5 Kecelakaan Paling Mahal di Dunia (Bagian II – Habis)

Oleh: Jalaksana Winangoen

[UNIKNYA.COM]: Sepanjang sejarah manusia, selalu rentan terjadi kecelakaan yang menyangkut infrastrukutr yang dibuat manusia. Dari kecelakaan yang berhasil diinventarisir, kami membuat daftar 5 kecelakaan paling mahal dalam sejarah dunia yang diukur dalam sejumlah dolar.

Ini termasuk kerusakan properti dan biaya yang dikeluarkan terkait dengan kecelakaan tersebut. Banyak dari kecelakaan melibatkan korban, yang jelas hal ini tidak dapat diukur dalam dolar. Setiap kehidupan yang hilang tak ternilai harganya dan tidak diperhitungkan dalam kecelakaan ini. Tindakan yang disengaja seperti perang atau terorisme dan bencana alam tidak memenuhi syarat sebagai kecelakaan dan oleh karena itu tidak termasuk dalam daftar ini. Berikut artikelnya:

 

1. Exxon Valde, $ 2,5 Miliar

Tumpahan minyak Exxon Valdez bukanlah musibah tumpahan minyak terbesar di dunia, tetapi disebut mahal karena lokasi kejadian yang terpencil di Prince William Sound ( yang hanya dapat diakses hanya dengan helikopter dan kapal). Pada tanggal 24 Maret 1989, 10,8 juta galon minyak telah tumpah ketika kapten kapal Exxon Valdez, Joseph Hazelwood, terlalu membawa ke kiri dan akhirnya menabrak karang. Biaya pembersihan Exxon $ 2,5 milyar.

 

[spoiler]

Exxon Valde (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

2. Kecelakaan Bomber B-2, $ 1,4 Miliar

Pembom B-2 stealth mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Guam pada 23 Februari 2008. Penyidik ​​menyalahkan terdistorsinya data di komputer kontrol penerbangan yang disebabkan oleh kelembaban dalam sistem. Hal ini mengakibatkan pesawat menukik tiba-tiba yang membuat B-2 mengalami kecelakaan. Pesawat bomber B -2 adalah salah satu dari 21 pembom yang pernah dibangun dan merupakan kecelakaan penerbangan paling mahal dalam sejarah. Syukur kedua pilot mampu keluar dan selamat.

 

[spoiler]

Kecelakaan Bomber B-2 (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

3. Tabrakan MetroLink, $ 500 Juta

Pada tanggal 12 September 2008, tabrakan kereta api terburuk dalam sejarah California, menyebabkan 25 orang tewas ketika kereta komuter Metrolink bertabrakan dengan kereta barang Union Pacific di Los Angeles. Diperkirakan kereta Metrolink dijalankan padahal sinyal merah menyala. Hal ini terjadi karena konduktor sibuk mengirim sms. pesan teks. Perkiraan kerugian materi dan perbaikan mencapai $ 500 juta.

 

[spoiler]

Tabrakan MetroLink (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

4. Truk tangki vs Jembatan, $ 358 Juta

Pada tanggal 26 Agustus 2004, sebuah mobil bertabrakan dengan sebuah truk tangki berisi 32.000 liter bahan bakar di Jembatan Wiehltal di Jerman. Tangki yang tertabrak jatuh ke kedalaman 90 kaki yang mengakibatkan ledakan besar dan api yang menghancurkan penyangga beban jembatan. Sementara biaya perbaikan $ 40 juta dan biaya untuk mengganti jembatan diperkirakan pada $ 318 Juta.

 

[spoiler]

Truk tangki vs Jembatan (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

[/spoiler]

 

5. Titanic $ 150 Juta

Tenggelamnya kapal Titanic mungkin merupakan kecelakaan yang paling terkenal di dunia. Pada tanggal 15 April 1912, Titanic tenggelam pada pelayaran perdananya yang dianggap kapal laut paling mewah yang pernah dibangun. Lebih dari 1.500 orang kehilangan nyawa mereka ketika kapal menabrak gunung es dan tenggelam di perairan dingin. Kapal menelan biaya $ 7 juta untuk membangun ($ 150 juta dolar di hari ini).(**)

 

[spoiler]

Titanic (sumber:blogspot.com,uniknya.com)

 

[/spoiler]

 

Sumber: buzzinn.net, uniknya.com, Juli 2012

Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka www.uniknya.com