bannersss


Kelahiran 8 Juni (Soeharto)

[UNIKNYA.COM]: Jend. Besar TNI Purn Muhammad Soeharto atau Soeharto ia adalah mantan Presiden Kedua Republik Indonesia. Ia lahir di Bantul, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Anak dari pasangan Kertosudiro dan Sukirah terpilih menjadi prajurit teladan di Sekolah Bintara dan resmi menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945.

 

Soeharto menikahi Siti Hartinah atau biasa dipanggil Ibu Tien pada 26 Desembar 1947, di Solo. Pasangan ini dikaruniai enam putra dan putri yaitu Siti Hardiyanti Hastuti, Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Herijadi, Hutomo Mandala Putra dan Siti Hutami Endang Adiningsih.

 

Soeharto bersama keluarga (sumber : wordpress.com)

 

Ia mengambil alih pimpinan TNI AD dan dikukuhkan sebagai Pangkostrad dan ditunjuk sebagai Pangkopkamtib oleh Presiden Soekarno karena pada tanggal 1 Oktober 1965 terjadi peristiwa G/30 S/PKI. Dan pada 11 Maret 1966, Soeharto menerima Suret Perintah 11 Maret yang tugasnya mengembalikan keamanan, ketenangan, serta kestabilan jalannya pemerintahan dan jalannya revolusi. Pada 12 Maret 1966 Soeharto membubarkan PKI dan menyatakan sebagai partai terlarang di Indonesia karena dianggap bertanggung jawab atas Gerakan 30 S/PKI.

 

Saat Soekarno melantik Soeharto sebagai Presiden RI ke-2 (sumber : wordpress.com)

 

Soeharto naik jabatan menjadi presiden setelah pertanggungjawaban Presiden Soekarno kepada MPRS ditolak. Soeharto memerintah lebih dari tiga dasa warsa lewat enam kali Pemilu, sampai ia mengundurkan diri, 21 Mei 1998 atas desakan dari mahasiswa yang dikenal sebagai Tragedi Mei.

 

Saat Suharto mundur sebagai Presiden RI (sumber : wordpress.com)

 

 

Bapak Pembangunan ini meninggal dunia pada 27 Januari 2008, akibat kegagalan organ multifungsi di RS Pusat Pertamina, Jakarta. Ia dimakamkan di Astana Giri Bangun, Solo pada 28 Januari 2008. Dan upacara pemakamannya pun dipimpin langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Sumber : dari berbagai sumber, uniknya.com, Juni 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com