5 Konsep Transportasi Masa Depan

Oleh : Iqbal Vetra

[UNIKNYA.COM] Sistem transportasi umum menawarkan banyak keuntungan. Jika dibandingkan kendaraan pribadi, transportasi umum bisa membawa sejumlah besar orang dari lokasi A ke lokasi B dalam style, juga dengan prosedur keselamatannya. Selain dapat mengurangi kemacetan, mengurangi polusi, dan dengan biaya yang murah, transportasi umum kini sudah dikonsep untuk mengawali teknologi modern di masa depan. Meskipun faktanya banyak kota di dunia masih dibebani oleh infrastruktur transportasi publik yang sudah usang, namun beberapa rencana radikal kini sedang dibuat. Jadi apa yang menarik dari transportasi umum dalam waktu 50 tahun ke depan? Simak beberapa poin kami yang menghimpun beberapa transportasi umum dengan konsep yang menggoda.

 

1. Evacuated Tube Transport (ETT)

Jika kereta api tercepat saat ini dipegang oleh sistem maglev yang dapat mengambang secara magnetis, atau sering juga disebut kereta magnet. Namun kini inovasi baru sedang dalam tahap pembuatan, yang  akan membawa anda bepergian 50 kali lebih cepat daripada kereta api berkecepatan tinggi. Sistem ini merupakan tabung teknologi Evacuated Tube Transport (ETT) yang dirancang oleh para pemikir revolusioner dunia untuk transportasi umum masa depan. Jika benar, kita bisa keliling dunia hanya dalam waktu satu hari. Luar biasa!.

 

[spoiler]

Evacuated Tube Transport (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Bentuk tabung teknologi Evacuated Tube Transport (ETT) ini seperti polong dan hampa udara. Memberikan kita keamanan dan kenyamanan dalam bepergian. Selain itu jika dibanding menggunakan kereta api atau pesawat terbang, transportasi sistem ini lebih unggul soal biaya  dan memberikan Anda ketenangan.

Tersedia enam kursi, dan beratnya hanya 183 kilogram, dirancang untuk menggapai kecepatan fenomenal hingga 4.000 mph (6.500 kph), dengan menggunakan energi jauh lebih sedikit daripada metode transportasi konvensional, yang akan memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan dari New York ke Los Angeles hanya dalam waktu 45 menit, dan New York ke Beijing hanya dalam waktu dua jam.

 

2. ULTRA-PRT 

Ide tentang kendaraan masa depan biasanya berbentuk kapsul dan dapat bergerak tanpa roda. Seperti itulah ide yang ditawarkan ULTRA-PRT (Urban Light Transport, Personal Rapid Transit). Walau kendaraan ini sangat bisa diterapkan sebagai sarana transportasi umum, tapi saat ini penggunaannya masih terbatas. Lokasi yang beruntung menerapkan ULTra adalah Bandara Heathrow, London.

Di sana, kendaraan ini sudah tersedia 21 unit (satu unit memuat enam orang) melakuan layanan antar-jemput penumpang pesawat sejauh 1,2 mil dari Terminal 5 ke dua stasiun yang ada di parkiran bandara. Produsen pembuat ULTRA-PRT mengakui, biaya pembuatan dan biaya operasional proyek transportasi ini tidak mahal (hemat 40%), serta irit energi. Karena itulah, sistem transportasi ini menguntungkan dibanding sarana transportasi yang ada sekarang.

 

[spoiler]

ULTRA-PRT (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Monorail Masa Depan Bertenaga Manusia

Inilah solusi transportasi monorel alternatif masa depan. Personal, efisien, murah, dan menyehatkan. Kendaraan bernama Shweeb ini adalah gabungan antara teknologi monorel dan sepeda. Bentuk kendaraannya adalah kapsul transparan yang muat untuk satu orang. Di dalamnya ada pedal untuk dikayuh si pengendara. Dengan desain ini, Shweeb menawarkan solusi kendaraan personal untuk diterapkan di perkotaan, dengan sistem efisien, murah, sekaligus juga rekreasional dan menyehatkan. Sistem transportasi ini sudah diterapkan di Agroventures Park di Rotorua, Selandia Baru.

 

[spoiler]

 

Monorail Masa Depan Bertenaga Manusia (sumber:wordpress.com)

[/spoiler]

 

4. Blade Runner (Rail & Road Hybrid)

Blade Runner adalah perpaduan apik antara kereta dan bis. Konsep kendaraan umum dual-mode ini dikembangkan oleh perusahaan asal Inggris, Silvertip Design, pada 2004. Tujuannya, mengatasi kemacetan lalu lintas. sekaligus meminimalkan polusi udara dan penggunaan bahan bakar fosil.

Blade Runner dilengkapi dua macam roda, untuk jalan raya dan rel kereta. Memungkinkan kendaraan ini untuk berpindah dari jalan raya ke rel kereta. Pengendaraan bisa diatur menggunakan sistem automatis atau manual, dengan mesin penggerak hybrid-electric dengan mesin diesel (depan) dan motor listrik (belakang).

Kendaraan umum ini mampu memuat hingga 105 penumpang untuk model double deck dan 70 + 35 (penumpang berdiri) untuk model single deck. Kecepatan maksimalnya mencapai
120 km/jam, dengan konsumsi bahan bakar 14-20 liter/100 km.

 

[spoiler]

Blade Runner (Rail & Road Hybrid) (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

5.  SkyTran 

Inilah solusi yang ditawarkan oleh Uni Modal Transport Solutions asal Amerika dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di masa depan. Mereka menyebutnya, very high-capacity and high-speed Personal Rapid Transport (PRT).

 

[spoiler]

SkyTran (sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sistem SkyTran digunakan secara individual dansetiap unit memuat dua penumpang. Berbeda dengan trem atau monorail, SkyTran tak memiliki jadwal karena penumpang bisa naik kapan saja di departure portal mana saja, dan memilih tujuan perjalanan mereka. Setiap unit akan bergerak otomatis (driverless) ke exit portal yang dipilih, dan mampu mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam di dalam kota, dan 240 km/jam antar kota.

 

Tambahan:

Aerotrain

Dewasa ini, kembali dihadirkan prototipe flying train yang menerapkan sistem berbeda. Ketimbang memperbaiki desain aerodinamika, model yang dikembangkan di kohama laboratory, institute of fluid science, tohoku university, jepang, ini, mempertimbanghkan aspek lain dari aerodimaika. Yaitu, menggunakan efek wing-in-ground (wig) effect, yang memungkinkan kereta ini “terbang” di atas rel setinggi 10 cm sehingga menghilangkan gesekan dengan rel yang menghambat laju. Efek wig terjadi saat kecepatan mencapai 500 km/jam.

Kereta terbang ini juga memanfaatkan energi surya dan energi angin untuk disimpan dan diubah menjadi tenaga listrik. Saat ini para peneliti mengembangkan model untuk enam penumpang, dengan tujuan akhir membuat aero train sepanjang 85 meter berkapasitas 325 penumpang, dan mulai beroperasi pada 2020.(**)

 

[spoiler]

Aerotrain(sumber:wordpress.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Sumber : gizmag.com & berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012

  • http://saeful13.blogspot.com Saeful13

    semoga saja tidak hanya konsep tapi, bisa terealisasikan

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com