bannersss


5 Tanaman yang Punah di Alam Liar Dunia

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sejak kira-kira 100.000 tahun yang lalu, seiring dengan laju populasi manusia yang semakin tinggi, laju kepunahan makhluk hidup menjadi sangat cepat, jauh lebih cepat dari kepunahan Cretaceous-Tertiary, yang terjadi sekitar 65.5 juta tahun yang lalu. Kepunahan ini dinamakan kepunahan Holocene, salah satu dari enam jenis kepunahan yang sudah diidentifikasikan sampai saat ini. Berikut 5 tanaman yang telah punah di alam liardi berbagai belahan dunia:

 

1. Mangga Kasturi, Indonesia

Mangga kasturi atau Mangifera casturi merupakan buah mangga spesifik Kalimantan Selatan. Terdapat tiga varietas Mangifera casturi. Varietas mangga ini dikenal masyarakat Kalimantan Selatan dengan sebutan kasturicuban / kastuba dan asem pelipisan / palipisan. Dari 31 jenis marga Mangifera yang ditemukan di Kalimantan, 3 jenis diantaranya bersifat endemik. Berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri No. 48 tahun 1989 tentang identitas flora masing-masing propinsi, tumbuhan Mangifera casturi ditetapkan menjadi identitas flora propinsi Kalimantan Selatan.

 

[spoiler]

Mangga Kasturi, Indonesia (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

Mangga kasturi adalah tumbuhan endemik khas Kalimantan Selatan yang keberadaannya terancam punah. Populasi taksonnya cenderung berkurang, baik dalam segi jumlah individu, populasi maupun keanekaragaman genetisnya. Status kelangkaan buah ini dianalisis dengan menggunakan kategori dan kriteria tumbuhan langka menurut IUCN Red List Categories 30 November 1994.

Tim penilai dari World Conservation Monitoring Centre pada tahun 1998 menetapkan Mangifera casturi berada pada kategori punah in situ atau Extinct in the Wild = EW. Mangga ini diketahui hanya hidup dan tumbuh secara alami di kebun hutan dan atau kawasan konservasi lain, namun tidak ditemukan lagi di habitat asli.

 

2. Encephalartos Woodii, Afrika Selatan

Wood Cycad (Encephalartos woodii) adalah Cycad di genus Encephalartos, dan merupakan endemik dari Hutan Ongoye KwaZulu-Natal, Afrika Selatan. Wood Cycad adalah salah satu tanaman paling langka di dunia, dan telah menjadi punah di alam liarnya.  Namanya diberikan berdasarkan nama  John Medley Wood, kurator Kebun Raya Durban dan direktur Natal Pemerintah Herbarium Afrika Selatan, sebagai penghormatan yang menemukan spesimen pada tahun 1895.

 

[spoiler]

Encephalartos Woodii, Afrika Selatan (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

3. Cosmos Atrosanguineus, Mexico

Cosmos atrosanguineus (Coklat Cosmos) adalah spesies Cosmos, asli Meksiko, di mana telah punah di alam liarnya. Spesies ini diperkenalkan dalam budidaya pada tahun 1902, dan diperbanyak dengan propagasi vegetatif.
Ini adalah tanaman yang tumbuh 40-60 cm, dengan akar berbonggol berdaging. Daunnya 7-15 cm, menyirip, dengan lebar 2-5 cm. Bunga-bunga diproduksi dalam diameter 3-4,5 cm yang memiliki fase warna merah, gelap ke merah-coklat tua, dengan sebuah cincin dari enam sampai sepuluh (biasanya delapan) bunga pita yang luas, memiliki aroma vanili.

 

[spoiler]

Cosmos Atrosanguineus, Mexico (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

4. Corypha Taliera, Bangladesh

Corypha Taliera adalah jenis palem, asli Benggala di wilayah Asia Selatan. Ada satu tanaman terakhir yang mati, yang sebelumnya dilindungi dan tumbuh di hutan belukar di Universitas Dhaka, Bangladesh. Tanaman ini ditemukan pada tahun 1950 tumbuh di hutan belukar di kampus Universitas Dhaka, Bangladesh. Tanaman tersebut diidentifikasi oleh ilmuwan lokal Shamal Kumar Basu dan kemudian dilindungi. Pada tanggal 18 Oktober 2008, harian Prothom Alo melaporkan bahwa tanaman ini akan mekar. Menurut ahli botani, tanaman akan mati setelah mekar.
Pada tanggal 22 Oktober 2008, Harian Naya Diganta dan Daily Jaijaidin melaporkan bahwa kini ada lebih banyak tanaman yang masih tersisa di Taman Adward, Bogra, Bangladesh .

 

[spoiler]

Corypha Taliera, Bangladesh (Sumber: wordpress.com)

[/spoiler]

5. Lotus Berthelotii, Kepulauan Canary

Lotus berthelotii adalah tanaman endemik Kepulauan Canary, dari genus Lotus.Tanaman ini telah punah di habitat liar aslinya. Pada tahun 1884 Berthelotii sudah digolongkan sebagai tanaman “sangat langka” dalam daftar tanaman. Lotus berthelotii memiliki ciri khas pertumbuhan merayap, dan bunganya merah jingga sampai merah cerah. Kini Lotus berthelotii dibudidayakan dalam perdagangan hortikultura dan tersedia luas sebagai tanaman hias.(**)

 

[spoiler]

Lotus Berthelotii, Kepulauan Canary (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com