bannersss


5 Aktivitas Pesepakbola Muslim Dunia di Bulan Ramadhan (Bagian I)

Oleh : Gabo

[UNIKNYA.COM]: Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Bisa menjalankan ibadah puasa adalah tantangan dan kebanggaan tersendri bagi umat muslim, tak terkecuali pesepakbola dunia. Akan tetapi kendala dari kompetisi yang kompetitif dan ketat, membuat beberapa pemain sulit untuk berpuasa. Ditambah kendala cuaca dan waktu berpuasa selama kurang lebih 18 jam yang dapat menguras tenaga. Berikut uniknya.com merangkum aktifitas beberapa pesepakbola dunia saat memasuki bulan Ramadhan :

 

 

1. Frederic Kanoute 

 

Pesepak bola asal Mali ini adalah salah satu contoh muslim yang taat. Kanoute adalah seorang mualaf yang resmi memeluk agama Islam pada usia 22 tahun. Ia selalu menyempatkan Shalat meskipun di dalam ruang ganti pemain saat akan memulai pertandingan. Pada Bulan Ramadhan tahun kemarin, Frederic Kanoute yang masih bermain untuk klub Sevilla pada saat itu, tetap menjalankan ibadah puasa meskipun harus mengikuti pertandingan. “Puasa adalah soal keyakinan, semangat dan mental bisa menaklukan fisik, bukan sebaliknya. Puasa Ramadhan justru membuatku semakin bersinar.” ucapnya.

 

[spoiler]

Frederic Kanoute (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Kanoute, yang kini hijrah ke klub Beijing Guoan, China, juga pernah menyumbangkan uangya kurang lebih 700.000 Dollar untuk membeli sebuah Masjid yang akan dibongkar di Sevilla, Spanyol. Dan yang paling kontroversial adalah ketika ia menolak mengenakan kaus Sevilla yang bersponsor rumah judi karena bertentangan dengan ajaran Islam.

 

2. Mesut Ozil

 

Ozil adalah salah satu pemain sepakbola muslim Timnas Jerman berketurunan Turki yang kini membela klub Real Madrid, Spanyol. Pada Piala Dunia 2010 yang dilangsungkan di Afrika Selatan, ia selalu menyempatkan membaca Kitab Suci Al-Quran sebelum turun bertanding. “Saya selalu melakukannya (membaca Al-Quran) setiap akan bertanding. Saya berdoa, teman-teman mengerti apa yang saya lakukan dan mereka tidak berani menggangu.” ujarnya saat diwancarai seusai pertandingan.

 

[spoiler]

Mesut Ozil (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Bulan Ramadhan tahun kemarin ia mengaku tidak selalu berpuasa secara penuh karena padatnya jadwal latihan dan juga pertandingan. “Karena tuntutan pekerjaan, saya tidak bisa mengikuti Ramadhan secara penuh. Saya berpuasa beberapa hari hanya ketika libur latihan atau pertandingan. Di luar itu rasanya tidak mungkin, karena Anda harus dan makan dengan baik untuk tetap berada di kondisi puncak.” ucapnya.

 

3. Sulley Ali Muntari

 

Jose Mourinho ketika melelatih klub Intermilan, Itali, pernah mengkritik Muntari. Penyebabnya adalah ia memilih untuk berpuasa saat bertanding melawan Bari yang berakhir dengan skor imbang 1-1. Mourinho berkata “Ramadhan tidak datang di waktu yang tidak tepat bagi pemain untuk bertanding sepakbola.”. Atas pernyataan itulah ia banyak menddapatkan kritikan dari Organisasi maupun Komunitas Muslim di Itali.

 

[spoiler]

Sulley Ali Muntari (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Muntari adalah seorang muslim yang berasal dari Ghana. Ia selalu melakukan sujud syukur ketika berhasil mencetak gol. Kini Muntari bermain untuk klub A.C. Milan, Itali.

 

4. Frank Ribery

 

Ribery adalah seorang mualaf, ia memeluk agama Islam sejak 2002 atau saat ia menikahi Wahiba, wanita keturunan Aljzair. Bilal Yusuf Mohammed adalah nama muslim dari Frank Ribery. Ia selalu berdoa ketika akan bertanding. Pada awal 2009, “The Scarface” julukannya, bersama rekan satu tim, Hamit Altintop melakukan ibadah Umroh saat Bayern Munchen melakukan pertandingan persahabatan di Arab Saudi.

 

[spoiler]

Frank Ribery (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Di bulan puasa, Ribery selalu berpuasa ketika hari libur maupun latihan. Namun ketika bertanding, ia memilih untuk tidak berpuasa dan menangguhkannya di hari lain. Dewan Pusat Muslim (ZMd) di Jerman pun memberikan keputusan yang membantu pesepakbola Muslim berlaga di bulan Ramadhan. ZMd memutuskan bahwa para pebola bisa meengganti puasanya di hari lain saat tidak bertanding.

 

5. Kolo Toure

 

Kolo Toure adalah punggawa Timnas Pantai Gading yang kini membela Manchester City. Ia adalah seorang muslim yang taat. Berada di lingkungan yang glamor dan mewah, tidak menjadikannya seorang pribadi yang lupa diri. Toure yang kini berusia 31 tahun masih aktif mengajar mengaji anak-anak di Kota London.

 

[spoiler]

Kolo Toure (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Pada bulan Ramadhan, ia selalu menjalankan ibadah puasa. Kecuali dalam latihan dan saat harus turun bertanding di lapangan. Toure pernah memaksakan untuk berpuasa pada saat latihan, namun fisiknya tidak kuat karena mengalami dehidrasi. Maka ia memutuskan untuk menganti puasanya di hari atau bulan lain.(**)

 

Sumber : dari berbagai sumber, uniknya.com, Juli 2012.

One Response to 5 Aktivitas Pesepakbola Muslim Dunia di Bulan Ramadhan (Bagian I)

  1. Pingback: Les Bleus Full Team | ambangbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com