5 Hewan yang Diabadikan Al-Quran

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Hewan apa saja sih, yang keberadaannnya diabadikan dalam kitab Suci Umat Islam Al-Quran? Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu jawabnya. Ya, benar! Hewan seperti; Sapi, Lebah, Semut dan Laba-laba menjadi begitu istimewa, karena namanya diabadikan dalam nama-nama surah dalam Al-Quran. Keistimewan hewan-hewan tersebut, bukanlah sesuatu yang harus dikultuskan terlebih lagi disembah. Melainkan, karena kisah yang menyertainya yang diceritkan oleh Al-Quran. Simak ulasannya berikut:

 

1. Sapi

Sapi adalah hewan ternak anggota familia Bovidae dan subfamilia Bovinae. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai bahan pangan. Hasil sampingan, seperti kulit, jeroan, dan tanduknya juga kemudian dimanfaatkan. Di sejumlah tempat, sapi juga dipakai untuk membantu bercocok tanam, seperti menarik gerobak atau bajak.

Sapi sebagai hewan, disebutkan dalam Al-Quran, terutama pada surah yang dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina karena di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74).

 

[spoiler]

Sapi (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

2. Lebah

Lebah madu mencakup sekitar tujuh spesies lebah dalam genus Apis, dari sekitar 20.000 spesies yang ada. Saat ini dikenal sekitar 44 subspesies. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu mereka juga membuat sarang dari malam, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah madu.

Al Qur’an menempatkan secara istimewa lebah madu menjadi sebuah judul yaitu An Nahl (Lebah Madu). Dalam salah satu ayatnya (Surah An Nahl ayat 68-69 tertulis: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.

 

[spoiler]

Lebah (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

3. Semut

Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semutkadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Surah ke-27 dalam Al-Quran yaitu An-Naml (semut), ayat 18 dan 19 terdapat perkataan An-Naml (semut), di mana raja semut mengatakan kepada anak buahnya agar masuk sarangnya masing-masing, supaya jangan terpijak oleh Nabi Sulaiman dan tentaranya yang akan melewati tempat itu.

 

[spoiler]

Semut (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

4. Laba-laba

Laba-laba, atau disebut juga labah-labah, adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuhempat pasang kaki, tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba-laba digolongkan ke dalam ordo Araneae; dan bersama dengan kalajengking,ketonggeng, tungau —semuanya berkaki delapan— dimasukkan ke dalam kelas Arachnida.

 

[spoiler]

Laba-laba (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

5. Gajah

Famili Elephantidae (gajah) adalah mamalia darat terbesar yang masih hidup, serta famili dari ordo Pachyderm, dan satu-satunya famili yang tersisa dari ordo Proboscidea. Dalam Al-Quran Surah Al-Fil dikisahkan gagalnya usaha penghancuran Ka’bah oleh Abrahah (raja yaman) dan 60.000 tentaranya, dalam tentara tersebut termasuk diantaranya 13 gajah (atau 9 dalam versi lain). Tahun terjadinya peristiwa ini juga dicatat dalam sejarah Islam sebagai Tahun Gajah.(**)

 

[spoiler]

Gajah (sumber: blogspot.com)

[/spoiler]

 

Sumber: wikipedia.org dan berbagai sumber, uniknya.com, July 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com