bannersss


5 Ritual Perkawinan Binatang yang Mengagumkan

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Musim semi, musim kawin. Artikel ini bukan tentang seks, namun tentang beberapa ritual perkawinan binatang yang paling mengagumkan. Video-video di bawah ini menunjukkan rekaman-rekaman spektakuler tentang cara-cara perkawinan unik dan tingkah laku binatang yang langka. Setelah menonton video-video berikut, Anda akan melihat binatang-binatang yang menakjubkan ini dengan cara yang berbeda. Dengan momentum musim semi ini atau musim kawin, uniknya.com merangkum lima ritual perkawinan binatang paling mengagumkan.

 

1. Siput Leopard (Leopard Slug)

Ritual perkawinan siput besar adalah salah satu hal paling menakjubkan di dunia alam. Ketika orang-orang melihat video ini mereka akan melihat siput taman yang lembu dengan mata yang berbeda. Limax Maximus (atau “siput besar”) juga dikenal sebagai leopard slug (siput macan tutul), adalah salah satu jenis siput tanah terbesar di dunia. Meskipun asli dari Eropa, namun spesies ini secara kebetulan telah diperkenalkan ke berbagai belahan dunia. Spesies ini memiliki satu cara perkawinan yang khas dan sangat tidak biasa, dimana pasangan siput bergantung di udara, tergantung di sebuah cabang pohon atau struktur lainnya, menggunakan benang lendir tebal.

 

[spoiler]

Siput Leopard (sumber: blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Ikan Angler (Angler Fish)

Ritual perkawinan Ikan Angler sama mempesonanya dengan perkawinan Siput Leopard, namun lebih ekstrim. Ikan angler jantan hidup semata-mata untuk menemukan dan kawin dengan ikan angler betina. Tubuh ikan angler jantan lebih kecil dibanding ikan angler betina, dan kesulitan menemukan makanan di laut yang lebih dalam. Ketika ikan angler jantan menemukan ikan angler betina, ia menggigit kulit ikan betina tersebut, dan melepaskan enzim pengunyah kulit dari mulut sang jantan dan dari tubuh ikan betina tersebut, lalu masuk sampai ke tingkat pembuluh darah. Yang jantan kemudian perlahan mengalami atrophia (terhentinya pertumbuhan), pertama kehilangan organ-organ pencernanya, kemudian otak, jantung, dan mata, dan berakhir sebagai tidak lebih dari sepasang kelenjar kelamin atau gonad, melepaskan sperma sebagai respon terhadap hormon-hormon dalam aliran darah sang betina, menunjukkan pelepasan telur. Dimosfisme (Kemungkinan hidup sebagai dua jenis hidup) seksual ekstrim ini menunjukkan bahwa, ketika yang betina siap untuk bertelur, ia telah memiliki pasangan yang ada. Uniknya, banyaknya ikan jantan dapat digabungkan menjadi satu ekor betina.

 

[spoiler]

Ikan Angler (sumber: blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

 

3. Kelelawar Buah (Fruit Bat)

Kelelawar adalah satu-satunya spesies selain manusia yang melakukan oral seks selama hubungan intim, agar memperpanjang stimulasi seksual. Selama musim kawin, tidaklah wajar bagi seluruh kelompok untuk berpartisipasi di dalam sebuah pesta seks besar.

 

[spoiler]

Kelelawar Buah (sumber: blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Belalang Sembah (Praying Mantis)

Kanibalisme seksual adalah hal yang biasa di antara belalang-belalang yang sedang berada di dalam kurungan. Namun, aktifitas tersebut pun bisa kita lihat dalam kondisi tertentu. Belalang betina dapat mulai memberi makan dengan menggigit kepala sang jantan (seperti yang biasa mereka lakukan terhadap mangsanya), dan apabila perkawinan telah dimulai, gerakan-gerakan belalang jantan bahkan dapat menjadi lebih bersemangat di saat mengirim sperma. Alasan untuk kanibalisme seksual telah diperbedatkan, mempertimbangkan belalang jantan yang sifatnya patuh untuk memperoleh keuntungan yang dapat menghasilkan keturunan.

[spoiler]

Belalang Sembah (sumber: blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Gajah

Musim kawin begitu singkat dan sang betina hanya mampu mengandung selama beberapa hari tiap tahunnya. Sang betina akan melepaskan diri dari kawanannya. Bau gajah betina yang sedang kepanasan menarik gajah jantan dan ia juga menggunakan sinyal-sinyal suara untuk menarik sang pejantan. Karena sang betina biasanya dapat berlari lebih cepat dibanding sang jantan, ia tidak harus kawin dengan setiap gajah jantan yang mendekatinya.

Gajah jantan mengawali pendekatan dan gajah betina mengabaikannya selama beberapa menit. Sang jantan kemudian berhenti dan memulainya lagi. Gajah menampilkan sejumlah interaksi penuh kasih sayang, seperti menyorodok, perjalinan belalai, dan menempatkan belalai ke dalam mulut.

 

[spoiler]

Gajah (sumber: blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Di sebuah pertunjukkan kasih sayang yang jarang ditemukan, gajah jantan kadang menggantungkan belalainya di luar gadingnya selama ritual tersebut. Interaksi tersebut bisa berlangsung selama 20-30 menit dan tidak harus berakhir dengan sang jantan menungganggi sang betina, meskipun sang jantan menunjukkan gairah selama ritual tersebut. Gajah betina tidak pasif di dalam ritual tersebut dan menggunakan teknik yang sama seperti sang jantan. (**)

 

Mengagumkan, bukan?

 

Sumber: berbagai sumber, uniknya.com, April 2012

 

2 Responses to 5 Ritual Perkawinan Binatang yang Mengagumkan

  1. subhanallah benr2 mengagumkan kang ..

    baru dari bebrapa binatang itu ya , masih banyak di bumi2 ini yang masih di ketahui.

    nuhun info na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com