bannersss


5 Tanaman yang Punah di Alam Liar Oceania

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sejak kira-kira 100.000 tahun yang lalu, seiring dengan laju populasi manusia yang semakin tinggi, laju kepunahan makhluk hidup menjadi sangat cepat, jauh lebih cepat dari kepunahan Cretaceous-Tertiary, yang terjadi sekitar 65.5 juta tahun yang lalu. Kepunahan ini dinamakan kepunahan Holocene, salah satu dari enam jenis kepunahan yang sudah diidentifikasikan sampai saat ini. Berikut 5 tanaman yang telah punah di alam liar Oceania:

 

1. Sophora Toromiro

Sophora toromiro, umumnya dikenal sebagai Toromiro, adalah spesies pohon berbunga dalam keluarga kacang-kacangan, Fabaceae, yang menjadi endemik di Pulau Paskah. Deforestasi berat telah menghapuskan sebagian besar hutan di pulau itu pada paruh pertama abad ke-17 (Orliac 2005), dan toromiro menjadi salah satu tanaman yang menjadi langka dan akhirnya punah di alam liar. Pohon itu, kini sedang diperkenalkan kembali ke pulau tersebut melalui proyek ilmiah oleh Royal Botanic Gardens, Kew dan Kebun Raya Gothenburg.

 

[spoiler]

Sophora Toromiro (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

2. Kokia Cookei

Kokia cookei adalah tumbuhan kecil, daun pohonnya dikenal sebagai koki’o atau moloka’i.  Tanaman ini dianggap sebagai salah satu tanaman yang paling langka dan jenis tumbuhan yang paling terancam punah di dunia. Bahkan ketika pertama kali ditemukan pada 1860-an, hanya tiga pohon saja yang bisa ditemukan. Namun sayang, tanaman ini akhirnya dianggap punah pada 1950-an ketika bibit terakhir yang masih hidup ikut pula punah. Pada dekade1970, satu tumbuhan jenis ini ditemukan di perkebunan Kauluwai dimana kokia “terakhir” tumbuh. Meskipun pohon ini hancur dalam kebakaran pada tahun 1978, sebuah cabang telah berhasil dicangkokkan. Saat ini terdapat sekitar 23 tanaman yang berhasil dicangko ulang.

 

[spoiler]

Kokia Cookei (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

3. Cyanea Truncata

Cyanea truncata adalah spesies tanaman berbunga langka dalam keluarga Bellflower dikenal dengan nama umum Punaluu cyanea. Tanaman ini adalah endemik pulau Oahu dan Molokai di Hawaii, tetapi sekarang punah di alam liar. Beruntung beberapa dari jenis tanaman ini, berhasil dibudidayakan dan beberapa individu telah telah berhasil ditanam di habitat yang tepat.

 

[spoiler]

Cyanea Truncata (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

4.Cyanea Superba

 Cyanea superba adalah spesies tanaman berbunga langka dalam keluarga Bellflower dikenal dengan nama Kaala cyanea gunung and superb cyanea. Tanaman ini adalah endemik pulau Oahu, tetapi sayang sekarang punah di alam liarnya. Dalam sebuah pembudidayaan, beberapa individu dari tanaman ini telah berhasil ditanam di habitat yang tepat. Cyanea superba adalah spesies yang terdaftar terancam punah di Amerika Serikat.

 

[spoiler]

Cyanea Superba (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

Ada dua subspesies. Spesies  regina belum pernah terlihat sejak 1932 dan dianggap punah. Kemudian superba dikumpulkan di abad 19 dan kemudian tidak terlihat lagi sampai tahun 1971 sampai ditemukannya kembali nya. Pada 1970-an ada sekitar 60 tanaman dihitung. Tanaman ini sedang disebarkan di sejumlah fasilitas di Hawaii.

 

5. Cyanea Pinnatifida

Cyanea pinnatifida adalah spesies langka tanaman berbunga dalam keluarga Bellflower dikenal dengan nama umum sharktail cyanea. Tanaman ini adalah endemik Oahu, tetapi sekarang punah di alam liar dan hanya ada dalam budidaya saja. Seperti Cyanea lain dikenal sebagai haha ​​di Hawaii.
Pada saat itu tanaman ini terdaftar sebagai spesies terancam punah pada tahun 1991 hanya ada satu kini. Ia tumbuh di Pegunungan Waianae Oahu hingga 2001, saat ia mati. Sekarang beberapa tanaman yang disimpan di Arboretum Lyon di Honolulu dan beberapa telah ditanam di habitat yang sesuai.(**)

 

[spoiler]

Cyanea Pinnatifida (sumber:Berbagai sumber, uniknya.com, April 2012)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, April 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com