank  M15/42 Carro Armato adalah tank medium Italia yang digunakan pada masa Perang Dunia II. Italia memulai produksi tank ini pada tanggal 1 Januari 1943. Pada pertengahan 1943, Italia telah berhasil membuat 90 unit tank ini sebelum Gencatan Senjata pada tanggal 8 September 1943. Tank ini dilengkapi persenjataan; 47 mm / L40 meriam utama dan empat 8 mm senapan mesin Breda 38. Bobot tank ini mencapai 15 ton, dan M15/42 ini dikembangkan dari M13/40 dan M14/41. Tank ini memiliki mesin dan filter udara lebih kuat  untuk mengatasi kondisi keras padang pasir.(**)

 

[spoiler]

Tank Carro Armato M15/42 (Sumber:wikimedia.org.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, Februari 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com