5 Pemenang Indonesian Idol (2006 – 2010)

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Indonesian Idol adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI. Ajang ini merupakan pencarian idola di bidang tarik suara. Indonesian Idol telah menjadi acara realitas terbesar di Indonesia. Setelah kemunculan Indonesian Idol, banyak acara realitas lain yang ditayangkan.

 

Setiap musimnya Indonesian Idol selalu dinanti-nanti oleh ribuan peserta dan jutaan penonton dari seluruh Indonesia. Selain juri-jurinya berkompeten di industri musik Indonesia, persaingan yang sengit antar peserta dan tingkah konyol para peserta yang terbilang “nekad” ingin menjadi bintang idola adalah daya tarik acara ini. Berikut uniknya.com mengenang kembali mereka yang pernah menjadi pemenang ajang bergengsi ini dalam enam musim.

 

1.      Musim Pertama (2004)

Joy terpilih sebagai juara Indonesian Idol yang pertama, dengan lagu kemenangan Karena Cinta ciptaan Glenn Fredly. Karena satu hal, kemenangan Joy dibatalkan dan gelar juara Indonesian Idol yang pertama jatuh pada Delon sang runner-up. Indonesian Idol pertama menjadi Indonesian Idol Musim Terbaik sepanjang sejarah pelaksanaan Indonesian Idol.

Yang menjadi juri pada musim pertama ini adalah Indra Lesmana sebagai ketua juri, Titi DJ, Dimas Djayadiningrat, dan Meuthia Kasim.

 

[spoiler]

Joy Destiny Tiurma Tobing (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Joy Destiny Tiurma Tobing (lahir di Jakarta, 20 Maret 1980; umur 32 tahun), tak lama setelah menjuarai Idol, memutuskan kontraknya dengan Fremantle setelah adanya masalah di antara kedua pihak. Sampai saat ini, Joy telah mengeluarkan banyak album, diantaranya dari tahun 1996 – 2003 sebelum mengikuti Indonesian Idol, dia telah menghasilkan banyak Album Rohani dan Batak, 2004 Terima Kasih, 2005 Rise, 2006 Janjimu seperti Fajar, dan terakhi 2008 Faithful.

 

[spoiler]

Delon (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Delon mempunyai latar belakang sebagai wedding singer. Ia menggemari Josh Groban, seorang penyanyi asal Amerika Serikat. Sampai saat ini Deon telah mengeluarkan dua album; Bahagiaku (2004) dan Perasaanku (2008).

Debut akting Delon dimulai dengan membintangi film layar lebar berjudul Vina Bilang Cinta (2005) yang meraih prestasi cukup lumayan di box office Indonesia. Dalam film ini ia beradu akting dengan aktris peraih Piala Citra FFI 2005, Rachel Maryam.

 

2.      Musim Kedua (2005)

 

Dimusim ini, terdapat 12 orang finalis. Album Kompilasi Finalis dimusim ini adalah Seri Cinta dengan lagu andalan Cintaku karya Eros Djarot. Juara dimusim ini adalah Mike mengalahkan Judika dibabak grand final. Dengan lagu kemenangan Semua Untuk Cinta.

Yang menjadi juri pada musim kedua ini adalah Indra Lesma (ketua juri), Titi DJ, Dimas Djayadiningrat, dan Indy Barends.

[spoiler]

Michael Prabawa Mohede(sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Michael Prabawa Mohede atau Mike Mohede lahir 7 November 1983 sampai saat ini telah menelurkan dua album solo; Mike dan Kemenanganku yang dirilis tahun 2010.

 

[spoiler]

Judika Nalon Abadi Sihotang (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Judika Nalon Abadi Sihotang (lahir di Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara, 31 Agustus 1978) telah memiliki 3 album; Seri Cinta (2005), One (2007), Setengah Hati Merindu (2010). Selain bersolo karir, saat ini Judika juga menjajal sebagai anak band dengan menjadi vocalis Mahadewa sebuah band yang di gawangi Ahmad Dhani.

Tak hanya berprofesi sebagai penyanyi, Judika juga mulai merambah dunia akting. Ia bermain di film “Si Jago Merah” pada 2008, dan pada 2009 bermain di film “The Tarix Jabrix 2″. Bersama kekasihnya, Duma Riris Silalahi ia juga bermain di film “Impal (pariban)”.

Di ajang Indonesian Movie Awards 2009, Judika mendapatkan penghargaan dalam kategori Pemeran Pendatang Baru Pria Terbaik lewat film “Si Jago Merah”.

 

3.      Musim Ketiga (2006)

 

Terpilih 12 orang finalis dengan album kompilasi Tribute To Tonny Koeswoyo dengan lagu andalan Nusantara.

Ihsan mengalahkan Dirly dalam perolehan voting dan menobatkannya sebagai pemenang Indonesian Idol dimusim ketiga, dengan lagu kemenangan Kemenangan Hati karya dari Yovie Widianto. Namun lagu tersebut akhirnya dinyanyikan oleh Dirly dan Gea di albumnya Yovie.

Juri dari musim ketiga ini masih sama dengan musim yang kedua.

