5 Alasan Mengapa Harus Buat Blog

Oleh: Ilham Santoso

[UNIKNYA.COM] Pernah diramal bahwa datangnya media sosial seperti Facebook dan Twitter akan memunahkan blog. Namun kenyataannya tidak. Semakin hari, jumlah blog di dunia setiap saat bertambah. Setiap orang yang terbiasa berekspresi di media sosial merasa tidak puas dengan fasilitas yang ada. Lewat blog, orang bisa berekspresi secara lebih luas. Meski Facebook menyediakan fitur “catatan”, namun catatan tersebut hanya bisa dilihat oleh kerabat, atau lebih luasnya oleh pengguna Facebook. Tidak dengan blog, semua netizen  bisa menemukan “tulisan” yang mereka cari.

 

Alat-alat yang tersedia memampukan semua orang mengungkapkan diri sendiri, berbagi pandangan dan khususnya pengetahuan dan pengalami dengan pembaca yang lebih luas dibanding media sosial. Kami percaya setiap orang bisa membuat blog, dan intinya setiap orang bisa menulis, karena inti dari menulis adalah bercerita. Setiap orang punya ceritanya masing-masing.

Mudah-mudahan dengan artikel ini, pembaca yang belum memiliki blog mulai tertarik membuatnya.

 

1. Blogging meningkatkan keahlian bercerita

Blogging adalah tentang bercerita, dalam bentuk tulisan, gambar, video atau pun podcast (siniar: siaran web tan-alir). Kini, bercerita menjadi bagian penting dari marketing. Setiap orang punya bakat bercerita. Namun, tidak cukup itu saja. membutuhkan pembelajaran yang konstan alias kebiasaan. Latihan membuat keterampilan bercerita Anda lebih baik. Dan blogging adalah kesempatan sempurna untuk mempoles keterampilan bercerita Anda.

 

[spoiler]

Blogging meningkatkan keahlian bercerita (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Blogging meningkatkan keterampilan komunikasi
Dengan memoles keahlian bercerita, Anda juga bisa meningkatkan keahlian komunikasi. Apakah Anda pemalu, introvert, apakah Anda memiliki harga diri, tapi mungkin tidak tahu cara “menjual” diri Anda? Blogging akan membantu Anda mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Pada dasarnya komunikasi berarti menyampaikan informasi kepada orang lain. Semakin baik keahlian komunikasi Anda semakin baik Anda dapat menjual gagasan, keahlian dan pengetahuan Anda kepada orang lain.

 

[spoiler]

Blogging meningkatkan keterampilan komunikasi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Berbagi berarti peduli
Ajaran dan agama apa pun mendorong kita untuk berbagi pengetahuan. Blogging bisa menjadi sarana ibadah. Blogging bisa menjadi wahana untuk berbagi apa yang telah Anda pelajari dan ketahui dengan orang lain yang mungkin tertarik dengan apa yang harus Anda sampaikan dan belajar dari Anda sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidupnya.

 

[spoiler]

Berbagi berarti peduli (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

4. Posisikan diri sebagai pemimpin gagasan
Blogging membantu Anda membangun kredibilitas personal dan perusahaan. Di sinilah Anda dapat memposisikan sebagai seorang pemimpin gagasan. Memang, para pemimpin gagasan dianggap sebagai ahli dan setiap orang adalah ahli dalam sesuatu. Apabila dilakukan dengan benar, blogging dapat memberikan pemimpin gagasan daya visi yang besar. Menurut pakar, penulis memiliki wewenang dalam dua bidang. Pertama penulis berhak menulis tentang pekerjaannya. Kedua, penulis berhak menuliskan hobinya. Jadi, Anda bisa menjadi ahli apa yang menjadi pekerjaan dan hobi Anda. Dan lewat blogging, Anda bisa berinteraksi dengan mereka yang memiliki minat sama dengan Anda dan mengembangkan apa yang Anda tulis.

 

[spoiler]

Posisikan diri sebagai pemimpin gagasan (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Blogging membangun gudang informasi pribadi
Inilah alasan uniknya.com terlahir. Setiap hari kita semua dibombardir dengan ribuan informasi. Setiap orang memiliki cara mencari informasi tertentu. Namun, blogging membantu mengarsip informasi yang di kemudian hari Anda butuhkan kembali. Setiap saat kami buka-buka halaman uniknya.com dan dengan cara ini kami bisa menggali lagi masalah-masalah atau ide-ide yang berkaitan dengan artikel tertentu. Jadi, semakin hari, informasi yang kami miliki semakin banyak. Siapa sangka, yang asalnya sekedar blog, suatu saat pembaca merasa uniknya.com atau blog anda sebagai mesin pencari atau wikipedia, saking lengkapnya.

 

[spoiler]

Blogging membangun gudang informasi pribadi (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

Nah, itulah kelima alasan mengapa kita perlu membuat blog. Bagi teman-teman blogger, silahkan berbagi apabila punya alasan tertentu. Berbagi ilmu adalah ibadah.(**)

 

Sumber: zemanta.com, uniknya.com, Juli 2012

  • http://sdnkampungsawah04.blogspot.com/ Eka

    dan dengan Blogging juga menambah persahabatan dengan orang yg mungkin belum kita sebelumnya … :)
    nice info Kang…

    • Ilham Santoso

      yup, betul sekali kang Eka…terima kasih atas perhatiannya.

  • http://jleopardi.wordpress.com jleopardi

    Nice info…

  • http://saeful13.blogspot.com/ Saeful13

    setuju kang. Blogging telah merubah diri saya yang mulanya seorang pendiam menjadi orang komunikatif.

  • Pingback: dering.co.id – 5 Alasan Mengapa Harus Buat Blog

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com