bannersss


5 Sungai Terpanjang di Amerika Serikat (Bagian I)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Di negara adidaya seperti Amerika, terdapat beberapa sungai besar dan sungai dengan titel terpanjang. Misalnya Sungai Mississipi, merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan juga sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Sedangkan di urutan pertama bertengger Sungai Missouri dengan panjang sungai mencapai 3.768 km. Langsung saja untuk mengetahui detailnya, Kami sisihkan 5 sungai terpanjang di negara Amerika Serikat:

 

1. Sungai Missouri, 3.768 km

Sungai Missouri ialah sungai di barat Amerika Serikat. Merupakan anak sungai Mississippi. Lebih panjang daripada Sungai Mississippi. Kenyataannya merupakan sungai terpanjang di Amerika Utara. Sungai Missouri mengalir melalui Dataran Besar, salah satu bagian terkering Amerika Utara.

 
[spoiler]

Sungai Missouri (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Hulu Sungai Missouri ialah di Pegunungan Rocky, di negara bagian Montana. Sungai Missouri mengalir ke arah timur, melintasi Montana, ke selatan perbatasan dengan Kanada. Memasuki negara bagian North Dakota dan kemudian berbelok ke selatan. Mengalir melalui South Dakota. Kemudian mengalir melalui Iowa, Nebraska, Missouri, dan Kansas.

Sungai Missouri sangat penting untuk penduduk asli Amerika yang tinggal di Dataran Besar. Juga sangat penting dalam sejarah AS. Missouri digunakan sebagai jalur Ekspedisi Lewis dan Clarkpada 1804-1806.

 

2. Sungai Mississippi, 3.734 km

Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Memiliki panjang 3,734 km (2,320 mi) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko. Nama “Mississippi” berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti “bapak air.”

 
[spoiler]

Sungai Mississippi (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Mata air Mississippi ialah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Mississippi mengalir dari selatan melintasi tengah AS. Mengalir melewati negara bagian Wisconsin,Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, dan Mississippi.

Mississippi telah menjadi luar biasa penting dalam sejarah AS. Saat pertama kali AS menjadi negara, Sungai Mississippi merupakan perbatasan barat AS. Dalam sejarah AS, Mississippi telah menjadi sangat penting untuk pengangkutan dengan air.

 

3. Sungai Yukon, 3.190 km

Sungai Yukon adalah anak sungai utama dari barat laut Amerika Utara. Sumber sungai ini terletak di British Columbia, Kanada. Bagian bawah sungai terletak di negara bagian AS Alaska. Sungai ini memiliki panjang 3.190 km dan bermuara di Laut Bering di Delta Yukon-Kuskokwim.  Rata-rata alirannya adalah 6.430 m³ / s.

 

[spoiler]

Sungai Yukon (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Sungai Rio Grande, 3.051 km

Rio Grande adalah sebuah sungai yang mengalir dari barat daya Colorado di Amerika Serikat ke Teluk Meksiko. Sepanjang jalan itu merupakan bagian dari perbatasan Meksiko – Amerika Serikat. Menurut Komisi Perbatasan dan Air Internasional, panjang total sungai ini adalah 3.051 km di akhir 1980-an, meskipun kadang-kadang saja bergeser mengakibatkan perubahan panjang. Tergantung pada bagaimana mengukurnya, Rio Grande adalah terpanjang keempat atau kelima sistem sungai di Amerika Utara. Daerah aliran sungai Rio Grande yang meliputi 182.200 mil persegi.

 

[spoiler]

Sungai Rio Grande (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Sungai Colorado, 2.330 km

Sungai Colorado adalah sungai utama dari barat daya Amerika Serikat dan barat laut Meksiko. Memiliki panjang 2.330 km yang mencakup tujuh negara bagian AS dan dua negara bagian Meksiko. Bermuara di Pegunungan Rocky di AS, sungai mengalir umumnya di barat daya di Dataran Tinggi Colorado sebelum mencapai Danau Mead di Arizona-Nevada. Setelah memasukkan Meksiko, Colorado membentuk delta besar, bermuara ke Teluk California antara Baja California dan Sonora.(**)

 

[spoiler]

Sungai Colorado (sumber:blogspot.com.uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org, uniknya.com, Mei 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com