5 Cara Diet dengan Berpuasa Bagi Golongan Darah O

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, dan berupaya untuk menguranginya, momentum Ramadhan (berpuasa) bisa dijadikan alasan untuk melakukan diet. Tapi diet sembarangan, juga tidak mendatangkan manfaat sehat. Apalagi bagi Anda yang memiliki golongan darah O. Diet golongan darah O merekomendasikan diet dengan protein tinggi. D’Adamo mendasarkan hal ini pada keyakinan bahwa golongan darah O adalah tipe darah yang pertama ada di muka bumi, berasal 30.000 tahun yang lalu. Berikut hal-hal yang patut diperhatikan oleh mereka yang memiliki golongan darah O, ketika melakukan diet:

 

1. Makanan yang Bermanfaat

Makanan biasanya bisa menjadi alasan orang yang kelebihan berat tubuh, untuk tidak pernah berhenti mengunyah. Nah bagi Anda yang memiliki golongan darah O, berikut ini sederet jenis bahan makanan yang bisa Anda olah menjadi masakan untuk berdiet. Makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet golongan darah O antara lain; jahe, kailan, kunyit, daging (sapi, kerbau, rusa, domba, anak sapi), Brokoli, ubi, waluh, selada, lobak china, bluberi, rumput laut, ganggang laut, ceri, jambu biji, kacang merah, bumbu kari, kacang polong, dan semua jenis bawang.

 

[spoiler]

Brokoli & Daging (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Konsumsi Makanan Netral

Bosan dengan makanan bermanfaat yang itu-itu saja ketika berdiet diwaktu berpuasa, Anda bisa mencobanya dengan makanan yang tidak bereaksi apapun untuk diet golongan darah O. Makanan netral yang dimaksud semisal; ikan mas, belut, lobster, ikan tuna, bubur gandum, beras, kue beras, roti beras, tepung gandum, ikan sardine, udang, telur (ayam, bebek), mentega, kacang (hitam, merah, buncis, kedelai), tempe, tahu, susu kedelai, terung, tomat, labu, daging (ayam, bebek, kambing, angsa, kalkun, kelinci).

 

[spoiler]

Bubur Gandun & Lobster (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Hindari Makanan Negatif

Nah untuk yang satu ini, Anda harus berhati-hati. Bisa-bisa makanan berikut merusak program diet Anda. Makanan yang dimaksud bisa beraksi negatif untuk diet golongan darah O. Hal itu antara lain; kacang tanah, kacang mede, kuaci, laichi, kentang, mentimun, kembang kol, kerang, kodok, gurita, telur (angsa, puyuh), es krim, keju, susu sapi, yoghurt (semua jenis), minyak kelapa, penyu, minyak jagung, jagung, jamur, blewah, jeruk mandarin, pisang raja, pare, anggur putih, kecap, kopi, minuman keras,cumi-cumi, sotong, bunga brokoli.

 

[spoiler]

Bonteng & Yoghurt (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Berolahraga

Aktifitas olahraga merupakan kegiatan penting untuk melakukan diet. Olahraga yang cocok untuk diet golongan darah O adalah latihan kardio: jogging, bersepeda, berenang, atau jalan cepat. Latihan tersebut bisa dilakukan di pagi hari lebih baik daripada malam hari. Tapi ingat! Anda melakukannya disaat bulan puasa. Ada baiknya berolahraga dilakukan disaat menjelang berbuka tentunya.

 

[spoiler]

Bersepeda & Joging (sumber: blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Positif dan Jangan Menyerah

Orang dengan golongan darah O adalah orang yang terbuka, energik dan memiliki jiwa sosial. Paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah yang lainnya. Mudah memulai proyek tetapi selanjutnya sering mengalami kesulitan karena mereka mudah menyerah. Bersikap selalu positif adalah langkah Anda untuk memuluskan program diet Anda tentunya. So, selamat mencoba!(**)

 

[spoiler]

Berpikir positif (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: bisnis-jabar.com dan berbagai sumber, uniknya.com, Juli 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com