5 Ole-Ole “Nge-Trend” Khas Bandung

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Dikala akhir pekan menyapa, Bandung menggeliat menjadi kota yang utama. Yah, Kota Bandung memang menjadi tujuan para pelancong dari berbagai kota di Jawa, bahkan mancanegara. Para fashionista hingga penikmat kuliner tumpah ruah di kota berjuluk Parijs van Java ini. Tua muda, muda mudi mengambil peran dan bagian dalam tatanan kotanya yang bingar. Nah bagi Anda penjajal kuliner, ada baiknya mengetahui beberapa makanan dan minuman asal Bandung yang kini semakin ngtrend sampai di luar Bandung. Silahkan Anda simak artikel berikut:

 

1. Kripik Pedas

Beberapa waktu lalu, uniknya.com pernah membahas sekelumit aneka kripik pedas yang ngetrend asal Bandung. Nama-nama brand yang telah terkenal semisal Kripik Maicih, Kripik Karuhun, dan brand kripik lainnya. Sedikit meihat ke belakang, dahulunya kripik hanyalah cemilan warungan. Tapi sekarang kripik dengan berbagai level pedas, telah menjadi penganan yang banyak diburu para pemuja pedas tanah air.

 

[spoiler]

Kripik Pedas (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Batagor

Batagor it’s mean Baso-Tahu-Goreng… demikianlah kurang lebih akronim yang termaktub dari sepanggal kata bernama Batagor. Batagor adalah makanan tradisional khas Jawa Barat yang dibuat dari tahu berbalut tepung lalu digoreng. Biasanya tepung tersebut sudah dicampur dengan olahan ikan tenggiri yang gurih pastinya. Ditemani sambal kacang berbalut kecap manis, ditetesi aroma asam jeruk nipis. Hmmm… maknyos punya! Di Bandung panganan yang satu ini luar biasa terkenal. Apalagi bagi para penikmat kuliner dari Jakarta. Nah mau tahu kan Batagor mana saja yang terkenal dari Bandung? Beberapa diantaranya; Batagor Riri, Kingsley, Isan, Sukajadi dan sejabanya. Hehee…

 

[spoiler]

Batagor (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Bakso Malang

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Begitupun dengan Baso Malang. Hidangan yang satu ini juga begitu santer terkenal di Indonesia, tak terkecuali di Bandung.

 

[spoiler]

Bakso Malang (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sebagai surga kuliner, Bandung memiliki beberapa tempat tujuan untuk menikmati Baso Malang yang terkenal seantero Bandung, bahkan mungkin hingga penikmat baso asal Jakarta. Sebutlah misalnya, Baso Malang Karapitan, Baso Malang Mandeep, Baso Malang Cipaganti hingga Baso Malang Enggal. Nah buat nama yang terakhir ini, “Enggal” memiliki bentuk layanan berbeda dengan baso malang lainnya.

 

4. Cendol

Sedikit cerita mengenai es Cendol Elizabeth. Pada saat pertama jualan, es cendol ini tak  punya nama. Usut punya usut, karena jualan di depan Toko Tas Elizabeth, maka banyak orang menyebutnya dengan es Cendol Elizabeth. Sekarang resminya Es Cendol Elizabeth ini tidak berjualan lagi di depan Toko Tas Elizabeth, tapi di rumahnya sendiri, di jalan Pelindung Hewan, sekitar 1 km dari Toko Tas Elizabeth di jalan Oto Iskandardinata.

 

[spoiler]

Cendol (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Cendol Elizabeth ini jadi favorit banyak orang karena kelezatannya. Ada beberapa hal yang menjadi kelebihannya, selain cendolnya  yang lembut, warna hijaunya betulan memakai campuran suji dan pandan bukan pewarna loh! Sedangkan pemanisnya,  gula jawa asli menjadi andalannya.

 

5. Cireng

Cireng atau aci goreng, adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an. Bahan makanan ini antara lain terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng.

 

[spoiler]

Cireng (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Seiring dengan perkembangan zaman, para penggila cireng telah bereksperimen hingga memiliki banyak variasi rasa yang ada mencakup daging ayam, sapi, sosis, baso, hingga keju dan ayam teriyaki. Sekarang Cireng tidak hanya terdapat di Priangan saja loh, tetapi sudah menyebar ke hampir seluruh penjuru Nusantara.(**)

 

Sumber:  Dari berbagai sumber, uniknya.com, Mei 2012

 

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com