bannersss


Kelahiran 14 Juni (Massimo Oddo)

[UNIKNYA.COM]: Massimo Oddo lahir pada 14 Juni 1976 di Città Sant’Angelo, Pescara, Itali.  Bakatnya bermain bola, ia dapatkan dari sang ayah, Francesco yang juga seorang pemain sepakbola. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap ini meninggalkan kuliahnya di bidang hukum, dan kembali melanjutkan kuliahnya di bidang management olahraga. Ia menikahi Claudia Criveneli dan memiliki dua anak, Davide (lahir 30 November 2003) dan Francesco (lahir 27 December 2008). Ia juga dijuluki ‘Tukang Cukur’ dari Berlino, karena sering membantu mencukur rekan setimnya di Timnas Itali pada perhelatan Piala Dunia 2006.

Oddo memulai karir di Renato Curi Angolana of CND dan pindah ke A.C. Milan junior. Setelah 2 tahun berada di bangku cadangan, ia dipinjamkan ke Fiorenzuola yang bermain di Liga Serie C Itali dalam status pinjaman.  Klub AC Milan lalu menjual Oddo ke Hellas Verona pada tahun 2000. Setelah dua tahun sukses bermain apik bersama Verona, ia dikontrak oleh Klub SS Lazio.

Permainan apiknya turut membawa Lazio masuk ke Liga Champions UEFA  dan UEFA Cup pada misim 2003-2004 dan 2004-2005. Ia juga sukses membantu Lazio menjuarai Italian Cup dan menjadi kapten pada tengah musim, menggantikan Fabio Liverani yang pindah ke Fiorentina pada 2006-2007.

 

Massimo Oddo saat membela A.C. Milan (sumber : blogspot.com)

 

Pada Januari 2007, AC Milan merekrut kembali Massimo Oddo dari Lazio setelah negosiasi panjang. 10, 75 juta Euro plus Pasquale Foggia sebagai pinjaman adalah harga yang harus dibayar AC Milan untuk mendapatkan jasa Oddo. Pada musim ini pula Massimo Oddo ikut membantu AC Milan menjuarai  Liga Champions UEFA setelah di final menang 2-1 atas Liverpool FC. dan merebut gelar juara UEFA Super Cup mengalahkan Sevilla.

 

Massimo Oddo ketika dpinjamkan ke Bayern Muenchen (sumber : blogspot.com)

 

Pada 28 August 2008 ia pindah sebagai pemain pinjaman ke Bayern Muenchen karena kalah bersaing dengan Gianluca Zambrota sebagai bek kanan. Oddo kembali ke A.C. Milan di musim 2009-2010 dan mendapatkan tempat sebagai pemain inti setelah Zambrota diposisikan sebagai bek kiri. Sayang pada musim 2010-2011, ia kalah bersaing dengan Luca Antonini. Kemudian ia dipinjam oleh klub Lecce pada musim 2011-2012. Setelah musim 2011-2012 berakhir, ia memutuskan untuk pensiun.

 

Massimo Oddo saat bermain untuk Lecce (sumber : blogspot.com)

 

Oddo juga sempat terpilih sebagai pemain Timnas Italia. ia memulai debutnya pada tahun 2002, namun Italia gagal total di putaran final piala dunia 2002. Oddo juga sempat mencicipi gelar Piala Dunia 2006 ketika ia terpilih sebagai pemain Timnas Italia bersama Fabio Cannavaro yang pada saat itu menjabat sebagai kapten.

 

Sumber : wikipedia.org, uniknya.com, Juni 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com