5 Tujuan Wisata Belanja di Garut

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Kabupaten Garut, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten yang satu ini kini sedang berbenah diri menjadi satu kabupaten dimana pariwisata menjadi moda unggulannya. Berbagai macam objek wisata menarik, kini tengah dikembangkan pemerintah Kab. Garut yang menjadi tujuan pariwisata turis lokal maupun mancanegara. Berikut uniknya.com mengulas 5 tujuan wisata belanja di Garut:

 

1. Sentra Kulit Sukaregang

Lokasi : Sepanjang Jalan A. Yani Sukaregang

Garut adalah salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Produk jaket kulit di Garut dihasilkan dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut. Jika Anda tertarik dengan jaket kulit ini, datang saja ke sentra kerajinan jaket kulit Garut, di Sukaregang. Letaknya tak jauh dari pusat Kota Garut. Sentra kerajinan jaket kulit ini sudah cukup terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Ini bisa dilihat dari banyaknya produk jaket kulit Garut yang diekspor ke luar negeri. Desain dan motif yang digunakan pada jaket kulit Garut sangat beragam dan modern. Tidak monoton itu-itu saja, jadi selalu menarik untuk dilihat dan dibeli.

 

[spoiler]

Sentra Kulit Sukaregang (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Sentra Akar Wangi (Zocha)

Lokasi: Jl. Pakuwon No 1 Garut

Garut adalah salah satu penghasil minyak akar wangi terbaik di dunia, selain dijadikan sebagai pengikat parfum, Kerajinan berbahan akar wangi dalam wujud hiasan dinding dan meja, taplak meja, vas bunga, tempat lilin, sajadah, dekorasi dan produk kreatif lainnya merupakan oleh-oleh yang cantik untuk dijadikan oleh-oleh. Keistimewaan kerajinan Akar Wangi ini adalah selain berfungsi sebagai hiasan juga dapat menjadi pengharum yang menyegarkan ruangan. Konon rumput Akar Wangi ini sudah dikenal sejak lama dipergunakan untuk pewangi batik, maupun pengharum lemari penyimpan pakaian atau benda-benda pusaka seperti keris.

 

[spoiler]

Sentra Akar Wangi (Zocha) (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Picnic Coklat Dodol Coco.dol

Lokasi: Garut Kota

Picnic Choco.Dol merupakan paduan yang pas antara kelezatan coklat pilihan dengan cita rasa khas dodol Garut Picnic. Sangat Tepat sebagai cemilan maupun bingkisan. Pastinya, kehadiran Picnic Choco.Dol untuk semakin memanjakan para pelanggan setia Dodol Picnic yang ingin menikmati kelezatan dodol Picnic dalam bentuk dan cara penyajian yang berbeda. Selain itun adanya produk diversifikasi dodol Garut tersebut kian memperkaya khazanah kuliner yang ada di Kabupaten Garut yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata belanja dan wisata kuliner yang semakin diperhitungkan.

 

[spoiler]

Picnic Coklat Dodol Coco.dol (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Batik Garutan dan Sutera Alam

Lokasi: Garut Kota

Merupakan batik paling terkenal kedua di Jawa Barat setelah batik Cirebon. Dengan ciri khas motif yang bercorak cerah dan masih handmade dalam proses pembuatannya. Saat ini batik Garutan banyak digemari dan dipakai oleh masyarakat Indonesia, khususnya kawula muda.

 

[spoiler]

Batik Garutan dan Sutera Alam (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Dodol Garut

Lokasi: Garut Kota

Merupakan makanan khas Kabupaten Garut yang telah menjadi ikon dari Kota Garut, penganan manis ini telah dikenal sampai ke mancanegara. Kabupaten Garut merupakan penghasil dodol berkualitas tinggi dengan beraneka ragam jenis rasa. Dodol Garut ini dikenal luas karena rasa khas dan kelenturan yang berbeda dari produk sejenis dari daerah lain. Industri ini di Garut telah berkembang sejak tahun 1926 oleh seorang pengusaha yaitu Ibu Karsinah dengan proses pembuatan yang sangat sederhana dan terus berkembang hingga saat ini. Selain memiliki cita rasa yang berbeda, harganya terjangkau dan merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat. Proses pembuatannya sangat sederhana dan bahan bakunya mudah diperoleh dengan memanfaatkan bahan seperti buah waluh, kentang, kacang, pepaya, nenas, sirsak, dan lain-lain. Dodol ini tidak menggunakan bahan pengawet dan tambahan bahan makanan yang bersifat sintetis, selain itu memiliki daya tahan cukup lama hingga 3 bulan.

 

[spoiler]

Dodol Garut (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Tambahan:

 

Pasar Ceplak

Lokasi: Jl. Siliwangi Garut

Pasar Ceplak adalah pasar makanan yang terletak di Jl. Siliwangi Garut. Dalam bahasa Sunda, céplak atau nyéplak berarti makan dengan bersuara karena mulut terbuka.
Di pasar ini kita bisa menemukan berbagai macam makanan, baik itu makanan tradisional khas Sunda seperti mayang, gegetuk, ataupun makanan lain seperti sate, soto, martabak, dan lain sebagainya. Pasar Ceplak merupakan sentra jajanan pasar terbesar di Kota Garut, mulai buka dari pukul 17.00 WIB. Pasar Ceplak tempat yang harus dituju oleh Anda wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Garut.

 

[spoiler]

Pasar Ceplak (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: pariwisata.garutkab.go.id, uniknya.com, April 2012

  • Padi City Resort

    Infonya menarik, thanks :)

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com