 

[spoiler]

Muhamad Ihsan Tarore (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Muhamad Ihsan Tarore atau yang biasa hanya disebut Ihsan, (lahir di Medan, Sumatera Utara, 20 Agustus 1989; umur 22 tahun), sulung dari 3 bersaudara anak pasangan Kusnadi dan Endang Susilawati kontestan yang berasal dari Medan. Ihsan memenangkan kontes ini pada saat umurnya masih 17 tahun. Ihsan baru menghasilkan satu album solonya yang berjudul The Winner yang dirilis tahun 2007. Selain bernyanyi, ia pun pernah menjadi bintang di 5 film dan 3 sinetron dan 1 FTV. Filmnya adalah Mengaku Rasul (2008), JK (2009), Sang Pencerah (2010), Mati Muda di Pelukan Janda (2011), dan Bait Surau (2012). Sinetron yang pernah ia bintangi adalah Maha Kasih 2, Surga-Mu, dan Melody. Dan, FTV yang ia bintangi adalah Bingkisan Tujuh Belasan bersama Naysila Mirdad dan Glenn Alinskie).

 

[spoiler]

Dirly (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Dirly The Manado Baby adalah finalis Indonesian Idol termuda asal Manado yang masih duduk di bangku SMU saat mengikuti audisi Indonesian Idol. Setelah berhasil menjadi runner-up Indonesian Idol, ia terlibat dalam dua film, The Shaman (2008) dan Pengantin Cinta (2010). Selain film, ia pun menggeluti bidang sinetron, Mak Comblang, Idola, Olivia, Jelita, Nikita, dan Cinta dan Anugerah.

 

4.      Musim Keempat (2007)

 

12 orang finalis yang terpilih dibuatkan album kompilasi Masterpiece dengan lagu andalan Bendera karya Eross Candra yang pernah dipolulerkan oleh Cokelat.

Juara dimusim ini adalah Rini yang mengalahkan Wilson di grand final dengan lagu kemenangannya adalah Aku Tetap Milikmu karya Anton BHS.

Yang menjadi juri di musim ke empat ini tidak mengalami banyak perubahan, hanya saja Indy Barends digantikan posisinya oleh Jamie Aditya.

 

[spoiler]

Rini Wulandari (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Rini Wulandari atau Rini (lahir di Kota Medan, Sumatera Utara, 28 April 1990; umur 22 tahun) baru menelurkan satu album bertajuk Aku Tetap Milikmu (2007) dimana dalam album ini, Rini menyanyikan kembali lagu Shaden “Dunia Belum Berakhir” dan Agnes Monica “Jera.”

 

[spoiler]

Wilson Simon (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Wilson Simon Maiseka (lahir di Ambon pada 24 Agustus 1989; umur 22 tahun) merelakan gelar Indonesian Idol yang keempat jatuh pada Rini. Dalam album Masterpiece Wilson menyanyikan kembali lagu Aku Bukan Pilihan yang sebelumnya dipopularkan oleh Iwan Fals.

 

5.      Musim Kelima (2008)

 

Indonesian Idol musim kelima ini dimenangkan oleh Aris mengalahkan Gisel. Sebelumnya, audisi Indonesian Idol musim kelima ini di selenggarakan di 15 kota, diantaranya Medan, Manado, Ambon, Bali, Surabaya, Bandung, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Malang, Madiun, Salatiga, Purwokerto, Tegal, dan Cirebon. Di musim kelima ini, Ata selaku pembawa acara idol dari musim pertama digantikan pembawa acara baru yang akan menemani Daniel Mananta. Yaitu Dewi Sandra. Begitu pula dengan posisi juri, Jamie tidak kembali mengisi kursi dewan juri. Musim kelima ditayangkan mulai tanggal 11 April hingga 2 Agustus 2008. Indonesian Idol Musim Kelima adalah Indonesian Idol terburuk sepanjang sejarah.

 

[spoiler]

Januarisman (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Januarisman atau yang lebih dikenal dengan nama Aris ‘Idol’ (lahir di Jakarta, 25 Januari 1985; umur 27 tahun) setelah memenangkan Indonesian Idol berhasil mengeluarkan satu album Ajari Aku (2010).

 

[spoiler]

Gisella Anastasia (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Gisella Anastasia atau yang lebih dikenal dengan nama Gisel ‘Idol’ (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 16 November 1990; umur 21 tahun) adalah finalis Indonesian Idol 2008. Giselle juga merupakan salah-satu sinden tamu dalam acara Opera Van Java.

 

Tambahan:

Musim Keenam (2010)

 

Indonesian Idol kembali lagi setelah berhenti 1 tahun pada 2009. Indonesian Idol musim keenam diselenggarakan pada 2010 dan mengusung tema “Be A Superstar”. Pada musim ini, posisi Indra Lesmana dan Titi DJ sebagai juri digantikan oleh Agnes Monica dan Erwin Gutawa, sedangkan Anang Hermansyah tetap menjadi juri, ditambah dengan Rossa dan Melly Goeslaw sebagai Juri Tamu. Acara ini masih dibawakan oleh Daniel Mananta. Yang memenangkan Indonesian Idol 2010 adalah Igo dari Ambon.

 

[spoiler]

Elicohen Christellgo (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Elicohen Christellgo Pentury atau yang lebih dikenal dengan nama Igo ‘Idol’ (lahir di Ambon, 19 Februari 1993; umur 19 tahun) merilis albumnya yang pertama berjudul Terima Kasih dan dirilis tahun 2010. Banyak musisi-musisi terkenal Indonesia, seperti Rika Roeslan, Erwin Bragi, Baron, Dewiq, Anang Hermansyah dan masih banyak lainnya yang terlibat dalam pembentukan album yang didominasi dengan aliran musik pop.

Kita lihat siapa yang akan menjadi pemenang Indonesian Idol 2012 ini dan bagaimana perjalanan karier pemenangnya. (**)

 

Sumber: berbagai sumber, wikipedia.org, uniknya.com, Mei 2012

  • http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=gZW_Iwkb53Y Rolland Connette

    Your web site does not show up correctly on my iphone you may want to try and repair that

  • aully bukan

    Thanks atas infonya…

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com