bannersss


5 Kota Terbesar di Thailand

Oleh: Jalaksana Winagaoen

[UNIKNYA.COM]: Thailand adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang berbentuk kerajaan, dan dikenal juga sebagai negara yang memiliki berbagai pusat industri dan panorama indah menarik. Berbagai pusat industri tersebar dipelosok kota besar di Thailand. Pun demikian pusat-pusat budaya juga. Berikut 5 kota terbesar di Thailand yang memiliki  populasi penduduk terbesar:

 

1. Bangkok, populasi 5.658.953 jiwa

Bangkok adalah ibu kota dan kota terbesar di Thailand. Kota ini terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya, dekat Teluk Thailand. Bangkok adalah salah satu kota dengan perkembangan terpesat, dengan ekonomi yang dinamis dan kemasyarakatan yang progresif di Asia Tenggara. Kota ini sedang berkembang menjadi pusat regional yang dapat menyaingi Singapura dan Hong Kong, namun masih mempunyai masalah dalam sektor infrastruktur dan sosial sebagai akibat perkembangannya yang pesat. Bangkok telah lama menjadi pintu masuk bagi penanam modal asing yang ingin mencari pasar baru di Asia. Kota ini juga mencatat sebagai salah satu kota di dunia dengan laju penambahan konstruksi gedung pencakar langit tercepat. Kaya akan situs-situs budaya membuat Bangkok sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia.

 

[spoiler]

Bangkok (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Nonthaburi, populasi 260.555 jiwa

Nonthaburi adalah kota utama dari kabupaten dan provinsi dengan nama yang sama di Thailand.
Nonthaburi meliputi lima wilayah Talat Khwan, Bang Khen, Bang Kraso dan Tha Sai. Pada Januari 2011, memiliki penduduk 260.555, menjadikannya kota terbesar ketiga di Thailand. Karena lokasinya dekat dengan kota Bangkok sebenarnya kota ini masuk ke dalam pinggiran kota Bangkok, bagian dari Metropolitan Area Bangkok.

 

[spoiler]

Nonthaburi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Pak Kret, populasi 168.763 jiwa

Pak Kret adalah sebuah Kota kotamadya di distrik dengan nama yang sama di Provinsi Nonthaburi, Thailand. Pak Kret terletak di dataran Thailand Tengah di tepi timur Sungai Chao Phraya yang lebih rendah, berbatasan dengan Kota Nonthaburi di selatan dan Provinsi Pathum Thani di utara. Kota ini adalah daerah pinggiran ibu kota Bangkok, yang berbatasan di sebelah timur, membentuk pembangunan perkotaan berkelanjutan dari Wilayah Metropolitan Bangkok. Dengan jumlah penduduk terdaftar 178.907 jiwa, Pak Kret adalah kota kedua terpadat dari kota-kota di Thailand setelah Nonthaburi.

 

[spoiler]

Pak Kret (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Hat Yai, populasi 157.682 jiwa

Hat Yai merupakan nama kota yang terletak di Thailand bagian selatan terletak di dekat perbatasan Malaysia. Dengan memiliki jumlah penduduk sebanyak 155.805 jiwa (2005) di daerah kota dan di daerah metropolitan berjumlah 700.000 jiwa, terletak di Provinsi Songkhla. Nama “Hat Yai” berasal dari “Ma Hat Yai”, dipanggil pohon Ma Hat.

 

[spoiler]

Hat Yai (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Udon Thani, populasi 141.953 jiwa

Udon Thani adalah sebuah kota di Isan, kawasan timur-laut Mueang Thai, dan merupakan ibukota Provinsi Udon Thani. Kota ini memiliki populasi sebesar 143.081 terletak sekitar 560 km dari Bangkok. Udon juga merupakan pusat komersial utama di Isan utara dan pintu gerbang ke Laos, Vietnam Utara dan Cina Selatan. Udon Thani memiliki Mal Big C, sebuah supermarket Tesco-Lotus (anak perusahaan milik Tesco), pusat perbelanjaan Makro, Carrefour, di Mal plaza sentral dan mal baru, Udon Town.

 

[spoiler]

Udon Thani (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Untuk kota Udon Thani dikenal sebuah situs forum daring bernama UdonTalk. Situs ini penuh dengan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Udon Thani, Isan dan Thailand pada umumnya. Jika seseorang memiliki pertanyaan tentang Udon Thani atau daerah sekitarnya, mereka dapat bertanya di forum tersebut.(**)

 

Sumber:dari berbagai sumber, uniknya.com, April 2012

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com